Berita Energi
SKK Migas Temukan Cadangan Minyak dan Gas Baru di Sumatra Selatan

Published by: CNNIndonesia.com 05 November 2022
Di baca: 4 kali
Jakarta, CNN Indonesia -- Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menemukan cadangan minyak dan gas baru ditemukan melalui pengeboran sumur Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) di Desa Melilian Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan pada Jumat (4/11).

Cadangan tersebut ditemukan bersama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Sele Raya Belida.

Dari hasil pengeboran tersebut, ditemukan kandungan minyak sebesar 1.983 barel per hari (BOPD) dan gas 1.3 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dengan tekanan tubing 150 psi.

"Kami sudah mengecek dan Sele Raya sudah melakukan flowrate selama 1 jam untuk zona test 1 sumur SAS-1 dan kondisinya sangat bagus," kata Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan, dikutip dari rilis resmi, Sabtu (5/11).

Lebih lanjut, Anggono mengatakan ada kemungkinan terjadi penambahan produksi pengeboran hingga mencapai 2000 BOPD minyak karena tekanan tubing masih meningkat hingga 600 psi.

Saat ini, KKKS Sele Raya Belida dengan supporting Divisi Operasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel tengah melakukan modified isochronal test (MIT) untuk mengetahui flowrate dan perkembangan sumur SAS-1.

Selanjutnya, mulai pekan depan hingga akhir November 2022, SKK Migas dan KKKS Sele Raya Belida akan melakukan perforasi atau pelubangan lapisan semen dan diharapkan bisa mendapat temuan cadangan yang lebih bagus.

"Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, aparat TNI, Polri, dan stakeholder yang sudah membantu sehingga ditemukan minyak dan gas di wilayah ini," ujar Anggono.

Sementara itu, Kepala Divisi Operasi Pengeboran dan Perawatan Sumur Surya Widyantoro mengatakan temuan minyak dan gas melalui sumur SAS-1 merupakan angin segar bagi industri hulu migas untuk terus melakukan eksplorasi secara masif, agresif, dan efisien.

Pengeboran sumur eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) sudah dilakukan sejak Mei 2022. Lokasi pengeboran berada di perbatasan antara dua desa di Muara Enim, Sumatra Selatan, yakni Desa Melilian, Kecamatan Gelumbang dengan Desa Tapus, Kecamatan Lembak.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved