Berita Kampus
Essay Writing Session With the Alumni IISMA 2021

Published by: Universitas Pertamina 07 April 2022
Di baca: 13 kali
Jakarta, 29 Maret 2022 - Tepat pada Sabtu, 26 Maret 2022 International Office Universitas Pertamina melakukan diskusi mengenai  “Essay Writing” untuk persiapan IISMA 2022. Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu program unggulan dari Kampus Merdeka. Tujuannya yaitu untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada perguruan tinggi terbaik di luar negeri. 

Acara tersebut diisi oleh dua orang narasumber yang mendapatkan beasiswa IISMA tahun 2021. Mereka yaitu Andrea Hanna, Mahasiswa Program Studi Kimia yang menjadi penerimaan IISMA di University of Edinburgh. Selanjutnya yaitu Chris Sibarani, Mahasiswa Program Studi Manajemen  yang menjadi penerima IISMA di University of Edinburgh.

Pada diskusi tersebut Andrea dan Chris membagikan tips seputar bagaimana membuat essay yang baik dari pertanyaan yang telah disediakan, serta membagikan tips wawancara IISMA. Selain itu, mereka berdua menampilkan essay yang mereka buat waktu mendaftar IISMA tahun lalu dan membantu memeriksa essay dari para peserta diskusi yang hadir.

Chris menjelaskan bahwa terdapat beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk mendaftar beasiswa IISMA, berikut diantaranya;
1. Memiliki nilai TOEFL iBT 78, IELTS 6.0, Duolingo Test 100. Akan tetapi tidak semua universitas menerima Duolingo test.
2. Rekomendasi home university.
3. Sertifikat Inggris CGPA dengan minimum 3.0 dari 4.0.
4. Passport.
5. Surat rekomendasi beserta tanda tangan pihak yang bersangkutan.
6. Sertifikat kemahiran Bahasa Inggris.
7. Transkrip nilai akademik dalam berbahasa inggris.
8. Surat pernyataan bebas narkotika, psikotropika, atau zat adiktif lainnya (Resmi dari rumah sakit atau pihak kepolisian).
9. Surat pernyataan atau deklarasi tidak terlibat dalam kekerasan seksual.


Selanjutnya, Andrea membagikan tips saat sesi interview. Terdapat beberapa tips interview, berikut diantaranya”, -Ujar Andrea.
1. Latihan pengucapan dalam Bahasa Inggris yang benar.
2. Persiapkan beberapa pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan.
3. Menonton video dari Youtube tentang pertanyaan interview penerima IISMA tahun 2021. Salah satu contohnya yaitu Youtube Fakhri Ghiffari penerima IIISMA Boston 21.
4. Jabarkan essay anda dalam bentuk pertanyaan dan persiapkan jawabannya yang sesuai dengan isi essay yang ditulis.
5. Lakukan latihan secara berkala dengan orang sekitar kita, misalnya dengan sahabat, teman, keluarga, dosen, dan sebagainya. 
6. Perhatikan gerakan tubuh non-verbal.
7. Dan yang terpenting jangan terlalu gugup saat sesi interview. 

Dipenghujung sesi diskusi Andrea Hanna dan Chris Sibarani memberikan semangat kepada peserta yang hendak ingin mendaftar Beasiswa IISMA Tahun 2022. 

“Tetap berusaha berdoa, dan relax. Apapun hasilnya terima dengan lapang dada dan berikan yang terbaik”, -Ucap  Chris Sibarani.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved