Berita Kampus
UPGRADING: Menemukan Kembali Esensi Kurikulum 2021 Universitas Pertamina

Published by: Universitas Pertamina 22 September 2022
Jakarta, 22 September 2022 - Universitas Pertamina selenggarakan kegiatan bertajuk UPGRADING: Menemukan Kembali Esensi Kurikulum 2021 (K21) pada Rabu (21/09). Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid di Auditorium Gedung Griya Legita dan melalui platform Zoom.

Kegiatan UPGRADING ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, Guru Besar Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung sekaligus mantan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina.

Menurut Prof. Ichsan, Kurikulum 2021 memiliki esensi yang mencakup knowledge, skills, character, dan meta-learning. Dalam knowledge, menurut Prof. Ichsan, pendidikan di abad 21 harus juga disertai dengan pengetahuan interdisiplin, entrepreneurship, dan sustainable development

Selain itu, aspek penting lainnya yang harus dipelajari oleh mahasiswa adalah 4C, yaitu creativity, critical thinking, communication, and collaboration. “Biasanya, kita pengajar itu merasa sudah memasukkan nih semua aspek ini, tapi padahal kita itu belum lengkap (mengajarnya),” kata Prof. Ichsan.

Prof. Ichsan melanjutkan, pada aspek character dan meta-learning, para tenaga pendidik bisa menanamkan nilai-nilai tersebut melalui perilaku sehari-hari. “Misalnya, setiap saya ngajar, saya selalu datang maksimal 5 menit sebelum kelas mulai, kenapa? Karena ini bentuk komitmen saya untuk mendidik mahasiswa.”

Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini masih menggunakan cara lama dengan menekankan transfer pengetahuan dari tenaga pendidik ke mahasiswa. Adapun langkah yang bisa dilakukan para tenaga pendidik untuk mengaplikasikan pendidikan di abad-21 adalah dengan membangun lingkungan belajar yang menarik bagi mahasiswa untuk mempelajari apa yang mereka butuhkan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan para tenaga pendidik bisa lebih memahami aspek apa saja yang sebetulnya penting dalam mendidik mahasiswa di abad ke-21 ini. Setelahnya, diharapkan para tenaga pendidik mampu mengaplikasikannya ke dalam silabus pengajaran, sehingga kedepannya Universitas Pertamina mampu memproduksi lulusan yang berkualitas.
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved