Berita Kampus
Program Studi Teknik Mesin Gelar Peluncuran Prototipe Mobil Abimantrana

Published by: Universitas Pertamina 16 March 2023
Di baca: 13 kali
Jakarta, 16 Maret 2023 - Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina baru saja menggelar seremoni peluncuran purwarupa Mobil Abimantrana pada Kamis (16/03) di selasar GOR Universitas Pertamina.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi, Lawni Tenisa, S.T., MBA, Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ir. Tota Simatupang, M.Eng., Ph.D., dan Ketua Program Studi Teknik Mesin, Dr. Eng. Sri Hastuty, S.T., M.T., M.Eng.

Ketua Program Studi Teknik Mesin, Sri Hastuty, dalam sambutannya menyebut kegiatan peluncuran prototipe Mobil Abimantrana ini merupakan sebuah kebanggaan bagi program studinya untuk kembali memulai projek yang telah direncanakan sejak sebelum pandemi COVID-19.

“Saya juga merasa senang karena akhirnya bisa kembali melihat bengkel yang tadinya sepi jadi ramai kembali. Saya sangat mengapresiasi setiap mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan Mobil Abimantrana ini. Bahkan tidak jarang para mahasiswa pulang malam karena mengerjakan mobil ini,” jelas Tuty.

Uniknya Mobil ini diberi nama “Gatot Kaca” dengan harapan bergerak cepat dan tangguh. Selain itu, sejak awal pembuatan mobil ini dirancang oleh mahasiswa teknik mesin yaitu Tim Abimantrana. Meskipun projek pertama ini merupakan purwarupa namun, sudah menunjukkan keunggulan dan kualitas yang ditawarkan.

Mahasiswa program studi Teknik Mesin sekaligus Ketua Projek Mobil Abimantrana, Nathan Pardede, menjelaskan keunggulan dari mobil tersebut. “Mobil ini dibuat dengan menggunakan rangka aluminium dan mesin Honda Supra X 97 CC yang sudah ditingkatkan kapasitasnya menjadi 110 CC sehingga bisa berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Selain itu mesin Mobil Abimantrana saat ini sudah porting dan konfrensinya lebih padat  sampai 11:1 dan bahkan tanpa sistem pendingin,” jelasnya.

Tentunya di masa depan masih diperlukan lebih banyak pengembangan mobil ini. Saat ini, Mobil Abimantrana masih menggunakan bahan bakar diesel. Tetapi bahan bakar yang digunakan jauh lebih irit dibandingkan mobil pada umumnya. 

Menyambut dengan baik hasil dari proyek ini, mahasiswa teknik mesin memupuk harapan untuk dapat mengembangkan mobil lainnya untuk menjadi otomotif seperti go-kart. Proyek ini juga menjadi awalan baru perkembangan mahasiswa teknik mesin dalam merancang sebuah otomotif yang hemat energi.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved