Perencanaan Infrastruktur

Dr. Eng. Mega Mutiara Sari, M.Si.
Wakil Dekan Fakultas Perencanaan Infrastruktur

PROGRAM STUDI

Teknik Sipil

Program Studi Teknik Sipil Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:

  1. Metode pembelajaran yang berpusat pada pembelajaran (student centered learning) seperti problem-based learning dan project-based learning.
  2. Staf pengajar merupakan lulusan terbaik dari kampus terkemuka dalam dan luar negeri serta praktisi yang memiliki pengalaman di bidang infrastruktur energi (industri).
  3. Kurikulum disusun berdasarkan akreditasi internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology).
  4. Materi perkuliahan yang diajarkan, tidak hanya infrastruktur atau struktur bangunan di darat (onshore) namun juga struktur lepas pantai (offshore).

Selengkapnya
Teknik Lingkungan

Keunggulan dari Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  1. Desain Kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mengacu pada akreditasi internasional Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).
  2. Bekal kemampuan dan pengetahuan khusus mengenai Energi dan Lingkungan serta Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi sebagai dasar pengenalan pembentukan berbagai macam sumber energi, pengembangan energi mulai dari eksplorasi, eksploitasi hingga bisnis energi, energi baru dan terbarukan serta energi berbasis lingkungan.
  3. Sistem pembelajaran berbasis student-centered learning dan project-integrated learning yang mengintegrasikan pembelajaran akademik di kelas dengan keterlibatan mahasiswa pada dunia praktis melalui kerja praktek/magang. Mata kuliah Berpikir Kritis, Berpikir Solusi Kreatif, dan Proyek Terintegrasi Berbasis Lingkungan diberikan untuk mengasah kemampuan/peranan mahasiswa teknik lingkungan dalam berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu guna merumuskan dan memecahkan suatu permasalahan secara terintegrasi dan profesional.
  4. Ketersediaan fasilitas milik PT. Pertamina (Persero) untuk digunakan mahasiswa dalam mengeksplorasi kegiatan pembelajaran maupun untuk kepentingan riset, serta pengembangan ilmu dari dosen tamu/bantuan pengajaran dari praktisi PT. Pertamina yang akan membantu mahasiswa untuk memahami kondisi nyata di industri.

Selengkapnya
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved