Berita Kampus
Training K3 Online Bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin

Published by: Universitas Pertamina 08 June 2022
Di baca: 14 kali
Jakarta, 8 Juni 2022 - Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pertamina melakukan kegiatan training online pekan lalu tepatnya pada 4 Juni 2022, topik yang diangkat yaitu “Training K3 2022”, dengan narasumber Dian Fitriani, S.Tr.Kes. Narasumber yang akrab disapa Dian memiliki beberapa penghargaan seperti Pengawas K3 Migas (2018), Training of Trainer (TOT) BNSP Level 5 (2019), Training of Trainer (TOT) Kemnaker RI (2019), Auditor SMK3 Kemnaker RI (2019), dan masih banyak lagi.

Arya Wandani Hafizh, selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa terdapat  3 tujuan dari kegiatan Training online K3 yang dibuka untuk umum ini seperti ;
1. Diharapkan Mahasiswa dan peserta mampu melakukan pengendalian terhadap resiko-resiko ketika berada di lingkungan kerja.
2. Diharapkan Mahasiswa dan peserta mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit akibat kerja, baik dalam bentuk fisik, psikis, infeksi, keracunan ataupun penularan.
3. Mahasiswa dapat menambah skill terkait keselamatan dan kesehatan kerja kepada seluruh mahasiswa Teknik Mesin maupun mahasiswa program studi lain.

K3 merupakan kepanjangan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Berdasarkan PP No. 50 Tahun 2012 Tentang Penerapan SMK3, K3 diartikan sebagai kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan kerja kepada seluruh tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Berdasarkan pengertian tersebut, maka sudah seharusnya setiap organisasi atau perusahaan wajib melakukan pengawasan untuk memastikan para tenaga kerjanya dalam keadaan aman dan selamat dalam melaksanakan seluruh rangkaian proses pekerjaan.

“K3 tersebut tentunya berkaitan erat dengan SMK3 atau Sistem Manajemen secara Keseluruhan, untuk pengendalian risiko yang bertujuan terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif”, Jelas Dian.

Adapun tujuan dari penerapan SMK3 sesuai PP No. 50 Tahun 2012, Pasal 2, yaitu:
1. Meningkatkan efektifitas perlindungan K3 yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.
2. Mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan PAK dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh, dan atau serikat pekerja/serikat buruh.
3. Dan menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas.

Pada Pelatihan Training K3 Online ini, Dian menjelaskan bahwa terdapat 5 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, seperti berikut ;
1. Penetapan Kebijakan
- Melakukan tinjauan awal kondisi K3.
- Memperhatikan peningkatan kinerja manajemen K3 secara terus-menerus, dan.
- Memperhatikan masukan dari pekerja.
Setidaknya Kebijakan K3 paling sedikit membuat 4 hal seperti 1). Visi, 2). Tujuan perusahaan, 3). Komitmen dan tekad melaksanakan kebijakan, dan 4). Kerangka dan program kerja yang mencakup kegiatan perusahaan secara menyeluruh yang bersifat umum dan atau operasional.  Setelah itu, maka kebijakan tersebut ditetapkan dan disebarluaskan kepada seluruh pihak yang terkait.

2. Perencanaan K3
Perencanaan K3 mengacu pada kebijakan K3, yang memeprtimbangkan hal seperti penelaahan awal, IBPR, peraturan Perundangan dan Persyaratan lain, dan sumber daya.  Selain itu, perencanaan K3 ini memuat hal seperti tujuan dan sasaran, skala prioritas, upaya pengendalian bahasa, dan sebagainya.

3. Pelaksanaan Rencana K3
Dalam pelaksanaan rencana K3 tentunya didukung oleh SDM di bidang K3, prasarana dan sarana. Pelaksanaan rencana K3 tersebut mencakup tindakan pengendalian, perencanaan seperti desain dan rekayasa, prosedur dan instruksi kerja, dan lainnya.

4. Pengukuran dan Evaluasi Kinerja K3
Pada bagian ini terdapat dua hal penting yang perlu diperhatikan yaitu audit internal oleh SDM yang kompeten dan pihak ke-3.

5. Peninjauan dan Peningkatan Kinerja SMK3
Terdapat dua hal pada bagian ini seperti menjamin kesesuaian dan efektifitas penerapan SMK3 dan dilakukan terhadap kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Hasil peninjauan digunakan untuk perbaikan dan peningkatan kinerja.

“Kegiatan Pelatihan K3 Online ini berjalan dengan sangat baik dan antusiasme para peserta yang tinggi dalam bertanya dan menanggapi narasumber. Selain itu, pemaparan pembicara juga sangat baik dan lengkap. Harapannya semoga pelatihan ini membawa kebermanfaatan bagi para peserta dan pihak terkait, serta dapat menerapkan Prinsip K3 ini”, Ujar Arya Wandani Hafizh, ketua pelaksana.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved