Berita Kampus
Kegiatan UPGRADING Ajak Dosen Motivasi Mahasiswa di Bidang Bisnis Energi

Published by: Universitas Pertamina 09 March 2023
Di baca: 12 kali
Jakarta, 9 Maret 2023 - Dalam rangka meningkatkan kualitas mengajar, Universitas Pertamina baru saja menyelenggarakan seminar UPGRADING di Auditorium Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina pada Senin (06/03).

Diikuti oleh seluruh dosen Universitas Pertamina, UPGRADING kali ini mengangkat tema “How Students Can Participate In Improving Economic and Business Skills in the Energy Sector” (Bagaimana Mahasiswa dapat Berpartisipasi dalam Meningkatkan Keterampilan Ekonomi dan Bisnis di Bidang Energi).

Dimoderatori oleh Dosen Program Studi Manajemen, M. Fadli Hanafi, M.M, UPGRADING menghadirkan Ian Lange, Ph.D. selaku Associate Professor of Economics and Business, Colorado School of Mines.

Membuka acara, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Budi W. Soetjipto, Ph.D. berharap acara ini dapat memberikan informasi dan wawasan baru untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dalam berpartisipasi meningkatkan keterampilan ekonomi dan bisnis di bidang energi.

Ian dalam sesinya menyampaikan salah satu tantangan baru bagi mahasiswa saat ini dalam menjalankan bisnis di bidang energi adalah cakupan pasar yang semakin meluas.

“Salah satu hal yang mungkin baru dihadapi para mahasiswa adalah cakupan pasar yang semakin meluas, entah itu karena terintegrasi atau pasar energi dunia yang kini tidak lagi bersifat regional. Seluruh gempuran ini kemudian membuat kita sulit untuk melindungi keadaan ekonomi kita pribadi,” ujar Ian.

Berkenaan dengan hal tersebut, cara yang dapat dilakukan oleh para dosen adalah mendiskusikan keuntungan apa saja yang dapat diraih oleh para mahasiswa. Diskusi lainnya adalah mengenai isu apa yang akan dipilih untuk mendapatkan mineral atau sumber daya alam yang berbeda bagi perusahaan.

Menurut Ian penting juga  bagi para dosen untuk menjelaskan kepada mahasiswa mengenai energi bersih, terlebih saat ini masyarakat mulai memikirkan mengenai stok minyak dan gas yang terbatas.

“Dengan memikirkan mengenai energi bersih, maka kita tidak akan terpengaruh dengan perubahan harga individual hari ke harinya karena kita sudah memiliki stok mineral tersendiri yang kita dapatkan dari angin atau panas bumi misalnya. Hal ini juga menarik karena mereka nantinya dapat menjual harga energi yang lebih stabil,” tutup Ian. [ER]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved