Berita Kampus
Pameran Purwarupa Teknologi Asah Kemampuan Mahasiswa dalam Berinovasi

Published by: Universitas Pertamina 15 July 2022
Di baca: 12 kali
Jakarta, 15 Juli 2022 - Melansir dari laman Kementerian ESDM, sebesar 94% konsumsi energi di Indonesia masih didominasi oleh penggunaan energi fosil. Padahal, energi fosil berkontribusi besar terhadap peningkatan emisi karbon dan perubahan iklim.

Peduli akan hal itu, Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina selenggarakan pameran purwarupa teknologi sebagai tugas mata kuliah Tugas Perancangan Terintegrasi. Pameran ini menghadirkan purwarupa inovasi-inovasi mahasiswa dengan tema renewable energy.

Dr. Eng. Yose Fachmi Buys, B.Eng., M.Eng., selaku dosen serta ketua pelaksana kegiatan pameran ini menyampaikan, kegiatan tahunan ini bertujuan agar mahasiswa bisa menerapkan konsep yang sudah dipelajari di kelas menjadi produk nyata.

“Jadi sebelum mahasiswa merangkai alat yang mereka buat, kita melakukan evaluasi rancangan engineering designnya dulu. Nama produknya, desain gambar alat, rancangan cara kerja alatnya sudah sesuai atau belum,” jelas Yose (14/7).

Bobby Fuadillah Maulidin, salah satu mahasiswa Teknik Mesin, mengaku timnya membuat alat dual axis solar tracker. Alat ini, kata Bobby, merupakan panel surya yang dilengkapi sistem penggerak dan sensor pelacak sinar matahari. Dengan begitu, panel surya akan bergerak mengikuti arah sinar matahari.

Mahasiswa lainnya, Edward Namora Saputra, menghadirkan alat vertical axis wind turbines atau kincir angin vertikal yang terdiri dari dua turbin. “Jadi kincir angin ini kami buat dengan sistem kerja yang lebih sederhana, sehingga harapannya alat ini bisa digunakan di rumah-rumah, di tempat perkantoran, di jalan tol, atau di samping rel kereta yang anginnya kencang misalnya,” jelas Edward.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para dosen dan mahasiswa berharap agar inovasi ini bisa dikembangkan lebih lanjut, misalnya melalui kompetisi. Sehingga nantinya alat-alat tersebut bisa diterapkan ke kehidupan nyata dan bisa dikomersilkan. [RD]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved