Berita Kampus
Universitas Pertamina Pererat Kerja Sama dengan APERTI BUMN

Published by: Universitas Pertamina 12 June 2022
Jakarta, 12 Juni 2022 - Universitas Pertamina beserta kedelapan anggota APERTI BUMN secara resmi membuka beasiswa bagi siswa-siswi lulusan SMA dan sederajat. Launching Beasiswa APERTI BUMN 2022 dilaksanakan secara daring di Telkom University, Bandung (11/06/2022).

Beasiswa APERTI BUMN 2022 ini memiliki sejumlah keuntungan bagi calon mahasiswa diantaranya, gratis biaya pendaftaran dan peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa penuh hingga lulus.

Adapun persyaratan bagi yang ingin mengikuti seleksi antara lain, siswa-siswi yang lulus SMA dan sederajat pada tahun 2021 dan 2022, melampirkan nilai rapor semester satu hingga semester lima, dapat melampirkan sertifikat prestasi akademik maupun non-akademik yang diraih selama bangku SMA, peserta harus mengunggah berkas pendaftaran secara online pada website perguruan tinggi yang dipilih, dan peserta hanya dapat memilih satu perguruan tinggi tujuan.

Perguruan tinggi yang tergabung di dalam APERTI BUMN yakni Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Gresik, Telkom University, Poltekpos Indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Institur Teknologi PLN, BRI Institute, dan Institut Teknologi Purwokerto. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan perusahaan BUMN seperti: PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., dan PT POS Indonesia (Persero).

Selain itu, Universitas Pertamina menandatangani kesepakatan kerja sama dalam bidang riset dengan beberapa perguruan tinggi yang tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) pada Selasa, 7 Juni 2022. Adapun kerja sama ini dilakukan dengan Telkom University, IT PLN, dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan secara daring. Penandatanganan ini dilakukan oleh perwakilan dari masing-masing universitas. 

Topik penelitian yang dipilih dalam kerja sama penelitian tahun 2022 ini mencakup durabilitas infrastruktur, energi terbarukan surya, dan industri sirkular daur ulang. Melalui kerja sama ini, para anggota APERTI BUMN diharapkan dapat menjalankan misi sesuai fokus kebidangan bisnis masing-masing universitas. Kerja sama ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi dalam rangka meningkatkan keterikatan dengan industri.

Berikut adalah timeline proses seleksi beasiswa APERTI BUMN 2022:
  1. 12 Juni 2022 - 23 Juli 2022: Pendaftaran Beasiswa
  2. 30 Juli 2022: Seleksi administratif
  3. 6 Agustus 2022: Pengumuman hasil seleksi administratif
  4. 9 Agustus 2022 - 12 Agustus 2022: Wawancara online
  5. 16 Agustus 2022: Pengumaman peraih beasiswa APERTI BUMN 2022.

Dengan adanya kegiatan kerja sama dan launching Beasiswa APERTI BUMN 2022, diharapkan Universitas Pertamina dan kedelapan anggota APERTI BUMN lainnya dapat membantu meratakan pendidikan di Indonesia. [RD]
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved