TENTANG PRODI

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pertamina dirancang untuk menghasilkan tenaga profesional, baik sebagai praktisi atau akademisi. kedekatan dengan industri energi membuat Program ini memiliki keunggulan kurikulum dan proses pembelajaran yang dekat dengan kasus-kasus yang terjadi di industri energi terutama dalam manajemen risiko.






VISI

Menjadi Program Studi Komunikasi berkelas dunia yang berwawasan global dan berperan aktif dalam pengembangan Ilmu Komunikasi khususnya untuk menunjang industri di bidang energi.

MISI

Menyelenggarakan sistem pendidikan tinggi yang berwawasan global dan mendorong pembelajaran yang aktif, mandiri, dan berkolaborasi kuat dengan industri masyarakat; Melaksanakan penelitian dasar da terapan dalam rangka mengembangkan Ilmu Komunikasi khususnya untuk menunjang industri di bidang energi; dan Mengabdikan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang Ilmu Komunikasi untuk menunjang industri di bidang energi dan memberdayakan masyarakat.

TUJUAN

Program Studi Komunikasi memiliki empat (4) tujuan, yaitu:
Aspek Pendidikan:
- Menghasilkan lulusan dan unggul dan siap berkiprah di sektor komunikasi (strategis dan media), komunikasi keenergian, pada  lembaga swasta, pemerintahan, internasional, akademik dan penelitian.
- Menghasilkan lulusan yang kompeten, siap kerja, dan mampu berkompetisi dalam lingkungan global.
- Menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritas, dan mampu berkomunikasi dengan baik di lingkungan kerja.

Aspek Penelitian:
- Menghasilkan karya penelitian yang dapat menjadi rujukan bagi akademis dan praktisi komunikasi pada taraf lokal, nasional, maupun global, khususnya untuk menunjang industri di bidang energi.
- Menjalin kerjasama penelitian dengan institusi dalam dan luar negeri yang relevan.

Aspek Pengabdian kepada/dan Pemberdayaan Masyarakat:
- Menghasilkan layanan dan produk unggul guna menunjang industri energi dan meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Aspek Unggul dan Berkarakter:
- Menghasilkan lulusan yang memiliki: kompetensi ilmu komunikasi untuk mengembangkan teori, konsep, model dan praktik dalam bidang komunikasi, termasuk bidang komunikasi yang menunjang bidang energi; kemampuan berwirausaha; wawasan serta berdaya saing global; dan kemampuan bekerja sama secara multi-disiplin.

PEMINATAN

Proyeksi Lulusan Komunikasi
Lulusan sarjana ilmu komunikasi mampu memberikan alternatif solusi permasalahan komunikasi dalam isu-isu global terutama di sektor industri dengan berlandaskan etika profesi komunikasi. Beberapa bidang profesi yang dapat dikerjakan oleh lulusan sarjana ilmu komunikasi antara lain Public Relations, Media Manager, Content dan communication preneur, Jurnalis media elektronik dan cetak, Penyiar/Pembaca Berita, Produser konten media, Creative, Akademisi bidang Komunikasi, Akademisi bidang Komunikasi, Communication Marketers, Event Organizer/Coordinator, Advertisement Creator, Communication Specialist, Development Officer.

DOSEN

Dosen 1
Dr. Mohammad Ichlas El Qudsi, SSi, Msi
ichlas.elqudsi@universitaspertamina.ac.id
Ketua Program Studi
Keahlian:
  • Komunikasi Politik
  • Jaringan Komunikasi
  • Kebijakan Publik dan Media Digital
Daftar
Dosen

Galleri

Pengabdian Kepada Masyarakat UPeraisal 2022
Pengabdian Kepada Masyarakat UPerasial 2022
Pengabdian Kepada Masyarakat UPeraisal 2022

berita

Video

Tidak ada video


© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved