Teknologi Industri

Khusnun Widiyati, S.T., M.Eng., Ph.D
Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri

PROGRAM STUDI

Teknik Kimia

Teknik Kimia Universitas Pertamina memiliki kedekatan dengan teknologi dan bisnis energi. Serta memiliki kurikulum yang dirancang agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari mata kuliah melalui kerja praktek di industri, sehingga lulusan Teknik Kimia Universitas Pertamina diproyeksikan dapat bersaing di tingkat nasional dan global.

Selengkapnya
Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan yaitu:

  1. Kompetensi lulusan mencakup kurikulum yang memenuhi standar internasional yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, terutama energi.
  2. Staf pengajar dan tenaga profesional yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.
  3. Didukung oleh fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh PT. Pertamina (Persero).
  4. Mendukung dan berorientasi pada core proses bisnis PT. Pertamina (Persero).
  5. Mahasiswa dibekali ilmu rekayasa baik secara akademis maupun praktis langsung di wilayah kerja PT. Pertamina (Persero).
  6. Menghasilkan lulusan yang siap kerja terutama di bidang pengolahan industri energi.
  7. Penguasaan tools (software) yang diperlukan dalam bidang kerja, seperti pada bidang FEA (Finite Element Analysis), CFD (Computational Fluid Dynamics), dan Design.
  8. Kurikulum yang mendukung penanaman konsep Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif dalam penyelesaian masalah.
  9. Mengangkat kasus-kasus yang dialami PT. Pertamina (Persero) dalam studi.
  10. Kuliah tamu dari praktisi PT. Pertamina (Persero) dan industri energi lainnya.

Selengkapnya
Teknik Logistik

Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan yaitu:

  1. Program studi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berbasis teknologi dan bisnis energi.
  2. Kesempatan untuk kerja praktek, magang industri dan mengerjakan studi kasus secara langsung di PT. Pertamina (Persero) dan anak-anak perusahaannya.
  3. Kurikulum prodi disusun menurut aturan akreditasi internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dan ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programmes in Engineering, Informatics, the Natural Sciences and Mathematics), disesuaikan dengan kebutuhan global, dan satu-satunya di Indonesia yang disertai mata kuliah Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif sebagai mata kuliah wajib di tahun pertama perkuliahan.

Selengkapnya
Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:

  1. Pengembangan kurikulum disesuaikan dengan permasalahan yang ada di industri teknologi dan energi terkini. Metode Teknik Elektro memiliki pembelajaran yang secara langsung membahas kasus-kasus yang terjadi di PT. Pertamina (Persero) (project-based learning) serta berbasis kompetensi dan berstandar ABET (internasional Accreditation Board for Engineering and Technology).
  2. Memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap dan selalu diperbaharui mengikuti perkembangan teknologi dan pustaka utama bertaraf internasional untuk materi pengajaran di semua mata kuliah.
  3. Fasilitas riset bekerja sama dengan bisnis industri dari hulu sampai hilir PT. Pertamina (Persero), dimana sinergi dapat terjadi antara dosen, mahasiswa serta melibatkan PT. Pertamina (Persero) dan anak perusahaannya.
  4. Mahasiswa memiliki kesempatan mendapatkan pengarahan langsung oleh tutor dari PT. Pertamina (Persero).

Selengkapnya
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved