Pada 19 Juni 2023 lalu, Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Uper melalui Bidang Akademik dan Keprofesian melakukan kunjungan ke Gramedia Kompas. Tujuan kunjungan tersebut yaitu untuk menjalin silaturahmi antara Program Studi Komunikasi Uper dengan Kompas Gramedia, serta memberikan pengetahuan secara langsung kepada Mahasiswa/i Komunikasi terkait karir dibidang media bersama tenaga kerja yang ada di Gramedia Kompas.
Tim HIMAKOM UPER disambut oleh News Video Lead, Abba Grablin dan Corporate Communication KG, Laras Nabila di Bentara Budaya Jakarta. HIMAKOM UPER didampingi oleh Kepala Program Studi Komunikasi, Muhammad Nur Ahadi, M.I.Kom. Sekretaris Program Studi Komunikasi, Dr. Wahyudi Marhaen Pratopo Eko Setyatmojo, S.IP., M.Si. Serta Dosen Program Studi Komunikasi, Ita Musfirowati Hanika, S.A.P, M.I.Kom.
Kegiatan kunjungan tersebut berisikan agenda kegiatan, seperti pemaparan materi yang disampaikan oleh pihak Kompas Gramedia, sharing sessions, kunjungan ke Rumah Kudus di Bentara Budaya, dan Studio 1 Menara Kompas.
Kompas Gramedia Group (KG Group) merupakan perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang media massa yang didirikan pada 17 Agustus 1963. Agar tetap dapat bersinergi dan eksis di tengah zaman yang dinamis ini, KG memiliki beberapa bisnis untuk menyongsong keberlangsungan operasional perusahaan.
Berikut unit bisnis yang dimiliki KG, seperti pada bidang media, retail & publishing, hospitality, manufacture, pendidikan, event & venue, property & infrastructure, dan digital.
Laras Nabila menyebutkan bahwasannya KG dapat berdiri hingga saat ini dikarenakan reputasi perusahaan yang baik dimata masyarakat. Selain itu, Abba Grablin juga menyebutkan bawah KG dapat memanfaatkan tantangan menjadi peluang, misalnya berevolusi membuat platform digital Kompas.com. Pada kanal Kompas.com tersebut disediakan berbagai macam topik informasi mulai dari terkait dunia entertainment, bisnis, olahraga, otomotif, dan lain sebagainya yang mana menyesuaikan dengan minat dan target audience yang disasar.
Kegiatan kunjungan tersebut berjalan dengan baik dan banyak perkataan yang terlontar dari mulut Mahasiswa/i Program Studi Komunikasi yang ingin melakukan Kerja Praktik (KP) maupun kerja nyata di Kompas, salah satunya Muhammad Rahmad Farhan dan Theresia Sisilia Da Lopez.
"Menurut Marshal Mcluhan bahwa media akan menentukan bagaimana society, sebaliknya juga society akan menentukan bagaimana media tersebut dapat beradaptasi. Dari kunjungan tersebut, kita dapat belajar bahwa Kompas dapat beradaptasi dengan sangat luar biasa sampai memiliki ratusan lini bisnis yang dikelola. Sebagai contoh, yang awalnya dari media konvensional atau media cetak sampai sekarang Kompas memiliki media digital yang menjadi salah satu pendapatan utama dari kompas. Semoga Mahasiswa/i Program Studi Komunikasi dapat belajar dan menerapkan ilmu yang didapatkan dari kunjungan tersebut ke mata kuliah yang relevan dengan hal itu." -Muhammad Nur Ahadi, M.I.Kom. [NA].