Berita Kampus
Kerjasama dengan Lions Club dan PMI, Universitas Pertamina Gelar Donor Darah

Published by: Universitas Pertamina 04 June 2022
Di baca: 9 kali
Jakarta, 2 Juni 2022 - Universitas Pertamina selenggarakan kegiatan donor darah yang dilakukan di GOR ABC Universitas Pertamina pada Kamis, 2 Juni 2022. Dalam kegiatan donor darah kali ini Universitas Pertamina bekerja sama dengan Lions Club Fun Age Matahari beserta Palang Merah Indonesia (PMI)  Jakarta Selatan.

Menurut Bapak Mundari, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Jakarta Selatan, di masa pandemi COVID-19 jumlah stok kantong darah menurun sehingga saat ini PMI baru bisa memenuhi stok kantong darah sebanyak 2 juta kantong. Padahal dengan jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 200 juta jiwa, idealnya PMI memiliki stok kantong darah sebanyak 4,5 juta hingga 4,8 juta kantong. “Jadi untuk membantu memenuhi jumlah stok kantong darah kita rutin mengadakan donor darah”, jelas Pak Mundari

Kegiatan donor darah ini juga dibantu oleh Lions Club Fun Age Matahari sebagai penyelenggara kegiatan donor darah. Lions Club Fun Age Matahari merupakan organisasi nirlaba yang bergerak di bidang kemanusiaan. Ibu Sarwo Handayani, Presiden Lions Club Fun Age Matahari mengatakan kebutuhan akan donor darah di Indonesia sangat besar namun tidak sebanding dengan jumlah stok kantong darah yang dimiliki.

“Maka dari itu sebagai bentuk pengabdian dan rasa kemanusiaan, kami dari Lions Club Fun Age Matahari rutin untuk mengadakan acara donor darah untuk membantu memenuhi stok darah, khususnya di wilayah Jakarta Selatan,” jelas Ibu Sarwo Handayani.

Kegiatan donor darah pada hari Kamis, 2 Juni 2022 diikuti oleh mahasiswa dan staf Universitas Pertamina serta masyarakat umum. Salah satu peserta, yaitu Ibu Dian mengatakan bahwa dirinya rutin melakukan donor darah karena membuat dirinya lebih sehat. “Kalau habis donor darah itu biasanya badannya jadi lebih enteng, terus lebih bagus juga karena badan bisa produksi sel darah yang baru,” kata Ibu Dian.

Donor darah memiliki sejumlah manfaat, tidak hanya untuk membantu pemenuhan stok kantong darah, namun juga terdapat manfaat bagi para pendonor. Dilansir dari website Palang Merah Indonesia, sejumlah manfaat donor darah antara lain dapat mendeteksi penyakit serius, menurunkan risiko kanker, dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Adapun jumlah kantong darah yang berhasil terkumpul sebanyak 73 kantong. Dengan dilakukannya kegiatan donor darah, diharapkan dapat menambah kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kantong darah di Indonesia. [RD]


Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved