TENTANG PRODI






Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada tanggal 1 Februari 2016. Berdirinya Universitas Pertamina (UPer) merupakan wujud kontribusi PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat. Universitas Pertamina didirikan dengan semangat untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.  
 
Program Studi Teknik Logistik lahir sebagai jawaban dari kondisi industri global saat ini. Tren Industri menunjukkan bahwa peran logistik dan manajemen rantai pasok di dalam perusahaan menjadi faktor yang sangat diperhitungkan dalam mempertahankan keuntungan perusahaan secara keseluruhan. Arah kebijakan pemerintah saat ini pun dititikberatkan pada peningkatan konektivitas nasional serta pembangunan infrastruktur logistik di seluruh wilayah Indonesia.
 
Perkembangan industri logistik di Indonesia saat ini kurang diimbangi dengan penyediaan sumber daya manusia yang memadai. Salah satu cara untuk dapat menyelesaikan permasalahan logistik di Indonesia adalah dengan menyiapkan tenaga profesional yang memilihi keahlian serta kemampuan di bidang ini. Sumber daya manusia yang berkecimpung di bidang logistik dan rantai pasok saat ini umumnya masuk dengan tidak terencana; bukan mereka yang mengembangkan kompentensi sejak awal.
 
Profesi di bidang logistik dan rantai pasok belum populer di dunia akademis maupun bagi para lulusan baru. Untuk dapat menjawab tantangan ini, tentunya dibutuhkan sebuah program pendidikan yang fokus untuk meningkatkan kemampuan SDM logistik baik secara formal maupun informal. Keilmuan logistik sendiri diharapkan bisa berkontribusi pada penyelesaian masalah hambatan konektivitas sistem logistik Indonesia dengan menjembatani kesenjangan antara jarak geografis dan jarak ekonomi, serta secara luas, dan lebih khususnya yang terkait dengan distribusi sumber energi nasional sehingga tercapai konektivitas nasional yang kuat.
 
Program Studi Teknik Logistik merupakan program studi yang masih baru di Indonesia, namun kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang ini sangat tinggi. Bahkan, Program Studi Teknik Logistik di Universitas Pertamina merupakan salah satu pelopor program studi level sarjana untuk bidang ini di Indonesia. Tentunya, hal ini menjadi tantangan tersendiri terkait pembangunan serta pengembangannya. Beberapa hal yang menjadi tantangan utamanya adalah terkait akreditasi, rumpun keilmuan, referensi pengembangan, serta ketersediaan tenaga ahli untuk proses belajar-mengajar. Selain itu, yang juga menjadi tantangan Program Studi Teknik Logistik sebagai program studi baru adalah belum adanya pengakuan dari dunia industri terkait penyerapan lulusan dalam bidang ini. Namun, melihat tingginya kebutuhan SDM profesional di bidang logistik dan rantai pasok, seharusnya hal ini tidak menjadi hambatan yang berarti di masa depan. Seluruh tantangan di atas perlu diantisipasi serta dijadikan pertimbangan dalam pengembangan serta proses belajar mengajar di Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina, agar lulusan dari program studi ini tidak hanya memiliki kemampuan secara akademis namun memiliki kesiapan dan kompetensi untuk dapat terjun langsung ke industri dan menjawab tantangan industri di masa mendatang.

VISI


MISI


TUJUAN


PEMINATAN

Proyeksi Lulusan Teknik Logistik
PROFIL LULUSAN TEKNIK LOGISTIK
PROFIL
DESKRIPSI PROFIL
Logistics professional
Lulusan Teknik Logistik memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian, perencanan, dan perancangan sistem logistik dan SCM, serta mengintegrasikan seluruh organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan
Logistics Academician/ researcher
Lulusan Teknik Logistik memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknik logistik/SCM serta bidang lainya yang relevan
Logistics entrepreneur
Lulusan Teknik Logistik memiliki jiwa entrepreneur dalam mengembangakan bisnis dalam bidang Logistik /SCM

PROSPEK KARIR LULUSAN TEKNIK LOGISTIK:

1.   Logistics Energy Specialist, 
2.   Green Logistics Specialist, 
3.   Logistics Operation Engineer, 
4.   Product Logistics Engineer, 
5.   Operation Manager, 
6.   Fulfillment Manager, 
7.   Consultant, 
8.   Lecturer, 
9.   Researcher, 
10. Logistics Manager, 
11. Logistics Project Engineer, 
12. Vendor Management Logistics, 
13. Warehouse and Logistic Engineer,
14. Maritime Logistics Specialist
15. Network Optimization Engineering
16. Supply Chain Analyst
17. E-Logistics Engineer
18. Supply and Inventory Planner
19. Procurement Engineer
20. E-Commerce Practitioner

DOSEN

Dosen 1
Dr. Eng. Iwan Sukarno, ST., M.Eng.,CLIP
iwansukarno@universitaspertamina.ac.id
Ketua Program Studi
Keahlian:
  • 2018: Pengembangan Algoritma dan Sistem Informasi Penjadwalan Berbasis Web (Studi kasus: Universitas Pertamina)
  • 2018: Feasibility Studi of Eco-Town Energy in Indonesia
  • 2020: Studi Kelayakan Pendistribusian Bantuan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Padang Sebagai Antisipasi Menghadapi Potensi Bencana Sumatra Megathrust
  • 2021: Simulasi-Optimasi Penjadwalan Perawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) untuk Penanganan Medis Covid-19
Daftar
Dosen

Galleri

Company Visit : Integrated Terminal Jakarta
Peraih Dana Hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022
Workshop CV and Interview : Kupas Tuntas CV & Interview Seleksi Kerja Masa Kini

berita

10 August 2022
Best Presenter CITES 2022
05 April 2022
HIMALOG CUP 3.0
09 April 2022
Training Camp 3.0
31 October 2020
Juara 1 Trading Competition
03 February 2021
MAPRES FAVORIT UP 2021
12 September 2021
Pemilu HIMALOG UP tahun 2021
15 May 2022
WEBINAR SERIES
03 April 2021
Happy Graduation

Video

Tidak ada video


© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved