Berita Kampus
Tingkatkan Literasi Jaminan Sosial, Ini Dia yang Perlu Diketahui Mahasiswa UPER

Published by: Universitas Pertamina 14 November 2022
Jakarta, 14 November 2022 - Universitas Pertamina kembali menyelenggarakan Perkuliahan Umum Mata Kuliah Cipta Karsa “Webinar Inspiring Lecture” yang diselenggarakan dengan sistem daring. 

Kegiatan webinar dimoderatori oleh Wahyudi Marhaen pratopo selaku Dosen Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina. Materi webinar Sistem Jaminan Sosial ini disampaikan oleh Abdur Rahman Irsyadi, Direktur Umum & dan SDM BPJS Ketenagakerjaan.

Abdur Rahman menyatakan pentingnya literasi mahasiswa/i dalam memahami perlindungan Hak Asasi Manusia dalam berbagai bidang khususnya Hak Asas dalam memperoleh jaminan sosial. “Setiap orang pada dasarnya wajib mendapatkan perlindungan jaminan sosial dan hal itu merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia,” jelas Abdur Rahman mengawali penyampaian materi webinar.

Jaminan sosial memiliki tujuan untuk menciptakan welfare state atau negara kesejahteraan, dimana kesejahteraan sosial rakyat dijamin seutuhnya melalui pendanaan pemerintah. Berdasarkan Konferensi ILO No. 102 tahun 1952, terdapat 9 program kesejahteraan sosial. Indonesia, hingga saat ini telah berhasil melakukan 7 dari 9 program yang ada.

“Indonesia memiliki dua badan penyelenggara jaminan sosial yakni BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan memberikan 5 program yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kehilangan pekerjaan. Sedangkan BPJS Kesehatan memberikan jaminan perlindungan kesehatan,” ungkap Abdur.

Abdur menambahkan, BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan program negara yang bersifat wajib untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasar yang layak. “Jika ada perusahaan yang tidak mengikuti BPJS maka ada sanksinya. Tapi kami juga lihat kemampuan finansialnya jika masih rendah, kami akan lakukan pengawasan ketenagakerjaan. Untuk perusahaan besar yang tidak mendaftarkan, ada sanksi pidananya,” tambah Abdur.

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved