Berita Energi
Transisi Menuju Energi Hijau, PLN Bangun PLTS Hybrid Selayar

Published by: sinarharapan.co 17 April 2022
Di baca: 3 kali

SINAR HARAPAN - PT PLN (Persero) menggandeng PT Bakrie Power, anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk, untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Selayar di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Selain Bakrie, juga ada dua pihak swasta lain yang digandeng PLN yakni PT Dipa Jaya Sejahtera dan PT Syntek Otomasi Indonesia.

PLTS tersebut diresmikan pengoperasiannya oleh Bupati Kepulauan Selayar Muhammad Basli Ali dan General Manager PLN Wilayah Sulselbar Awaluddin Hafid di Selayar, Jumat 15 April 2022.

"Pembangunan PLTS yang merupakan pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) ini adalah wujud komitmen PLN dalam memasuki transisi energi menuju energi hijau," kata Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara PLN Adi Priyanto dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Dalam sambutannya melalui daring, Adi menyampaikan pembangunan PLTS ini diharapkan menjadi pemicu pengembangan inovasi dalam peningkatan mutu pelayanan kelistrikan, khususnya di daerah kepulauan.


Awaluddin Hafid mengungkapkan PLTS Hybrid Selayar berkekuatan 1,3 megawatt peak (MWp) ini merupakan yang terbesar dan tercanggih di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, PLTS Hybrid yang dibangun di atas lahan seluas 1,46 hektare ini menelan investasi sebesar Rp39,5 miliar.

Awaluddin menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan membangun PLTS sejenis di empat kecamatan di Kepulauan Selayar, yakni Pasilambena, Pasimasunggu, Takabonerate, dan Pasimarannu. ***

Editor: Joko M

Sumber: Antara
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved