Berita Kampus
Ini Hak dan Kewajiban Konsumen Kunci Jadi Konsumen Cerdas

Published by: Universitas Pertamina 06 March 2023
Di baca: 14 kali
Jakarta, 6 Maret 2023 - Universitas Pertamina bersama dengan BPKN-RI menggelar seminar Inspiring Lecture bertajuk Peran BPKN-RI Dalam Perlindungan Konsumen pada Sabtu (04/02) di Auditorium Griya Legita Universitas Pertamina. Kegiatan ini menghadirkan Dr. N.G.N Renti Maharaini Kerti, S.H.,M.H. selaku anggota komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI sebagai narasumber. 

Seminar ini dilakukan akibat masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai adanya perlindungan terhadap konsumen. Menurut Renti, mereka yang disebut dengan konsumen adalah pengguna akhir (end user) suatu produk. Selanjutnya, BPKN-RI sebagai lembaga negara yang bertugas membantu pemenuhan hak tersebut sebagaimana yang tercantum pada UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). 

“Pada dasarnya, tugas utama BPKN adalah untuk memenuhi keadilan dan hak konsumen jika terdapat pelanggaran. BPKN menjamin kepastian hukum untuk melindungi konsumen dengan tujuan agar konsumen dilindungi dan dipulihkan haknya. Penting sekali untuk melakukan perlindungan konsumen dalam pembangunan perekonomian nasional,” ujar Renti.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh BPKN adalah memberikan batasan aktivitas bagi pelaku usaha. Batasan tersebut meliputi pada sisi standar, yang mencakup izin produk yang memenuhi standar. Sisi informasi, mencakup kebenaran informasi produk. Kemudian ada pula sisi cara menjual dan perjanjian terhadap suatu produk. Selanjutnya terdapat batasan beriklan, yakni pelaku usaha tidak boleh melakukan iklan bodong. Terakhir permasalahan pada bidang klausula baku yang tidak boleh memberatkan konsumen.

“Jika kita sebagai konsumen mengalami hal-hal yang disebutkan, konsumen berhak melakukan pengaduan baik dengan mendatangi kantor BPKN atau menghubungi call center yang disediakan. BPKN akan menindak kasus dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam Prosedur Penanganan Pengaduan Konsumen,” tutup Renti [MY]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved