TENTANG PRODI





Program Studi Kimia Universitas Pertamina mempersiapkan mahasiswa untuk dapat secara mandiri dan aktif dalam pembelaharan, penelitianm dan pengembangan material baru yang diaplikasikan di bidang energi dan rekasayasa material. Proses tersebut dilakukan dengan menggunakna pendekatan teoritis, pemodelan komputasi, dan eksperimen di laboratorium.

VISI

Menjadi program studi terkemuka secara global dalam pendidikan dan penelitian yang berkontribusi pada penerapan ilmu kimia khususnya di bidang energi dan rekayasa material paling lambat tahun 2030.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berwawasan global yang berfokus pada kimia terapan khususnya di bidang energi dan rekayasa material.
2. Berperan aktif melalui penelitian dalam bidang kimia terapan untuk menjawab tantangan nasional dan global pada dunia industri khususnya di bidang energi dan rekayasa material.
3. Berkontribusi pada masyarakat melalui penerapan ilmu kimia di bidang energi dan rekayasa material.

TUJUAN

1.   Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang kimia terapan sehingga dapat diserap oleh dunia kerja dan/atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta menerapkan nilai - nilai spiritualitas, integritas, profesionalisme dan inovatif, unggul, berwawasan global dan memiliki tanggung jawab sosial.
2.   Menjadi pusat penelitian kimia terapan yang berfokus pada bidang energi dan rekayasa material untuk menjawab tantangan nasional dan global berkaitan dengan isu energi.
 3.   Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kimia.

PEMINATAN

Proyeksi Lulusan Kimia
Lulusan Program Studi Kimia Universitas Pertamina diharapkan siap bekerja di industri energi nasional maupun internasional. Di samping itu, dengan berbekal pemahaman akan dasar-dasar ilmu kimia, lulusan Program Studi Kimia Universitas Pertamina mampu bekerja di industri kimia lainnya seperti industri petrokimia, farmasi, tekstil, pangan, dan sebagainya maupun berinovasi menjadi seorang technopreneur.

1.     Peneliti, Karyawan QA/QC (quality control), Management trainee, Analyst, sales (technical/product) di dunia industri, khususnya di bidang energi dan rekayasa material.
2.     Pengajar, Peneliti dan Profesional di lembaga pendidikan, penelitian dan pemerintahan,
3.     Pelaku di bidang jasa seperti konsultan, pegiat masyarakat, dan wirausaha, terutama yang berhubungan dengan kimia. 

DOSEN

Dosen 1
Dr. Nila T. Berghuis, SSi, MSi.
nila.tanyela@universitaspertamina.ac.id
Ketua Program Studi
Keahlian:
  • Sintesis (Total Sintesis dan Transformasi Gugus Fungsi) untuk aplikasi PPD, EOR, surfaktan, polimer dan Obat.
  • Isolasi Senyawa Aktif dari Bahan Alam untuk Renewable Energy.
  • Karakterisasi dan Metode Validasi (Core: NMR 1D dan 2D).
Daftar
Dosen

Galleri

Kuliah Lapangan Mahasiswa Kimia ke PT Chandra Asri Petrochemical Tahun 2018
Kunjungan Industri ke PT Nestle Indonesia Tahun 2019
Kegiatan praktikum program studi kimia

berita

25 April 2021
LEVEN UP Come Back!

Video


© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved