Berita Kampus
Cerita Alumni UPER: Raih Beasiswa Hingga Kerja di Perusahaan Ternama

Published by: Universitas Pertamina 22 June 2022
Di baca: 11 kali
Universitas Pertamina, 22 Juni 2022 - Tak melulu soal keringanan biaya, beasiswa ternyata memberi berbagai keuntungan bagi para penerimanya. Portal lowongan pekerjaan indeed, menyebutkan para penerima beasiswa cenderung memiliki jaringan yang luas dan prospek karir yang baik.
 
Dikatakan Rektor UPER, Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D., setiap tahunnya UPER membuka pendaftaran beasiswa baik bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa yang telah berkuliah di UPER. Tahun ini, menurut Prof Wirat, tak kurang dari 24 Milyar Rupiah dana digelontorkan untuk program beasiswa yang jenisnya beragam. Siswa siswi yang tertarik, dapat mengunjungi laman pendafataran disini.
 
“Untuk mahasiswa baru misalnya, ada beasiswa yang kami tujukan bagi siswa/siswi dari sekolah unggulan atau sekolah yang memiliki kekhasan, yang berasal dari Daerah 3T, yang berprestasi secara akademik dan non-akademik, yang aktif di kegiatan organisasi, bahkan yang aktif di media sosial,” jelasnya dalam wawancara daring, Selasa (21/06).
 
Pradana Vian Prasetyo, Alzahid Muhasabah, dan Prayogi, adalah tiga dari sejumlah alumni UPER yang kini berkarir di perusahaan ternama impiannya, berkat beasiswa. Yuk, simak manfaat apa saja yang diperoleh dari program beasiswa:
 
1. Motivasi Belajar yang Besar

Berkat tuntutan untuk menjaga dan meningkatkan nilai akademis, Prayogi, alumni Program Studi Manajemen UPER, mengaku  berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di angka 3,92.
 
“Berkat menjadi penerima beasiswa, saya jadi terpacu untuk meraih nilai tinggi di setiap mata kuliah. Ditambah lagi, melihat teman-teman penerima beasiswa lain juga sangat bersemangat dalam belajar. Rasanya tidak ingin kalah,” ungkap alumni yang kini bekerja sebagai Cost Estimator & Business Development di PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi tersebut.
 
2. Prestasi Akademik yang Ciamik

Tak hanya IPK, menurut Alzahid, alumni Program Studi Ilmu Komputer UPER, berkat beasiswa ia juga termotivasi untuk selalu mengikuti ajang dan kejuaraan di berbagai level. “Ketika wawancara beasiswa, sebagai bentuk sumbangsih terhadap kampus yang telah memberikan beasiswa penuh, saya berjanji untuk terus mengukir prestasi,” pungkasnya.
 
Selama berkuliah di UPER, tak kurang dari 17 penghargaan pernah diraihnya. Alzahid pernah meraih Juara 3 Research and Development di ajang Indonesia Entrepreneur TIK besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ia juga berkesempatan meraih penghargaan Best Design Award, Gold Award, dan IAJ Special Award di kejuaraan World Innovation Technology Expo (WINTEX) yang diselenggarakan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA).
Dokumentasi: Alzahid Muhasabah, alumni Program Studi Ilmu Komputer UPER, saat melakukan tugas sebagai software engineer di Tokopedia, 2022.

“Capaian IPK dan prestasi di luar kampus ini merupakan modal utama bagi saya untuk memoles CV jadi lebih menarik,” ujar alumni yang juga menerima Anugerah Prestasi Bidang Inovasi & Teknologi dari Universitas Pertamina tersebut.
 
3. Dikenal Para Profesional

Selama melakukan kerja praktik dan magang di sejumlah start-up, Alzahid juga selalu mengamati dan mencontoh etos kerja para seniornya. Ketika melakukan kerja praktik di Tokopedia misalnya, Alzahid banyak belajar, berkomunikasi, dan berkonsultasi dengan para profesional di sana.
 
“Berkat saran yang diberikan oleh para profesional tersebut, sebelum benar-benar terjun ke industri, saya memperbanyak pengalaman bekerja sebagai software engineer di beberapa perusahaan. Pengalaman praktis ini membuat saya berhasil mewujudkan mimpi saya menjadi software engineer di startup unicorn, Tokopedia,” tuturnya.

Dokumentasi: Pradana Vian Prasetyo, alumni Program Studi Teknik Perminyakan UPER, saat menjalankan tugas sebagai Associate Drilling Engineer di PT Rigsis Energi Indonesia, 2022.

4. Prospek Karier Mudah Terukir

Prasetyo, alumni Program Studi Teknik Perminyakan UPER, mengutarakan, berkat capaian prestasi dan sederet kegiatan yang diikutinya selama menjadi penerima beasiswa, ia juga jadi lebih mudah dalam memetakan prospek karir masa depan.
 
“Ditambah lagi, keunggulan UPER dalam menghadirkan laboratorium dan peralatan praktikum yang mutakhir, sangat membantu saya dalam menjalankan tugas saat ini sebagai Associate Drilling Engineer di PT Rigsis Energi Indonesia,” jelasnya. [Pr]



Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved