Berita Energi
Alokasikan Capex 14%, Investasi Pertamina Dukung Transisi Energi Terbesar di Dunia

Published by: sindonews.com 15 July 2022
Di baca: 5 kali
JAKARTA - Pertamina mengalokasikan capital expenditure (capex) sebesar 14% dari total dana investasi untuk menyukseskan transisi energi. Nilai tersebut lebih tinggi 4,3% dibandingkan perusahaan energi dunia untuk mendukung pengembangan energi terbarukan. 

"Mengatasi perubahan iklim merupakan salah satu strategi sustainability Pertamina dengan target penurunan emisi 30% pada tahun 2030 atau di atas target NDC Indonesia pada tahun 2030," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam pernyataan resmi, Jumat (15/7/2022). 

Sukseskan Transisi Energi Menurut Nicke, Pertamina selama kurun waktu 2010 – 2020 telah mengurangi 6,8 juta ton CO2 Equivalent (MmtCO2E) atau sekitar 27% dari 26% baseline di 2010. 

Hal itu menjukkan bahwa transisi energi Pertamina telah direncanakan dengan baik untuk memastikan keamanan dan aksesibilitas energi masyarakat. Transisi energi merupakan kunci untuk mencegah bencana pemanasan global dan perubahan iklim. 

Namun, transisi energi ini tidak boleh mengganggu agenda pembangunan yang belum selesai di negara-negara berkembang. Apalagi, rata-rata konsumsi energi, pengeluaran emisi dan pendapatan per kapita negara-negara berkembang pada umumnya berada di bawah negara-negara maju. "Negara-negara maju harus mendukung negara-negara berkembang dalam transisi ke energi berkelanjutan jika dunia ingin memiliki peluang untuk memenuhi target pemanasan global," jelasnya. 

Intip Strategi Pembiayaannya Dia menegaskan pertamina akan mempercepat transisi energi meskipun membutuhkan teknologi dan biaya yang besar. Sebab itu, Pertamina terbuka untuk kemitraan dan kolaborasi dalam upaya mendorong inovasi dan menurunkan biaya teknologi. "Ambisi Pertamina adalah menjadi perusahaan energi global terkemuka dan bereputasi baik serta diakui sebagai perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip ESG secara terintegrasi," jelasnya.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 15 Juli 2022 - 14:53 WIB oleh Viola Triamanda dengan judul "Alokasikan Capex 14%, Investasi Pertamina Dukung Transisi Energi Terbesar di Dunia". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://ekbis.sindonews.com/read/827317/178/alokasikan-capex-14-investasi-pertamina-dukung-transisi-energi-terbesar-di-dunia-1657868862

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
- Android: https://sin.do/u/android
- iOS: https://sin.do/u/ios
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved