Berita Kampus
Prodi Teknik Elektro Gelar Pameran Bertajuk "Innovation and Design Exhibition of Electrical Engineering (IDEE) 2023"

Published by: Universitas Pertamina 13 January 2023
Jakarta, 13 Januari 2022 - Tidak hanya belajar secara teori, namun juga belajar secara praktek dan langsung diimplementasikan dengan cara menciptakan berbagai inovasi karya yang sangat menarik dan tentunya bermanfaat bagi keberlangsung hidup banyak orang. Itulah yang dilakukan oleh Mahasiswa/I Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina.

Hasil karya tersebut dipamerkan pada acara "Innovation & Design Exhibition of Electrical Engineering (IDEEE) 2023," yang dilakukan  pada Jumat, 13 Januari 2023 di Universitas Pertamina.

IDEEE merupakan acara yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina berupa pameran dari project mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Uper angkatan 2019 dan 2020.

Pada kegiatan tersebut, pengunjung akan diberikan sticker yang digunakan untuk memilih kelompok terfavorit (dalam segi project), kelompok terkreatif (dalam segi kreativitas mendesain booth), serta presentasi terbaik. Sticker akan ditempelkan di akhir pada pintu keluar pameran. 

Selain pameran, terdapat tempat untuk quiz berhadiah, dimana setiap peserta memberikan 2 pertanyaan untuk diundi dan ditanyakan pada pengunjung. Quiz ini terdapat 2 sesi. Tujuan dari serangkaian acara ini untuk mengedukasi peserta dan pengunjung yang dikemas dalam sebuah pameran.

Berdasarkan hasil wawancara bersama Egies Maharani Febyarumi selalu ketua pelaksana IDEEE 2023 ini, terdapat sebanyak 42 karya mahasiswa dalam ajang pameran tersebut. Berikut beberapa diantaranya:
1. Smart Blood Pressure Diagnostic.
2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Media Apung.
3. Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal.
4. Pembangkit Listrik Tenaga Uap.
5. Alat Pendeteksi Nominal Uang Kertas untuk Penyandang Tunanetra.
6. Deaian Sistem pemberi Makan Otomatis Seta Pengatur Kelembapan Udara dan Susu dengan IOT pada Ternak Ayam.
7. Floating Wind Turbine Power Plant.
8. Smart Fingerprint Berbasis UNO yang Terkoneksi ke Spreadsheet, dan sebagainya.

Egies Maharani Febyarumi berkata, "Saya selaku ketua pelaksana sangat senang akan kegiatan pameran IDEEE ini,  karena acaranya berjalan dengan lancar dan dimana banyak pengunjung memberikan apresiasi dan pendapat yang baik pada pameran IDEEE ini. Selain itu, saya juga bangga atas kerja sama dan kerja keras teman-teman Elektro dalam membuat dan menyelesaikan masing-masing projeknya." (13/12/2023).

Egies berharap semoga kegiatan pameran IDEEE terus berlanjut dan dapat dipublikasikan kepada masyarakat dan berharap dapat membawa kebermanfaatan bagi banyak pihak. [NA].

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved