Berita Energi
Ini Strategi Pertamina Shipping Menuju Transisi Energi

Published by: CNBC Indonesia 21 October 2022
Di baca: 3 kali


Nusa Dua, CNBC Indonesia - PT Pertamina International Shipping (PIS) menyatakan komitmennya untuk transisi energi demi target net zero emission (NZE) di 2060. Direktur Utama PIS Yoki Firnandi mengatakan bahwa transisi energi memerlukan waktu sehingga PIS menyiapkan berbagai strategi.

"Pertama kalau kami tentunya dari kapal-kapal yang kami operasikan tidak lepas dari teknologi kapal. Jadi usia kapal yang kita jalankan masih ada nilai ekonomisnya. Dan seiring dengan peremajaan kapal dan teknologi baru, nanti kapal yang kami operasikan akan jauh ramah lingkungan dan compile dengan regulasi," ungkap dia kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/10/2022).

Dia mengungkapkan bahwa PIS beberapa waktu lalu menandatangani komitmen NZE di mana PIS juga sudah menyiapkan roadmap mencapai target NZE pada 2050. Adapun dalam mengejar target NZE tersebut, PIS menggunakan roadmap International Maritime Organization (IMO) yang pada 2050 menargetkan 70% emesis bisa diturunkan.

"Kita target per 2030 emisi sudah mulai kita turunkan signifikan dan puncaknya di 2040. Di mana 2050 kita sudah bisa melihat cita-cita net zero emission bisa tercapai," jelas Yoki.

"Memang kita mengikuti roadmap (IMO) tersebut, sudah terdapat sejumlah regulasi yang kita ikuti, baik dari efisiensi operasional maupun efisiensi desain kapal. Jadi kapal desain lebih ramah lingkungan. Itu yang akan kita ikuti ke depan," pungkas Yoki.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved