Berita Energi
Uni Eropa Janjikan Perlindungan Jaringan Energi Menyusul Adanya Sabotase Pipa Gas Rusia

Published by: tribunnews.com 30 September 2022
Di baca: 6 kali


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN – Uni Eropa (UE) pada Rabu (28/9/2022) memberikan respons atas gangguan pada infrastruktur energi setelah menduga ada sabotase di balik kebocoran pipa gas Rusia.

Dikutip dari Reuters, Kamis (29/9/2022) Rusia yang memangkas pengiriman gas ke Eropa setelah Barat memberlakukan sanksi atas invasi Moskow ke Ukraina, juga mengatakan kemungkinan adanya sabotase.

"Setiap gangguan yang disengaja terhadap infrastruktur energi Eropa sama sekali tidak dapat diterima dan akan mendapat tanggapan yang kuat," kata Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa.

Menggaungkan pandangan Jerman, Denmark dan Swedia, dia mengatakan kemungkinan sabotase, meskipun Uni Eropa belum menyebutkan pelaku potensial atau mengungkap motif dibaliknya.

Kemudian, pejabat senior militer AS mengatakan bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan adanya sabotase.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB akan mengadakan sidang pada Jumat (30/9/2022) atas permintaan Rusia untuk membahas kerusakan pada jaringan pipa Nord Stream.

Operator Nord Stream menyebut kerusakan itu 'belum pernah terjadi sebelumnya', sementara pihak Gazprom yang dikendalikan Rusia menolak berkomentar.

"Perkembangan yang dapat berdampak lebih cepat pada pasokan gas ke Eropa adalah peringatan dari Gazprom bahwa Rusia dapat menjatuhkan sanksi pada Naftogaz Ukraina karena arbitrase yang sedang berlangsung," kata analis di ING Research.

Di sisi lain, harga gas Eropa naik menyusul berita kebocoran. Harga patokan gas Belanda untuk Oktober naik 11 persen menjadi 204,50 euro/megawatt jam pada Rabu (28/9/2022).


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Uni Eropa Janjikan Perlindungan Jaringan Energi Menyusul Adanya Sabotase Pipa Gas Rusia, https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/09/29/uni-eropa-janjikan-perlindungan-jaringan-energi-menyusul-adanya-sabotase-pipa-gas-rusia.
Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved