Berita Kampus
Jadi Panelis Diskusi, Rektor UPER Bahas Peran Universitas dalam Transisi Energi

Published by: Universitas Pertamina 07 November 2022
Jakarta, 7 November 2022 - Rektor Universitas Pertamina (UPER), Prof.Ir.I Gusti Nyoman Wiratmaja, Ph.D. didapuk menjadi salah satu panelis dalam Panel Diskusi 1 pada seminar “Just Affordable Energy Transition” yang dilaksanakan secara luring di Auditorium Gedung D Universitas Trisakti, Jumat (4/11/2022).

Seminar yang bertemakan “The Role of Human Capital Development and SMEs Participation” ini dibuka dengan video sambutan Rektor Universitas Trisakti yang mengajak para partisipan untuk bekerja sama lintas disiplin dalam membersamai transisi energi. Dilanjut dengan sambutan dari Ibu Nicke Widyawati selaku direktur utama PT. Pertamina yang diwakilkan oleh Bapak Agung Wicaksono serta 2 keynote speaker sebelum pada akhirnya memasuki sesi Panel Diskusi.

Rektor UPER membuka Panel Diskusi 1 dengan memberikan gambaran mengenai berbagai tantangan yang hadir pada era sekarang mulai dari disrupsi sampai lonjakan harga energi akibat geopolitik yang ada.

“Indonesia memiliki peran dan potensi yang sangat besar dalam menghadapi transisi energi, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita menyiapkan SDM yang cocok kedepannya. Disrupsi ini juga sebenarnya terjadi pada dunia pendidikan dimana link and match antara universitas atau pendidikan tinggi dengan industri mulai dipertanyakan apakah program studi yang hadir sudah cukup mampu menyeimbangi perkembangan zaman yang begitu cepat,”  jelasnya.

Menurut Rektor UPER, kurikulum di dunia pendidikan Indonesia sebagian besar mempersiapkan sarjana siap latih sementara dunia industri meminta sarjana siap kerja, maka link and match dengan dunia industri ini menjadi sangat diperlukan.

Beliau juga memaparkan mengenai pentingnya menjadikan SDM berkualitas guna menyambut Indonesia emas di masa yang akan datang. Terlebih kebutuhan tenaga kerja dalam bidang energi ini masih akan naik sampai beberapa tahun kedepan.

Lebih lanjut, Rektor UPER optimis melihat peran teknologi yang akan mempercepat transisi energi dalam sektor Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Contohnya dapat kita lihat dalam penggunaan hidrogen yang perkembangannya masif sekali, lalu ada smart grid dimana pembangkit listrik dapat terintegrasi teknologi cerdas untuk memenuhi kebutuhan listrik di masa sekarang maupun masa yang akan datang,” ucapnya.

Menutup sesinya Rektor UPER menyimpulkan cara untuk menjadikan SDM yang berkualitas agar mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan adalah dengan menciptakan pribadi yang kuat secara ilmu, terampil secara kemampuan, dan kuat pendirian sehingga pribadi tersebut tetap dapat menjadi pribadi yang bersih dan unggul.

Acara yang dimoderatori oleh Kaprodi Teknik Industri Universitas Trisakti, Dr. Rina Fitriana ini juga turut mengundang 3 panelis lain yaitu ketua bidang IX - Persatuan Insinyur Indonesia, Dr. Ir. M. Satori, M.T., IPU., guru besar SBM ITB, Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D., IPU. dan rektor President University, Prof. Dr. Ir. Chairy, S.E., M.M. yang turut membahas peran universitas dalam pengembangan sumber daya manusia untuk transisi energi. [ER]
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved