Berita Kampus
Mahasiswa UPER Berprestasi di Kompetisi Mechanical Design Competition

Published by: Universitas Pertamina 11 February 2023
Di baca: 18 kali
Jakarta, 11 Februari 2023 - Mechanical Design Competition (MEDICOM) SPECIMEN merupakan lomba Computer-Aided Design di bidang desain dan proses manufaktur yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sriwijaya.

Kompetisi ini berfokus pada penggunaan aplikasi CAD  (Computer Aided Design) untuk merancang dan membuat ulang desain yang telah diberikan dalam potongan-potongan gambar teknik dua dimensi. Melalui potongan-potongan gambar ini, peserta diharapkan dapat menghitung dan mendapatkan dimensi yang secara implisit pada gambar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengeksplor kemampuan mahasiswa di bidang program desain dan proses manufaktur, sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa bidang desain industri, dan menciptakan jiwa kompetitif dalam generasi muda saat ini agar siap bersaing di dunia kerja.

Farid Muharram, mahasiswa program studi Teknik Mesin UPER berkompetisi mendesain ulang Excavator Wooden Toys dengan layer dan surface yang bervariasi dan berhasil meraih juara ke-3.

Agar bisa menjuarai kompetisi, Farid berbagi tips yakni perbanyak jam terbang dengan cara menonton video tutorial di Youtube, kemudian praktikan apa yang telah dipelajari sebelumnya. “Yang terakhir, kita harus cermat dalam melihat komponen penilaian lomba. Maksimalkan komponen yang memiliki poin nilai tinggi tanpa mengabaikan poin penilaian lainnya,” ungkap Farid. [NA]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved