Komunikasi dan Diplomasi

Dr. Dewi Hanggraeni, S.E., M.B.A.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Visi

Menjadi Fakultas yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional yang menunjang industri di bidang energi yang berkelas dunia dan berwawasan global, paling lambat tahun 2035


Misi

1. Menyelenggarakan sistem pendidikan berwawasan global yang mendorong pembelajaran yang berkolaborasi kuat dengan industri dan masyarakat dan pembelajaran yang aktif dan mandiri.
2. Melaksanakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan komunikasi dan hubungan internasional yang menunjang industri di bidang energi melalui hasil-hasil penelitian di tingkat lokal, nasional, dan global.
3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan komunikasi dan hubungan internasional yang menunjang industri di bidang energi melalui penyelenggaraan program kegiatan pengabdian dalam kerja sama dengan pemerintah, masyarakat, dan industri untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa.


Tujuan

1. Menciptakan atmosfer akademik yang mendorong budaya pembelajaran yang aktif, bersinergis, dan berkelanjutan dengan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia yang berbudaya, paham, tanggap, dan kreatif di kalangan sivitas akademika Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, Universitas Pertamina.
2. Menghasilkan karya penelitian dan produk yang edukatif, inovatif, dan bermanfaat di bidang ilmu komunikasi dan hubungan internasional melalui berbagai kegiatan pengabdian yang bermanfaat demi mendukung pembangunan ekonomi nasional, keberlangsungan sosial dan lingkungan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
3. Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki integritas dan berkompetensi di bidang ilmu komunikasi dan di hubungan internasional, memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki, memiliki kemampuan menyelesaikan sejumlah masalah di bidang energi, dan memiliki daya saing di tingkat nasional dan global.
4. Tercapainya kepercayaan dari seluruh stakeholder internal dan eksternal Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, Universitas Pertamina.



Strategi

1. Peningkatan proses pembelajaran dengan metode yang variatif.
2. Peningkatan kuantitas dan kualitas dosen yang memiliki gelar akademik Doktor dan Jabatan Fungsional Asisten Ahli.


PROGRAM STUDI

Komunikasi

Program Studi Komunikasi memiliki sejumlah keunggulan antara lain:

  1. Kurikulum Program Studi Komunikasi disesuaikan dengan standar internasional.
  2. Materi Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif menjadi core kurikulum dimana mahasiswa sedari awal diarahkan untuk menjadi active learner.
  3. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai dunia kerja melalui praktisi dari sektor industri; dimana mahasiswa mendapatkan kesempatan pengarahan langsung dari praktisi industri energi mengenai teknologi terkait.
  4. Mahasiswa tidak hanya menerima materi di dalam kelas, namun juga diberikan wawasan luas dengan terjun langsung melalui kerja praktik di sektor industri, khususnya industri energi.
  5. Mahasiswa mendapatkan fasilitas Riset Komunikasi sebagai wadah pengembangan kompetensi mahasiswa.
  6. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat lulus dalam waktu 3.5 tahun.

Selengkapnya
Hubungan Internasional

Keunggulan Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina yaitu:

  1. Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina dibangun dari keunggulan dan karakteristik Pertamina dan studi mendalam terhadap program studi Hubungan Internasional di berbagai universitas di Indonesia dan universitas ternama di dunia.
  2. Kompetensi lulusan program studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina mencakup kompetensi dasar yang memenuhi standar nasional berdasarkan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), dan kompetensi khusus berdasarkan pilihan konsentrasi studinya.
  3. Program studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina mencetak lulusan siap kerja dengan pembelajaran yang berbasis student-based learning. Dengan metode ini, mahasiswa akan belajar dengan objek kontekstual dan nyata dalam kehidupan, serta terlatih untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah.

Selengkapnya
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved