Berita Kampus
Memasuki Pekan Ketiga, AI Academy Bahas Cloud Computing

Published by: Universitas Pertamina 06 September 2022
Di baca: 11 kali
Jakarta, 6 September 2022 - Pelatihan AI Academy di Universitas Pertamina telah memasuki pekan ketiga yang diselenggarakan pada Senin (29/08/2022) hingga Jumat ((03/09/2022). Kegiatan dilakukan secara luring di Gedung Griya Legita daring melalui platform Zoom.

Pada pekan ketiga ini, peserta AI Academy berkesempatan dilatih langsung oleh praktisi dari Schlumberger. Pada pekan ini, peserta AI Academy berfokus mempelajari sistem cloud computing bernama DELFI milik Schlumberger.

Cloud computing pada dasarnya adalah metode penyampaian layanan yang menggunakan internet. Melalui cloud computing, informasi bisa diakses secara virtual di mana dan kapan saja selama tersedia jaringan internet. Pada industri migas, sistem cloud computing DELFI dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses eksplorasi dan produksi migas.

Mochammad Naufal Septifiandi, salah satu peserta AI Academy, menjelaskan sistem cloud computing DELFI terdiri dari berbagai macam software, salah satunya Spotfire. Spotfire adalah software data analytics yang bisa membantu engineer dalam menganalisis masalah dan kegagalan dalam proses eksplorasi, untuk kemudian memberi prediksi kejadian di masa yang akan datang.

“Salah satu keuntungan penggunaan software Spotfire ini adalah terintegrasi dengan DELFI,  sehingga Spotfire bisa digunakan tanpa harus meng-install aplikasinya,” jelas Naufal.

Selain mempelajari tentang DELFI, peserta AI Academy juga mempelajari tentang sistem OSDU atau Open Subsurface Data Universe. Sistem ini merupakan sebuah platform terbuka yang berfungsi untuk memberikan kemudahan akses data bagi berbagai perusahaan migas. Umumnya, OSDU digunakan oleh beberapa perusahaan yang masih terhubung dalam sebuah kegiatan eksplorasi.

Selama tiga minggu pelaksanaan, Naufal merasa senang dapat mengikuti pelatihan AI Academy. Menurutnya, pelatihan ini memberinya pengetahuan baru terkait pemanfaatan data science di industri migas.

“Terlebih selama beberapa waktu ke belakang saya pernah mengikuti beberapa kompetisi mengenai data science, jadi saya merasa adalah pilihan yang tepat mengikuti kegiatan ini,” kata mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Pertamina itu. [RD]
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved