Berita Energi
Pertamina Patra Niaga Siapkan 40 KL Bahan Bakar untuk Penerbangan Haji dari Bandara SAMS Sepinggan

Published by: beritakaltim.co 22 June 2022
BERITAKALTIM.CO- Guna memenuhi kebutuhan layanan penerbangan haji tahun 2022, Pertamina Patra Niaga Regional Balikpapan telah menyiapkan bahan bakar untuk pengisian pesawat yang akan membawa ke tanah suci melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

“Untuk layanan penerbangan haji tahun 2022, telah dipersiapkan 4 layanan pengisian bahan bakar pesawat dengan kapasitas 40 KL,” ucap Region Manager Coorporate Operation and Services, Albert Effendi seusai doa bersama layanan penerbangan ibadah haji 2022 di Auditorium Bandara udara SAMS Sepinggan, Selasa (21/6/2022).

Albert menyebut untuk layanan penerbangan ibadah haji tahun ini di Bandara Sepinggan khususnya ada 7 kloter, sama dengan di Banjarmasin juga ada 7 kloter.

Untuk bisa melayani dengan ideal, pihaknya telah mempersiapkan personelnya secara khusus dengan tim satgas pelayanan penerbangan haji. Penerbangan haji tahun ini semuanya tidak langsung ke Jeddah, tapi transit melalui Bandara Kualanamu dengan perjalanan 2 jam.

“Dengan pengisian bahan bakar sekitar 25 KL, nanti memang pemulangan jamaah haji penerbangan Jeddah ke Balikpapan membutuhkan bahan bakar cukup banyak sekitar 60 KL per pesawat dengan tipe pesawat airbus 330,” jelasnya kepada awak media.

Albert menyebut stok keseluruhan bahan bakar untuk kebutuhan pesawat di bandara SMAS penerbangan sekitar 3x1000KL.

“Melebihi dari kebutuhan penerbangan bukan hanya melayani haji saja,” ucapnya.

Meski ada peningkatan pemberangkatan, penggunaan bahan bakar tidak mengalami kenaikkan yang signifikan hanya sekitar 2-3 persen, sementara pada saat pemulangan jamaah haji baru ada kenaikan penggunaan bahan bakar sekitar 12 -15 persen.

“Karena untuk pemberangkatan haji transit di Kualanamu, sehingga memang tidak signifikan,” katanya.

Sementara itu, setiap kegiatan di Bandara, Pertamina Patra Niaga tidak sendiri tapi melibatkan seluruh komunitas yang ada di Bandara udara sesuai tugasnya masing masing yang ada di bandara sepinggan.

” Kami saling bahu membahu sesuai dengan tugas masing sesuai instansi dan stakeholder,” katanya.

Albert menyampaikan satgas petugas haji akan mulai diberlaku mulai dari tanggal 22 Juni hingga 31Juni untuk pemberangkatannya sedangkan untuk pemulangan berakhir dibulan Agustus.

“Rencananya petugas mulai berada di Bandara sepinggan sejal 22 Juni hinngga 30 Juni untuk proses pemberangkatan calon jamaah haji,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Rika Danakusuma mengatakan, calon jemaah haji yang akan berangkat dipastikan benar-benar terlayani dengan baik dari Asrama Haji sampai di terminal keberangkatan. Bahkan pihaknya menyiapkan jalur khusus.

“Lewatnya di jalur khusus. Lewat pintu masuk depan kantor kita,” ucapnya.

Keberangkatan kelompok terbang (Kloter) pertama jamaah haji di Embarkasi Balikpapan dijadwalkan pada Rabu besok, 22 Juni 2022 menggunakan pesawat udara jenis Airbus 330-300 dari Garuda Indonesia.

Keterlambatan keberangkatan atau delay juga telah diantisipasi. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Asrama Haji agar disesuaikan dengan jadwal keberangkatan. Sehingga para calon Jemaah tidak terlalu lama menunggu.

“Kalau sudah tahu ada delay, dari Asrama Hajinya yang disesuaikan untuk berangkat ke sini, supaya jemaah tidak terlalu lama menunggu di dalam bus,” tutupnya. #

Wartawan: Thina
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved