Berita Kampus
Sore Apresiasi Prestasi Mahasiswa Universitas Pertamina Tahun 2022

Published by: Universitas Pertamina 25 February 2022
Di baca: 9 kali
Jakarta, 25 Februari 2022 - Sejak tahun 2020 hingga saat ini dunia termasuk Indonesia masih dilanda oleh virus Covid-19 yang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Semua kegiatan maupun aktivitas menjadi terhambat, kegiatan pembelajaran salah satunya yang dilakukan secara daring termasuk kegiatan kompetisi mahasiswa. Namun hal tersebut tidak membuat Mahasiswa/I Universitas Pertamina patah semangat dalam meraih cita-cita yang mereka impikan dan menoreh prestasi yang setinggi mungkin. 

Melihat data prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa serta tenaga pendidik Universitas Pertamina yang sangat luar biasa banyaknya. Salah satu contohnya penghargaan yang diraih Universitas Pertamina sebagai Top 100 Affiliation by Overall SINTA Score dari KEMENDIKBUD LLDIKTI Wilayah III. Maka dari itu, Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Fungsi Pengembangan Bakat dan Organisasi Kemahasiswaan Universitas Pertamina membuat program kegiatan Sore Apresiasi. Kegiatan Sore Apresiasi Mahasiswa Universitas Pertamina merupakan bentuk apresiasi atas berbagai prestasi yang telah diukir oleh mahasiswa Universitas Pertamina. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan semangat berprestasi mahasiswa dapat terus meningkat.

Pada kegiatan Sore Apresiasi tersebut menyaksikan pemberian anugerah dari berbagai kategori atau bidang mulai dari bidang kompetisi akademik/keilmuan, pengabdian masyarakat, bidang publikasi ilmiah, bidang kepemimpinan, bidang olahraga, bidang kesenian, bidang kewirausahaan, bidang karya ilmiah, dan bidang inovasi teknologi. Selain itu juga, terdapat pemberiaan anugerah prestasi dalam bidang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), dosen pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Terbaik, dan dosen pembina Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) terbaik. 

Yang paling dinanti-nantikan dalam Kegiatan Sore Apresiasi Prestasi ini yaitu pengumuman kategori anugerah prestasi juara 1, 2, 3, dan favorit mahasiswa berprestasi Universitas Pertamina Tahun 2022. Adapun finalis mahasiswa berprestasi perwakilan dari setiap fakultas yang ada di Universitas Pertamina, berikut finalisnya:
1. Perwakilan dari Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi yaitu A Muhammad Athallah,
2. Perwakilan dari Fakultas Teknologi Industri yaitu Muhammad Alip M,
3. Perwakilan dari Fakultas Sains dan Ilmu Komputer yaitu Fandry Hosea Jaby,
4. Perwakilan dari Fakultas Komunikasi dan Diplomasi yaitu Hardhana Dinaring D,
5. Perwakilan dari  Fakultas Perencanaan Infrastruktur yaitu Irdyna Syachira,
6. dan perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Annisa Fitri

Pada kegiatan ini juga turut menampilkan karya dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UPMOAR yaitu UKM Kesenian Modern Universitas Pertamina.

Kegiatan Sore Apresiasi ini baru saja berlangsung pada tanggal 25 Februari 2022 via online menggunakan platform zoom conference. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor Universitas Pertamina yaitu Prof. IGN Wiratmaja Puja Ph. D, beserta jajarannya, Bapak/Ibu dosen Universitas Pertamina beserta staf, dan mahasiswa/i Universitas Pertamina. 

Berikut nominasi honorable setiap kategori
Bidang Kompetisi Akademik/Keilmuan
A.A. Gd. Bagus Mahendra Mahasiswa Program Studi Kimia (Medali Perunggu Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
Program kegiatan pengabdian masyarakat disebut sebagai LIGHT UP
1.Terbaik pertama  dalam program LIGHT UP 2021  dengan judul PKK Exchange: Urban Farming Masyarakat Remote Area Kota Palembang Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis SDG’S. Pelaksana: Ahmad Hardiyansyah, Dewi Mirah Rezeki, Irdyna Syachira, Islamil Marosy, M. Agung Pradana, dan Putri Monika Pratami.
2.Terbaik kedua dalam program LIGHT UP 2021  dengan judul Pengolahan Hasil Bumi (Lengkuas) di Desa Cilaku Menjadi Olahan Berupa Lengkuas Bubuk Dalam Kemasan yang Bernilai Ekonomi Tinggi.  Pelaksana: Santia Sekarwangi, M. Akhasanul Akhlaq, Arva Suwardana, Lutfi Annur Islami, Ja’Far Shidiq, dan Bimo Alamsyah.
3.Terbaik ketiga dalam program LIGHT UP 2021  dengan judul Upaya Inovasi Teknologi Lampu Penerangan Jalan Berbasis Panel Surya Sebagai Penunjang Prasarana Dusun Khususnya Di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Maros. Pelaksana: Muhammad Nurcholis, Maarif Dalan, Nur Alya Taswir, Rigel Iswanto, Axel Jovon Trisaktomo, M. Ryan Tri Hardyawan, dan Siti Aulia Ramdhani.

Bidang  Publikasi Ilmiah
Rizki Fadhilah Ramadhan Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi (Sebagai penulis pertama pada artikel Majalah Ilmiah Swasta Patra Vol 11. No. 2 Tahun 2021 dengan judul Identifikasi Area Prospek Panas Bumi Menggunakan Integrasi Citra Landsat 9 OLI/TIRS dan DEM: Studi Kasus Batu Bini, Kalimantan Selatan dan 4 publikasi prosiding lainnya).

Bidang Kepemimpinan
Tajun Latansya Mahasiswa Hubungan Internasional (Terpilih menjadi 30 mahasiswa dalam Oculus Project XL Axiata Future Leader, ketua pelaksana kegiatan berskala internasional yaitu Pertamina SPACE-UP 4.0, ketua fungsi quality control UKM Heuri Cosmos, ketua pelaksana Model Asean Meeting Universitas Pertamina 2020, dll).

Bidang Olahraga 
Ario Wicaksana (Medali Emas Komite Beregu Putra dan Medali Perak Perorangan kelas-84 Cabang Karate Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan). 

Bidang Kesenian
Netti Anjelina Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Juara 3 Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Penerbit Sastra Media Pustaka).

Bidang Kewirausahaan
Qori’Atul Septiavin Mahasiswa Program Studi Ekonomi (Penerima Pendanaan Akses Permodalan untuk Pengembangan Usaha bagi Wirausaha Muda Pemula KEMENPORA 2021 sebesar Rp 10.000.000 dengan ide bisnis Sambal pecel Bung Karno.


Bidang Karya Ilmiah
Khansa Dzahabiyya Wahyuddin Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan (First Runner UP of Summer Course 2021: Green Infrastructure Adapting to Climate Change yang diselenggarakan oleh IPB University.

Bidang Inovasi Teknologi
A Muhammad Athallah Mahasiswa Program Studi Teknik Perminyakan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
UKM Riset dan Karya Ilmiah atau Heuri Cosmos (Mengadakan kegiatan Scientific Paper Competition Universitas Pertamina 3.0 (SPACE.UP) berskala ASEAN).

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) 
HMPS Teknik Perminyakan (Pada tahun 2021 menyelenggarakan acara utama bertajuk Completion UP yang merupakan acara tahunan dengan rangkaian kompetisi seminar dan kompetisi yang mencakup smart competition, debate energy, geothermal case study, business case competition, dan video leaning competition).


Dosen Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Terbaik
UKM Riset dan Karya Ilmiah (Heuri Cosmos) yaitu Ferani Eva Zulfia, Ph.D

Dosen Pembina Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Terbaik
HMPS Teknik Perminyakan yaitu Raka Sudira Wardana, M.T.

Kegiatan yang dinanti-nantikan oleh para hadirin Pada Sore Apresiasi Prestasi Tahun 2022  yaitu mahasiswa berprestasi Universitas Pertamina.
1. Juara 1 dan juara favorit mahasiswa berprestasi Universitas Pertamina yaitu A Muhammad Athallah dari Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi. 
2. Juara 2 mahasiswa berprestasi Universitas Pertamina yaitu Hardhana Dinaring D dari Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.
3. Juara 3 mahasiswa berprestasi Universitas Pertamina yaitu Irdyna Syachira dari perwakilan dari  Fakultas Perencanaan Infrastruktur.

Setiap nominasi honorable terpilih tersebut akan mendapatkan uang pembinaan dan plakat.

Untuk menghibur hadirin yang telah hadir dalam Kegiatan Sore Apresiasi Prestasi tersebut juga disuguhkan games sambung pantun, bagi tiga orang pemenang mendapatkan uang elektronik sebesar Rp 100.000.

“Tetap semangat, menjaga sportivitas dalam segala kegiatan, karena hal inilah yang akan membawa kita untuk memenangkan berbagai tantangan kedepannya yang akan dihadapi. Serta jangan lupa untuk menjaga kesehatan”- Ungkap Prof Wirat selaku Rektor Universitas Pertamina.

Keep it Up and Achieve! Be Global Leaders!
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved