Berita Kampus
Memaksimalkan Penyelenggaraan Pendidikan Melalui Pengawasan Unit Kerja UPER Gelar Seminar SPI TALK 2023

Published by: Universitas Pertamina 25 August 2023
Di baca: 74 kali

Sebagai bentuk nilai tambah untuk menjadi world class university, Satuan Pengawas Internal (SPI) dibentuk untuk membantu terselenggaranya pengawasan terhadap pelaksana tugas unit kerja dilingkungan Perguruan Tinggi. 


Dalam gelaran acara SPI TALK 2023, dihadiri oleh Dr. Regina Jansen Arsjah, SE., M.Si., Ak., CA., CPA,. sebagai Direktur Badan Pengawas Internal Universitas Trisakti. Memberikan pemaparan mengenai bagaimana sebuah fungsi audit internal dapat memainkan peran agar dapat memberikan penilaian independen dan objektif dalam proses manajemen.

Regina menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan dalam kegiatan audit internal. “Sebelum melakukan audit internal dibutuhkan mapping terlebih dahulu. Hal ini berguna dalam memberikan efektivitas dan pemaksimalan proses audit. Selanjutnya melalui jalur yang cukup penting yaitu pada fungsi keuangan yang dimana kita dapat melihat melalui berbagai sisi, termasuk internal kontrol,” ujar Regina. 

Turut hadir pula Dr. Dwi Martani, CA., CPA ,. Ketua Satuan Pengawas Internal Universitas Pertamina menyampaikan guna mencapai tujuan institusi pendidikan SPI UPER telah menciptakan dan menjalankan berbagai evaluasi.

“Fungsi SPI rutin dalam mengadakan evaluasi untuk menciptakan manajemen resiko dalam meningkatkan tata kelola universitas yang lebih baik. Selain itu dalam kerangka manajemen risiko sisi penjaminan mutu bisa menjadi second line of defense. SPI turut menjalin hubungan dengan berbagai pihak namun tetap berpegang pada prinsip  independen dan objektif,”  tutup Dwi.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved