Berita Kampus
Peran BUMN Dalam Upaya Kebangkitan UMKM di Era New Normal

Published by: Universitas Pertamina 15 November 2021
Di baca: 13 kali
Jakarta, 29 Juni 2021 - Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan bahwa saat ini UMKM menjadi kontribusi terbesar dalam PDB Indonesia sebesar 61,07 persen di kuartal I - 2021. 

Pandemi Covid-19 memaksa banyak UMKM untuk gulung tikar karena ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan menuju digitalisasi. Hal ini mendorong pemerintah untuk membantu kebangkitan UMKM salah satunnya di masa new normal. Namun jumlah UMKM di Indonesia tercatat sebanyak 64,2 juta. Jumlah UMKM di Indonesia yang cukup banyak tersebut membutuhkan berbagai stakeholder untuk dapat merangkul seluruh UMKM. Sehingga pemerintah aktif untuk mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama membangun UMKM di Indonesia.

Salah satu hal yang dilakukan pemerintah yaitu dengan bekerja sama bersama BUMN untuk dapat bersinergi bersama membangun UMKM. Loto Srinaita Ginting yang merupakan Staf Ahli Bidang keuangan dan Pengembangan UMKM mengungkapkan bahwa saat ini BUMN sudah memiliki rencana dalam membantu kebangkitan UMKM. “Pengembangan UMKM naik kelas, akses pembiayaan, supply chain dan off-taker, kurasi dan pemasaran dan distribusi logistik. Merupakan pilar BUMN dalam komitmennya membantu UMKM.”, tutur beliau.

Melalui kegiatan UP Bringing dengan tema Sinergi BUMN dan UMKM, pada 07 Mei, 2021 beberapa pihak BUMN juga turut menjelaskan kontribusinya terhadap UMKM. 

Frans Tambunan sebagai Direktur Komersial PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Persero) menjelaskan bahwa kini PT RNI juga aktif berperan membantu UMKM untuk bangkit. Beberapa hal yang dilakukan oleh PT RNI yaitu terus beriringan dengan petani sebagai offtaker dan mitra dengan membantu UMKM salah satunya petani dengan memberikan benih, pupuk dan obat-obatan, selain itu turut membantu proses distribusi dan logistik. “Hingga saat ini jumlah mitra petani 40.388 (petani tebu dan padi), peternakan 1.050 dan nelayan 3.508.”, tambahnya.

Berbeda halnya dengan PT Indofarma (Persero), sebagai BUMN perusahaan tersebut juga turut andil dalam kontribusinya membantu UMKM untuk bangkit. Eko Dodi Santoso sebagai perwakilan dari PT Indofarma (Persero) menjelaskan bahwa saat ini perusahaan membantu UMKM dengan skema menjadikan UMKM sebagai supplier produk dari alat kesehatan seperti masker dan Alat Pelindung Diri (APD). 

Dengan ini dapat diketahui bahwa BUMN merupakan salah satu pihak yang aktif dalam membantu UMKM untuk dapat bangkit kembali setelah keterpurukan di masa pandemi Covid-19. Berbagai upaya juga telah dilakukan bergantung dengan masing-masing BUMN. 


Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved