Berita Kampus
Rektor UPER Kunjungi PT Duraquipt Cemerlang, Kesempatan Magang Terbuka Besar

Published by: Universitas Pertamina 07 November 2022
Jakarta, 7 November 2022 - Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja, Ph.D., beserta direktur kemahasiswaan dan alumni, Muhammad Husni Mubarak Lubis, S.T, MS., serta dosen Teknik Mesin, Dr.Eng. Ari Rahman, ST, M.Eng., melakukan kunjungan ke PT Duraquipt Cemerlang, Rabu (2/11).

Dalam kunjungan yang berlangsung di Ruang Rapat Suharto, selaku Direktur PT Duraquipt Cemerlang  menyambut dan memaparkan penjelasan mengenai perusahaan secara umum mulai dari histori, macam-macam produk, serta achievement yang sudah diraih oleh PT Duraquipt Cemerlang.

“PT Duraquipt Cemerlang sebagai pump manufacturer, pemasok, dan bengkel perbaikan pompa terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak tahun 2000, diharapkan dapat menjadi perusahaan lokal yang nantinya secara kualitas tidak kalah saing dengan perusahaan-perusahaan asal Jepang dan Amerika,” tutur Suharto.

Melihat track record serta potensi perusahaan Husni, selaku direktur kemahasiswaan dan alumni berharap perusahaan dapat melakukan kerjasama dengan Universitas Pertamina seperti membuka kesempatan bagi mahasiswa yang hendak melakukan Kerja Praktek di PT Duraquipt Cemerlang. 

Berkenaan dengan hal tersebut Rektor UPER, Wiratmaja turut menambahkan, “Harapannya bukan hanya mahasiswa saja tetapi juga kesempatan ini terbuka bagi para alumni UPER, untuk melakukan magang dalam kurun waktu 6 sampai dengan 12 bulan.”

Hal tersebut disambut baik oleh Suharto, ia bahkan dengan senang hati menyediakan tempat bagi para dosen UPER yang ingin melakukan penelitian di PT Duraquipt Cemerlang.

“Kami sangat senang dan tentunya mempersilakan adik-adik mahasiswa yang hendak melakukan magang disini karena kami paham betul bahwa mereka harus belajar melakukan praktik dari teori-teori yang selama ini telah dipelajari. Selain itu, jika bapak-ibu dosen juga barangkali hendak melakukan penelitian kami juga mempersilakan,” ujar Suharto.

Terkait hal tersebut maka kedua pihak sepakat untuk melakukan penandatanganan MoU pada kesempatan selanjutnya.

Sebelum kunjungan berakhir Rektor UPER dan perwakilannya ditemani Owner PT Duraquipt Cemerlang, Steven Susanto, serta Deputy Sales Manager, Soegiharto, berkeliling ke dalam pabrik untuk melihat proses pembuatan produk langsung sampai dengan perbaikan pompa.

Kunjungan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Rektor UPER kepada Owner dan Direktur PT Duraquipt Cemerlang. Sebaliknya Rektor UPER menerima beberapa buku yang ditulis langsung oleh Suharto untuk kemudian disimpan di perpustakaan sebagai bahan dasar atau referensi yang mungkin dibutuhkan oleh mahasiswa. (ER)

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved