Berita Kampus
Bright Up Session : Build Your Personal Branding To Get Your Dream Job

Published by: Universitas Pertamina 06 August 2022
Di baca: 10 kali
Jakarta, 6 Agustus 2022 - Career Development Center (CDC) Universitas Pertamina kembali mengadakan kegiatan Bright UP Sessions yang mengusung tema "Build Your Personal Branding to Get Your Dream Job". Kegiatan ini diisi oleh Yusivadheti Norman. Saat ini Yusivadheti bekerja sebagai Sr. Analyst HC Planning & Evaluation di PT Pertamina (Persero). Kegiatan Bright UP Session ini dilakukan penuh secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Youtube Universitas Pertamina.

Personal branding menjelaskan hal yang membahas terkait bagaimana cara membangun reputasi, menciptakan citra diri untuk dunia luar, dan memasarkan diri sebagai seorang individu.

Yusivadheti menjelaskan, personal branding memiliki kekuatan tersendiri yang mencakup;
  1. You become famous.
  2. Minimize imposter syndrome.
  3. Win the competition.
  4. Attract the opportunities.
  5. Get your dream job.

Selain itu, Yusivadheti menjelaskan bagaimana cara mengendalikan atau mengontrol personal branding, berikut caranya ;
  1. Membangun keterampilan, kemampuan, pengetahuan, sikap, dan nilai.
  2. Manfaatkan perbedaan yang ada dalam diri Anda. 
  3. Kembangkan narasi tentang cerita Anda. Usahakan narasi yang telah terbentuk terkait diri Anda sama dari dulu hingga sekarang.
  4. Jika narasi sebelumnya kurang baik di mata orang sekitar Anda, maka kenalkan kembali dengan versi narasi terbaik.
  5. Buktikan nilai yang ada dalam diri Anda. 

"Selain membentuk personal branding yang baik untuk persiapan mendaftar pekerjaan, pendidikan, maupun beasiswa, Curriculum Vitae (CV) juga merupakan hal yang penting untuk disiapkan dari sekarang", Ujar Yusivadheti.

Pada umumnya CV berisikan informasi seputar data diri pribadi (Nama, alamat singkat, nomor handphone, dan media sosial), latar belakang pendidikan (Instansi, jurusan, IPK ,dll), pengalaman kerja, kompetensi atau sertifikasi, informasi lainnya (portofolio dan prestasi).

Apa yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan CV yang sesuai?
1. Mengetahui potensi diri. Membuat list kualifikasi, pengalaman, keterampilan, dan prestasi atau penghargaan yang diraih.
2. Mengenali perusahaan yang dituju. Lakukan beberapa penelitian mengenai perusahaan seperti posisi permintaan, struktur organisasi, dan budaya organisasi.
3. Menyelaraskan/mapping potensi diri dengan kebutuhan perusahaan.
4. Gunakan format CV ATS Friendly yang simpel namun informasi didalamnya sesuai kualifikasi yang diminta.

Umumnya CV terdiri dari dua, yaitu CV ATS dan CV kreatif. CV ATS merupakan format CV yang dibuat supaya berbagai tulisan ataupun informasi bisa terbaca oleh teknologi yang dinamakan dengan Applic Tracking System (ATS). CV ATS digunakan saat melamar di perusahaan-perusahaan besar dan juga perusahaan yang menggunakan website karir dari perusahaan itu sendiri dalam melakukan proses perekrutan. 

Sedangkan CV kreatif biasanya digunakan oleh para kandidat yang ingin melamar di divisi kreatif seperti misalnya desain grafis, content writer, illustrator, animator, social media, copywriter, dan bidang lainnya yang biasanya berada dibawah naungan divisi kreatif. CV Kreatif bisa digunakan saat perusahaan meminta CV kandidat dikirimkan melalui email. Biasanya perusahaan akan melihat secara manual dari CV kandidat.

Di akhir acara Yusivadheti menyampaikan kata mutiara yang dikutip dari internet "Create an awesome personal brand to help you land your dream job". [NA]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved