Berita Kampus
Mahasiswa, Ini Tips Menyusun Skripsi Demi Masa Depan Pasti

Published by: Universitas Pertamina 21 March 2023
Di baca: 9 kali
Jakarta, 21 Maret 2023 - Himpunan Mahasiswa Teknik Logistik (HIMALOG) Universitas Pertamina menggelar sharing session bertajuk “Kejar Skripsi Demi Masa Depan Pasti” pada Sabtu (18/03) melalui platform Zoom.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yang merupakan alumni dari Program Studi Teknik Logistik. Mereka adalah Rohma Herlina, S.T., dan Koulan Tsakiilaa, S.T. Kedua alumni ini dulunya dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Rohma Herlina yang menjelaskan tips untuk menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu, sebagai berikut:
1. Temukan bidang yang membuat Anda tertarik dengan memperbanyak membaca jurnal dan berdiskusi dengan dosen.
2. Tuliskan ide topik skripsi dalam bentuk paragraf kemudian diskusikan dengan dosen maupun teman sebaya.
3. Temukan lingkungan pertemanan yang sehat agar bisa mendapatkan support dan sebagai tempat berkeluh-kesah.

“Selain itu, Rohma juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menyusun skripsi, seperti membayar jockey untuk mengerjakan skripsi kita, menyalahkan diri sendiri dan menganggap skripsi adalah beban, serta jangan membuang-buang waktu dengan menunda pengerjaan skripsi,” jelas Rohma.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Koulan Tsakiilaa yang membahas bahwa karir profesional bukan hanya sekedar pihak Curriculum Vitae (CV), melainkan pengalaman dan ilmu yang benar-benar kita dapatkan pada saat duduk di bangku kuliah.

"Mengikuti organisasi pada saat kuliah dapat dijadikan sebagai tolak ukur pada saat memasuki dunia kerja, apalagi jika Anda sudah pernah melakukan magang atau kerja paruh baya, yang mana hal tersebut tentunya sangat mendukung kualifikasi Anda." Ujar Koulan.

Lanjut Koulan, sebagai seorang mahasiswa kita harus memiliki rencana hidup kedepannya agar tidak bingung setelah lulus kuliah mau jadi apa dan mau melakukan apa saja. Rencana hidup tersebut perlu terukur dan realistis, agar dapat dicapai sesuai target yang telah ditentukan. [NA]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved