Berita Kampus
Prodi Komunikasi Universitas Pertamina Ajak Generasi Z Belajar Menulis Skenario Melalui Workshop Film MOVE UP

Published by: Universitas Pertamina 16 February 2022
Di baca: 40 kali
Jakarta, Universitas Pertamina - Dunia semakin bergerak dalam kemajuan, tidak terkecuali pada dunia perfilman. Film yang dikenal dengan sebutan lain yaitu movie, film teater, foto bergerak atau gambar hidup merupakan serangkaian gambar diam yang ketika ditampilkan dalam layar akan berbentuk ilusi berupa gambar bergerak dikarenakan efek phi. Ada beberapa jenis film, salah satunya yaitu film pendek. Film pendek merupakan media yang menyalurkan bentuk kreativitas creator film. Ide yang dituangkan serta usaha untuk membuat film tampak natural merupakan kemampuan yang dimiliki dengan latihan.

Seiring berkembangnya zaman dan canggihnya teknologi, film pendek menjadi salah satu film yang digandrungi oleh kaum remaja dan bertumbuh sepanjang waktu. Namu, saat ini seakan terjebak dalam ketidakpastian karena adanya pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut Himpunan Mahasiswa Universitas Pertamina membuat suatu program yang bernama Move UP. Move UP merupakan program unggulan tahunan Prodi Komunikasi yang memiliki fokus pada kegiatan seputar dunia perfilman. Move UP telah melaksanakan satu kegiatan di tahun 2021 dan dua kegiatan di awal bulan Februari 2022.
Tepatnya pada 6 Februari 2022 lalu, Move UP melakukan kegiatan workshop yang mengusung tema “The Secret to be Scriptwriter” #dibaliklayar dengan pembicara Danial Rifki, S.Sn. Sejak tahun 2002, Danial mulai membuat film dan pada tahun 2012 memulai karir profesional di industri film. Beberapa penghargaan yang pernah diraih Danial, diantaranya yaitu pada 2013 menjadi penulis skenario terpuji, Festival Film Bandung “Tanah Surga Katanya”, pada tahun 2012 mendapatkan piala citra sebagai penulis naskah asli terbaik festival film Indonesia “Tanah Surga Katanya”, pada tahun 2010 meraih committee award Kyoto International Student Film and Video Festival “Anak-Anak Lumpur”, dan pada tahun 2007 mendapatkan piala citra film pendek terbaik festival film Indonesia “Karena Aku Sayang Markus”, dan masih banyak lagi.

Sudah tidak diragukan lagi jika Danial Rifki dijadikan sebagai narasumber pada workshop film Move UP yang mengusung tema “The Secret to be Scriptwriter” #dibaliklayar.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Rektor Universitas Pertamina yaitu Prof. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D. Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi yaitu Dr. Dewi Hanggraeni, S.E, MBA. Sekretaris Program Studi Komunikasi yaitu Dr. Wahyudi Marhaen Pratopo Eko Setyatmojo, S.IP., M.Si, dan para dosen Komunikasi Universitas Pertamina.

Pada pemaparan materi yang disampaikan Danial Rifki mengusung judul “Kelas Menulis Skenario Metode: Inner Movie”. Metode Inner Movie yaitu menulis dari hari, kemudian menulis ulang dari kepala.

Danial menjelaskan untuk memulai dalam penulisan skenario kita perlu tahu apa yang akan kita tulis dan kita perlu tahu bagaimana menulisnya. Hal tersebut dapat dirumuskan dalam sebuah premise, misalnya tentang seseorang (protagonis) yang sangat menginginkan sesuatu (goal), sehingga dia melakukan aksi, tetapi kesulitan untuk mendapatkannya (hambatan), dan akhirnya berhasil atau gagal.

Terdapat jurus penguat premise antara lain pertama, what if (Tanyakan bagaimana jika, bagaimana kalau) hal ini bertujuan untuk mengeksplor imajinasi. Kedua, pilihan moral yang berimbang (Tempatkan tokoh utama dalam dilema antara yang sama-sama baik, positif VS positif), hal ini untuk menciptakan keraguan apakah protagonis berhasil atau gagal. Ketiga, tentukan perubahan pada karakternya (Kita menyukai kisah perubahan pribadi ke arah lebih baik), dengan menggunakan rumus Weakness X Action yang nantinya menghasilkan change atau perubahan.

Kemudian dipertegas oleh Daniel, bahwa perlu adanya mengikat makna dengan statement seperti pesan yang mau kita sampaikan atau sudut pandangan pribadi kita pada dunia, agar terkesan lebih kuat.

Antusiasme peserta workshop luar biasa, tercatat sebanyak 219 peserta yang hadir dan lebih dari 15 peserta yang mengajukan pertanyaan melalui kolom chat zoom conference dan 10 peserta yang bertanya langsung kepada Danial Rifki.

Di Penghujung acara Danial Rifki berpesan “Semoga metode inner movie yang saya sampaikan dapat membantu teman-teman untuk mengawali proses dalam membuat cerita”. 

(NA)

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved