Berita Kampus
Siapkan Mahasiswa/i Siap Kerja, UPER Gelas Webinar Cipta Karsa Business Model Oil and Gas!

Published by: Universitas Pertamina 14 November 2022
Jakarta 14 November 2022 - Universitas Pertamina kembali menyelenggarakan Perkuliahan Umum Mata Kuliah Cipta Karsa “Webinar Inspiring Lecture” yang diselenggarakan dengan sistem hybrid. Pada kesempatan ini tema yang dibawakan adalah Business Model dalam industri migas.

Kegiatan webinar dimoderatori oleh M. Fanshurullah Asa selaku Dosen Program Studi Teknik Sipil & Advisor Rektor Bidang Kerjasama Universitas Pertamina. Materi webinar Business Model ini disampaikan oleh Ir. Jugi Prajogio, M.H, Independent Commissioner Parna Raya Group & PT. Intraco Penta Tbk. 

Direktur Pendidikan Teuku Muhammad Roffi, Ph.D menyampaikan, tujuan dari kegiatan webinar Cipta Karsa ini untuk mengembangkan pemahaman mahasiswa/i khususnya di bidang oil and gas. 

Menurut Ir. Jugi Prajogio, M.H, sistem perencanaan sebuah perusahaan sangatlah penting mulai dari perencanaan, eksekusi, evaluasi hingga maintenance sebuah projek. Untuk itu sebagai calon lulusan diharapkan mahasiswa/i dapat mempersiapkan diri & mulai mencari pengalaman-pengalaman magang maupun bekerja di perusahaan ternama untuk memperoleh pengalaman yang mumpuni.

“Business model itu penting, melalui konsep ini kita dapat menentukan bagaimana perusahaan dapat berjalan dalam jangka waktu yang panjang, untuk membuat business model kita harus menentukan visi & misi perusahaan, analisis pasar baik konsumen, kompetitor dan tantangan maupun kesempatan, produk, dana, channel, media, stakeholder, budaya organisasi perusahaan kita,” tambah Jugi pada saat membuka materi.

Realitanya, tentu dalam membuat sebuah business model tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, oleh karena itu diperlukan adanya SDM yang berkualitas pada bidangnya masing-masing. 

Jugi menambahkan, “Setiap kali ada keputusan terkait kebijakan bisnis tidak akan lari dari sebuah SOP Kerja yang telah disepakati bersama, jika tanpa melibatkan SOP akan merugikan perusahaan itu sendiri,”.

“Untuk menjalankan sebuah inovasi business model kita juga perlu melakukan komparasi terlebih dahulu sebelum menentukan inovasi yang akan dijalankan, namun kembali lagi bahwa yang terpenting adalah eksekusi tidak hanya perencanaan saja,” ucap Fanshurullah menyimpulkan pada saat Sesi Tanya Jawab. [RI]

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved