Berita Kampus
Mahasiswa Mau Investasi? Yuk Coba Reksa Dana!

Published by: Universitas Pertamina 27 May 2023
Di baca: 15 kali
Jakarta, 27 Mei 2023 - Universitas Pertamina melalui mata kuliah Cipta Karsa mengadakan webinar bertajuk Literasi Investasi Reksa Dana pada Sabtu (27/05) secara hybrid di Gedung Griya Legita dan melalui Zoom Teleconference. 

Pada webinar kali ini, UPER mengundang Reza Fahmi Riawan, MM., selaku Vice President Henan Putihrai Asset Management dan Haritsah Pahlawati, yakni Unit Head of Business Development di organisasi yang sama. Webinar ini dipandu oleh Dr. Elan Nurhadi P., S.E., MSM., sebagai Dosen Program Studi Manajemen sekaligus Pembina Galeri Investasi Universitas Pertamina.

Webinar dibuka dengan pemaparan materi oleh Haritsah. Menurut Haritsah, dewasa ini investasi merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menghadapi inflasi. Selain itu, investasi juga bertujuan untuk mengembangkan dana individu. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk berinvestasi adalah reksa dana.

“Reksa dana merupakan instrumen investasi yang cocok digunakan oleh pemula. Investasi di reksa dana dapat dimulai dengan membuka akun di organisasi manajemen aset, yang mana nantinya dana para investor akan dikelola oleh manajer investasi sehingga investor hanya perlu menunggu pengembangan dananya,” jelas Haritsah.

Investasi reksa dana, menurut Reza, cenderung minim risiko karena volatilitas pasar yang cenderung stabil. Selain itu, investasi reksa dana dapat dilakukan dengan jumlah yang lebih murah daripada investasi saham, yakni mulai dari Rp.50.000 sehingga cocok bagi para mahasiswa karena tidak membutuhkan dana yang sangat besar

“Investasi itu sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan. Karena, dengan adanya inflasi atau kenaikan harga, sangat mungkin di masa depan biaya-biaya untuk sekolah, menikah, membeli rumah dan sebagainya akan meningkat pesat,” ujar Reza.

Dengan dilakukannya literasi investasi ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa dalam hal investasi dan menghindarkan para mahasiswa dari praktik-praktik investasi bodong.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved