Berita Energi
Optimasi Biaya Subholding Upstream Pertamina Capai 98.3 Juta USD

Published by: PT Pertamina Hulu Energi 11 July 2022
Di baca: 4 kali
Ciawi - PT Pertamina Hulu Energi sebagai Subholding Upstream Pertamina terus mendorong strategi cost optimization sebagai salah satu budaya perusahaan melalui program OPTIMUS (Optimization Upstream).

 Pada tahun 2021, Program Optimus berhasil mencatatkan optimasi biaya hingga 581 Juta Dollar US yang dilakukan di seluruh Regional & AP services di bawah pengelolaan Subholding Upstream Pertamina. Dan di tahun Pada tahun 2022, upaya untuk Optimasi Biaya dan Pertumbuhan Pendapatan terus dilakukan dengan target sebesar 160 Juta USD.

Selain terus meningkatkan kinerja Optimus, Subholding Upstream juga bersinergi dengan SKK MIGAS untuk mengoptimalkan inovasi optimalisasi biaya. Subholding Upstream Pertamina menggelar rapat koordinasi program kerja  OPTIMUS (Optimization Upstream) bersama SKK Migas yang diadakan di Bogor, Rabu (6/7)  mengusung tema Sinergi dan Kolaborasi. 
 
Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina menyampaikan bahwa koordinasi ini bertujuan untuk membedah secara menyeluruh cost optimization untuk memungkinkan perusahaan  mencapai volume produksi yang direncanakan dengan biaya yg lebih rendah.
 
“Program Optimus adalah inovasi berupa Optimalisasi Biaya yang menjadi budaya perusahaan dalam mencapai volume produksi yang direncanakan dengan biaya yang lebih rendah,” terang Arya.

“Tahun 2022, untuk pencapaian target laba perusahaan maka dilakukan upaya optimisasi biaya dengan target sebesar 160 Juta Dollar US. Upaya tersebut dilakukan pembentukan gugus tugas dengan mengedepankan sinergi dan hingga Mei 2022 realisasinya mencapai 98,3 Juta Dollar US (61%) efisiensi yang dicatat oleh Subholding Upstream Pertamina,” lanjut Arya.

Senada dengan hal tersebut,  Kepala Divisi Rencana Anggaran SKK Migas, Dyah Anjarwati, menyebutkan bahwa Program Optimus bertujuan untuk mencari solusi dimana kegiatan pendukung produksi harus tetap berjalan dengan biaya yang tetap efisien tanpa mengorbankan target produksi.

"SKK Migas sangat mendukung Program Optimus, dengan sinergi seperti ini maka kendala dalam pelaksanaannya dapat diselesaikan bersama," tutup Dyah.

KONTAK MEDIA
Hermansyah Y. Nasroen 
Senior Manager External Comm & Stakeholder Relations
Subholding Upstream Pertamina 
08111000418
hermansyah.nasroen@pertamina.com
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved