Berita Kampus
Melalui Disiplin Ilmu Science dan Social, Ciptakan Generasi Unggul dan Inovatif

Published by: Universitas Pertamina 10 November 2022
Jakarta, 10 November 2022 - Di era dinamika digitalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi membuat manusia harus dapat beradaptasi dengan cepat. Dengan banyaknya tantangan dari berbagai bidang, individu didorong untuk dapat menciptakan inovasi baru, guna menjawab tantangan tersebut. Disanalah peranan generasi muda.

Menanggapi hal tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM ) Science Club Universitas  Pertamina mengadakan Kegiatan Chit Chat With Scientist (CCWS) pada Minggu (6/11). CCWS merupakan kegiatan webinar nasional dan diskusi case atau permasalahan yang berkaitan dengan disiplin ilmu sains dan sosial sains.

Pada kegiatan ini, terdapat dua narasumber yang berlatar belakang pendidikan sosial dan sains yang akan membawakan materi dengan tema “Build New Innovation With Superior Generation Through Science, Technology, And The Cultural Environment."

Materi pertama disampaikan oleh Aditya Wibawa Sakti, Ph.D., dosen Program Studi Kimia UPER sekaligus Associate Professor Global Center for Science and Engineering Waseda University. Ia menyampaikan materi tentang baterai sodium ion ramah lingkungan. Baterai sodium ion merupakan proyek inovasi yang dilakukan oleh Aditya sebagai pengganti baterai lithium yang kurang ramah lingkungan.

“Kelimpahan material lithium di dunia ini sangat sedikit. Tambang lithium yang utama hanya ada di Chili. Kalau terus-terusan kita pakai lama-lama nanti akan habis dan tambangnya akan jadi sangat gersang dan merusak lingkungan. Sedangkan baterai sodium, kelimpahannya sangat besar karena kita bisa ambil sodium atau natriumnya dari air laut” jelas Aditya.

Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Muh. Andreyanto, S.M., yakni alumni Program Studi Manajemen Universitas Pertamina. Andre menyampaikan materi tentang hal-hal yang perlu dilakukan oleh generasi muda di tengah kekhawatiran resesi 2023.

“Untuk menghadapi resesi, terutama bagi generasi muda, banyak yang bisa kita lakukan untuk memutar roda ekonomi Indonesia salah satunya dengan memperbanyak konsumsi produk dalam negeri supaya kalau ekonomi dunia bergejolak, ekonomi kita masih bisa bergerak dengan resources milik kita sendiri,” ungkap Andre. 

Kegiatan CCWS kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang mengharuskan para peserta mencari solusi dari sebuah permasalahan. Kegiatan diskusi ini juga dibantu oleh kedua narasumber yakni Aditya dan Andre. 

Chit Chat with Scientist ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para mahasiswa UPER dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan sebuah permasalahan sosial. Melalui kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa dapat menggunakan tools atau instrumen penelitian untuk menemukan solusi kreatif. 

Webinar ini dapat dikatakan sukses, karena mendapatkan feedback yang baik dari para peserta. "Senang rasanya dapat mengikuti webinar yang sangat keren ini. Saya mendapatkan ilmu yang lebih diluar ekspektasi. Saya juga mendapatkan motivasi besar dari narasumber untuk dapat menciptakan inovasi baru." Samuel Christian Simanjuntak, Pelajar SMA Cahaya Medan (6/11/22).

Ella Fanny Cristiany Br Sinulingga, selaku Ketua Pelaksana CCWS berkata "Kegiatan seperti CCWS ini jarang saya temui, webinar sekaligus pemecah study case merupakan kegiatan yang unik dan menyenangkan apalagi dilakukan pembagian kelompok dengan orang orang yang sebelumnya tidak dikenal namun mengharuskan peserta untuk berdiskusi dengan kompak dan mampu memecahkan permasalahan case yang diberikan oleh panitia." [NA]

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved