Berita Kampus
Ini Kiat Sukses Menjadi Wirausahawan Muda

Published by: Universitas Pertamina 16 December 2022
Di baca: 10 kali
Jakarta, 16 Desember 2022 - Telah diselenggarakan seminar kewirausahaan dengan topik “Be Your Own Boss” pada rangkaian acara Integrated Career Expo Universitas Pertamina (ICE UP) 2022 pada Kamis, 15 Desember 2022. Seminar kewirausahaan ini diisi oleh Ivan Cokro, Direktur PT Gunanusa Eramandiri dan dihadiri oleh para pimpinan APINDO, M. Husni Mubarak Lubis, M.S. selaku Direktur Kemahasiswaan Universitas Pertamina, dan para mahasiswa Universitas Pertamina.

Sekilas informasi tentang Integrated Career Expo Universitas Pertamina (ICE UP), acara ini merupakan kegiatan pameran karir dari beberapa perusahaan di Indonesia. Adapun, kegiatan ICE UP ini bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO). Pameran karir ini dapat diharapkan memberikan insight kepada mahasiswa Universitas Pertamina khususnya dalam menentukan dan mengembangkan karir sesuai keinginannya.

Pada seminar kewirausahaan yang dibawakan oleh Ivan Cokro ini membawa topik “Be Your Own Boss”. Menurutnya, untuk menjadi boss perlu ada dream. “Dream membuat kita lebih jelas mau kemana. (Dream) bukan saat kita tidur, tetapi saat kita melek. Ini harus ambil Langkah sekecil apapun,” jelasnya.

Direktur PT Gunanusa Eramandiri ini merumuskan dream dalam tiga poin:
1. Integrity yang memiliki arti integritas. Menurutnya, dengan integritas itu akan membantu kita dan akan berdampak jangka panjang. “Tuhan sayang orang jujur. Karena kita jujur, otomatis kita akan ditemukan oleh orang-orang jujur. Biasanya kalo org jujur itu pasti org baik. Dan orang baik pasti akan bantu kita. Ini akan berdampak long-term,”
2. Leadership yang memiliki arti kepemimpinan. Sebagai seorang pemilik usaha, skill yang satu ini perlu menjadi konsiderasi. Dalam pengembangan bisnis tidak dapat dilakukan sendiri, pasti membutuhkan orang lain dan membentuk menjadi tim. Skiill leadership juga modal utama dalam mengembangkan bisnis, bagaimana kita dapat memengaruhi orang, menolak pilihan, menimbang keputusan, dan lain sebagainya.
3. Agility yang artinya kelincahan. Menurut Ivan, sebagai pemilik usaha harus lincah (adaptif) dalam menghadapi perubahan, dan kelincahan berangkat dari curiousity (rasa ingin tahu). “Sebagai boss kita harus lincah, lincah baca peluang misalnya. Ini (kelincahan) berangkat dari curiousity (rasa ingin tahu),” jelasnya.

“Kita harus punya modal nekat. Dengan begitu kita akan berani mencoba dan melangkah daripada tidak sama sekali,” pesannya saat sesi tanya-jawab.
[RF]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved