Penulis: Netti Anjelina
Jakarta, 10 Juni 2023 - Saat ini pekerjaan atau profesi sudah berbagai macam, ada pekerjaan dalam bidang pendidikan, industri, pariwisata, media, dan lain sebagainya. Selain banyaknya jenis pekerjaan disisi lain juga banyak orang yang membutuhkan pekerjaan. Maka dari itu dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang memadai agar dapat bersaing dengan yang lain. Selain itu, relasi juga sangat dibutuhkan ketika kita ingin mencari pekerjaan.
Selain hal tersebut kita juga membutuhkan sebuah wadah atau ruang diskusi yang bertujuan sebagai pengarah dalam pengembangan karir dan profesi agar tidak salah langkah. Melalui program kerja Bidang 1 Akademik dan Keprofesian HIMAKOM UPER Kabinet Arnawama menyelenggarakan ruang diskusi bernama Career Talk with Communication 3.0, dengan tema "Get New Experience For Your Professional Future Career".
Acara tersebut dilakukan dalam bentuk Talk Show dengan tujuan dapat memberikan informasi terkait persiapan magang dan memasuki dunia kerja. Acara ini menghadirkan empat Alumni Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina yang sudah bekerja tepatnya pada bidang media dan komunikasi strategi.
Empat alumni yang dimaksud ialah, Muhammad Farhan D.S, S.I.Kom (Videographer di Kompas Gramedia), Sophia Smith, S.I.Kom (Announcer and Marketing Communication di Bens Radio), Nadia F., S.I.Kom (Publication Analyst di Ministry of Education, Culture, Research, and Technology), dan Raihan Akbar P., S.I.kom (Public Relations Consultant di Dialogue Communications).
Para alumni tersebut secara bergantian menceritakan pengalaman bekerja mereka masing-masing. Sophia Smith menjelaskan bahwa dirinya merupakan seorang ekstrovert dan senang melakukan public speaking sehingga pekerjaan ia sebagai seorang penyiar radio sangat cocok.
Sedangkan Muhammad Farhan sejak duduk dibangku kuliah memang sudah memiliki keterampilan dalam bidang videographer dan photographer. Saat kuliah, Farhan merasa sangat percaya diri dan yakin akan keterampilan yang ia miliki di bidang tersebut dan merasa dirinya keren dari yang lain. Namun pada saat memasuki dunia kerja keterampilan Farhan tersebut masih banyak kurangnya dan perlu ditingkatkan lagi. Terdapat istilah learning by doing, hal itulah yang dilakukan Farhan sehingga ia mampu bertahan pada pekerjaan tersebut dan membuat dirinya semakin keterampilan pada bidang yang ia geluti sekarang. Pada acara tersebut, Farhan mengungkapkan rasa senangnya karena telah diundang menjadi pembicara di acara Career Talk ini karena hal tersebut merupakan salah satu impian Farhan sejak ia diterima bekerja di Kompas Gramedia.
Selanjutnya ada Nadia yang saat ini bekerja sebagai seorang Publication Analyst di Ministry of Education, Culture, Research, and Technology. Nadia menjelaskan bahwasannya untuk menjadi seorang Publication Analyst kita harus memiliki keterampilan pada bidang menulis, analisis, berpikir kritis, public speaking, dan lain sebagainya.
Terakhir ada Raihan Akbar. Raihan menjelaskan banyak pelajaran dan pengalaman yang didapatkan selama bekerja menjadi Public Relations Consultant di Dialogue Communications. Dalam menjalankan pekerjaannya Raihan dipertemukan dengan banyak konsultan baik dari dalam maupun luar negeri sehingga mengharuskan dirinya untuk bisa dalam menggunakan bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Pekerjaan tersebut kerap kali membuat Raihan merasa jenuh atau bosan. Ketika berada di fase tersebut Raihan tidak sungkan untuk menyampaikan kepada temannya bahwa ia ingin meminta waktu untuk beristirahat menghilangkan rasa jenuh tersebut. "Ketika saya merasa jenuh atau bosan dengan pekerjaan dan saya tetap melanjutkan pekerjaan tersebut, maka dapat saya pastikan pekerjaan itu tidak akan selesai dengan maksimal." Kira-kira seperti itu yang dikatakan Raihan pada saat menceritakan pengalaman bekerjanya. Maka dari itu, Raihan perlu waktu istirahat untuk menenangkan pikirannya dan mengembalikan semangat kerjanya agar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan totalitas.
Berdasarkan hasil wawancara kepada Kholil Teguh Affa, salah satu peserta Career Talk with Communication 3.0 ini, Kholil mengatakan bahwa acaranya sangat bagus dan bermanfaat karena sangat relevan dengan apa yang sedang ia dan teman-temannya hadapi yaitu mencari tempat Kerja Praktik (KP).