Berita Kampus
Mahasiswi Semester Akhir dari Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina Mengukir Prestasi Melalui Kompetisi Online Distancing MUN 5.0

Published by: Universitas Pertamina 22 February 2022
Di baca: 11 kali
Universitas Pertamina, 22 Februari 2022 - Online Distancing MUN (ODMUN) merupakan salah satu contoh ajang kompetisi dari Model United Nations (MUN) virtual inisiasi dari pemuda-pemudi dari berbagai negara untuk membentuk MUN edisi online. Kegiatan ODMUN ini sangat cocok untuk pemuda-pemudi yang ingin mengasah kemampuan soft skills dalam bahasa inggris, critical thinking, public speaking, dan lainnya.

Pada 31 Juli-1 Agustus 2021 lalu telah dilaksanakan ajang kompetisi ODMUN edisi ke 5 yang diikuti oleh berbagai peserta baik dari dalam maupun luar Indonesia. Pada ODMUN edisi 5 ini Secretary General-nya orang Indonesia. Proses kompetisi tersebut berjalan selama dua hari, dengan rangkaian kegiatan seperti debat formal, atau simulasi sidang PBB. Sebelum meeting berlangsung akan ada proses penyusunan Position Paper dan riset mengenai topik yang akan dibahas. Dalam ajang kompetisi ODMUN edisi 5, Universitas Pertamina mengirimkan satu perwakilan yaitu Ave Maria Georgina Mahasiswi Prodi Hubungan Internasional angkatan 2018.

“Edisi ODMUN ke-5 yang saya ikuti terdapat berbagai council dan saya termasuk dalam Dewan Keamanan PBB atau UNSC. Setahu saya di UNSC sendiri terdapat beberapa delegasi seperti dari India dan Malaysia”, Ujar Gina.

Gina melanjutkan, “pada ajang kompetisi tersebut saya mendapatkan penghargaan sebagai Best Position Paper, yang dimana merangkum substansi dari kebijakan negara yang saya delegasikan waktu itu yaitu negara Amerika Serikat. Best Position Paper sendiri sebenarnya merupakan penghargaan yang terpisah, dan hanya ada satu di setiap council, beda dengan penghargaan lain yang pemenangnya bisa terdapat dua sampai tiga delegasi. Selain itu, muatan dari Position Paper juga berupa rekomendasi kebijakan yang harus diambil pada saat simulasi meeting berlangsung”.

Menurut Gina, banyak hal yang harus dipersiapkan dalam mengikuti kompetisi tersebut, mulai dari skill berbahasa inggris seperti pemilihan kosakata yang lebih formal dan diplomatik, substansi riset mengenai topik permasalahan yang lebih mendalam, dan public speaking yang nantinya akan digunakan pada saat debat dengan delegasi lain pada saat proses sidang berjalan. MUN is very substantive and requires a really good public speaking skills, karena ketika kita berada di sidang PBB nantinya, kita diposisikan menjadi diplomat layaknya sungguhan.

Lanjut Gina, “Hal lain yang harus dipersiapkan yaitu kepercayaan diri untuk nanti berdiplomasi dan negosiasi di depan umum. Not to mention, pasti nanti akan ada yang berbeda argumen dengan kita. Dan jangan lupa juga untuk melakukan grooming sesuai sama standar formal meeting PBB”.

Gina mengungkapkan bahwasannya dirinya sangat senang menerima penghargaan dalam ajang kompetisi tersebut, karena penghargaan lain yang didapatkan berupa penilaian verbal atau saat debat, sedangkan Gina mendapatkan penghargaan yang condong menunjukkan keunggulan atau skill dirinya dalam menulis serta berpikir kritis dan logis dalam merekomendasikan sebuah kebijakan luar negeri. Selain mendapatkan hadia berupa sertifikat, Gina juga mendapatkan hadia berupa uang tunai.

Selain itu, Gina juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas Pertamina yang selalu mendukung Mahasiswa/I nya untuk terus berprestasi. Selain itu, Mata Kuliah berupa Critical Thinking dan Critical Problem Solving sangat bermanfaat bagi dirinya dan ilmu yang diberikan dapat Gina aplikasikan dalam kompetisi ODMUN ini.

Gina berpesan untuk kita semua “Change your point of view, karena kompetisi itu bukan sekedar soal menang atau kalah, tapi sebagai investasi dan bekal pengembangan diri kita kedepannya menjadi lebih baik. Terus melatih kemampuan yang kita miliki dan jangan pernah takut untuk mencoba”.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved