Berita Kampus
WEBINAR: Strategi Pengembangan UMKM di Era Urgensi Digitalisasi

Published by: Universitas Pertamina 25 February 2022
Di baca: 18 kali
25 Februari 2022, Universitas Pertamina - Di era digitalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Hal ini tentunya membawa pengaruh bagi berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang usaha dan bisnis seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di tengah pandemi Covid-19 saat ini yang masih melanda berbagai negara di belahan dunia termasuk Indonesia membuat keberadaan UMKM semakin terancam terjadinya gulung tikar. 

Menyikapi keadaan tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Pertamina mengadakan webinar yang mengungsung tema “Strategi Pengembangan UMKM di Era Urgensi Digitalisasi”. Tujuan dari webinar ini yaitu untuk memberikan tips dan trik kepada para peserta webinar bagaimana mampu mempertahankan eksistensi keberadaan UMKM di tengah era digitalisasi dan pandemi covid-19, serta dapat membantu UMKM lain. Dengan menghadirkan narasumber Moh. Akhim Bayu Habsoro, S.E. 

Narasumber yang akrab disapa Abay ini merupakan alumni Program Studi Ekonomi Universitas Pertamina angkatan 2017. Abay juga sering menjadi narasumber yang berkaitan dengan tema usaha dan bisnis seperti narasumber Jendela UMKM 4.0 “Urgensi Integrasi Teknologi Digital dalam Pengembangan dan Pengelolaan UMKM di Indonesia, Narasumber “Economics: How To Be An Entrepreneur”, Narasumber Sukses dalam Kuliah Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, dan masih banyak lagi. 

Ketua Program Studi Ekonomi Universitas Pertamina yaitu Febrianto Sipayung berharap melalui webinar ini para peserta dapat menggali ilmu yang sedalam mungkin mengenai UMKM serta menggali ilmu mengenai strategi memulai usaha atau bisnis langsung kepada narasumber yang sangat berpengalaman di bidangnya.

Di awal pemaparan materi, narasumber yang akrab disapa Abay menjelaskan gal dasar nya terlebih dahulu seperti definisi dari bisnis. Abay menjelaskan, bisnis merupakan sebuah ide yang diimplementasikan menjadi sebuah kegiatan yang memperjualbelikan barang atau jasa untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang maksimal. 

Lanjut pemaparan Abay, dalam menjalankan usaha atau bisnis kita harus melakukan analisis produk dengan cara melakukan riset harga dipasaran, target pasar, dan mencari produsen distributor dengan harga termurah. Selain itu, kita juga harus cerdas dalam memperhatikan  nilai dari sebuah produk yang hendak kita jual seperti memperhatikan harga, kualitas, packaging, dan kegunaan atau kebermanfaatan. 

“Agar usaha atau bisnis yang sedang kita tekuni dapat dikenal banyak orang maka perlu menetapkan strategi segmentasi pasar yang maksimal dan terukur. Sebagai contoh kita bisa melakukan segmentasi pasar melalui cara offline (Event, kolaborasi, dan friend to friend), dan secara online melalui media sosial dan e-commerce dengan tampilan informasi yang inform rasti, interaktif, dan inovatif agar mudah dilirik target pasar. Selain itu juga, dalam produk yang kita tawarkan pastikan branding dan positioning di benak masyarakat memiliki citra yang baik dan mampu melihat perubahan zaman”, Jelas Abay.

Abay juga menjelaskan terkait bagaimana cara mengembangkan media sosial untuk usaha dan bisnis agar lebih baik, melalui hal berikut ini

“Sebagai seorang pengusaha yang memanfaatkan media sosial sebagai platform memasarkan produk, kita harus cerdas dalam melihat algoritma dan aktivitas dari target sasaran pasar. Selain itu, manfaatkan fitur media sosial seperti iklan atau menggunakan influencer agar lebih dikenal banyak orang, dan yang terpenting itu konsisten dalam hal apapun”- Ungkap Abay.

Lanjut Abay, sebagai seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan leadership and management time yang baik, creative and productive, innovation and improvitation, serta memiliki jiwa yang selalu ingin belajar dan berkembang menjadi lebih baik.

Di Penghujung acara, Abay menyampaikan pesan “Mereka yang disebut pengusaha adalah bukan orang-orang yang hanya mengejar omset semata, namun mereka yang mampu mengendalikan ego dan mau berfikir memberikan manfaat untuk lingkungan sekitarnya, itulah yang dinamakan pengusaha sejati”.

“Melalui webinar ini saya banyak mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan tema webinarnya. Webinar UMKM ini sangat bermanfaat bagi saya untuk kedepannya jika ingin memulai usaha. Terima kasih kepada Kak Abay selaku narasumber dan seluruh pania yang telah melaksanakan webinar ini dengan baik, semoga di webinar kedepannya dapat mengusung tema yang lebih baik dan edukatif lagi, terima kasih”, Ujar  G. Maichel Rindhard dari UKDW salah satu peserta webinar.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved