Berita Kampus
Belajar Kepemimpinan, Mengubah Konflik Menjadi Kekuatan

Published by: Universitas Pertamina 11 December 2021
Di baca: 16 kali
Jakarta, 11 Desember 2021 – Dalam mencapai tujuan, sebuah organisasi tentu akan menghadapi tantangan-tantangan dalam perjalanannya. Pada situasi tersebut sosok pemimpin memiliki peranan penting dan sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah organisasi atau tim mencapai tujuannya. 

Kepala SKK Migas, Bapak Prof. Dr. Ir. Dwi Soejipto, MM memberikan kuliah umum pada seminar daring Cipta Karsa XI bertajuk “Change leadership: How to turn conflict into strength” berbagi ilmu seputar kepemimpinan dalam menghadapi konflik. Dwi Soejipto mengawali kuliah umumnya dengan mendefinisikan sosok pemimpin. 
Leader harus membawa perubahan. Perubahan diawal dari sebuah visi dan harus dilakukan secara berkesinambung.” ujar Dwi Soejipto, Kepala SKK Migas dalam seminar Cipta Karsa XI yang dilaksankan Universitas Pertamina secara daring, Sabtu (11/12).

Dwi Soejipto membagikan pengalamannya ketika menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Padang. Ketika itu kepemimpinan baru Dwi Soejipto mendapatkan penolakan dari internal perusahaan dan masyarakat. Konflik tersebut dapat diselesaikan oleh Dwi Soejipto dalam waktu enam bulan. Menurut Dwi Soejipto ada tiga langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan konflik yaitu 1) menyelesaikan konflik internal, 2) memperbaiki kinerja, dan 3) komunikasi dengan stakeholder.

Dwi Soejipto juga menggunakan strategi membuat “musuh bersama” sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kinerja tim. Musuh bersama ini memiliki pengaruh besar sebagai acuan sehingga organisasi kita merasa sedang memiliki sebuah persaingan. Menurutnya jika tidak memiliki saingan, maka kinerja akan cenderung pas-pasan dan tidak maksimal.

Dalam pemaparannya pada seminar daring Cipta Karsa IX yang bertajuk Change leadership: How to turn conflict into strength, Dwi Soejipto menyampaikan pesan kepada peserta seminar daring ketika menjadi pemimpin.
“Ketika menjadi seorang leader kita harus sadar bahwa kita bukanlah pemimpin dari pengikut atau pendukung kita, tapi pemimpin dari semuanya.” paparnya.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved