Berita Kampus
Adu Karya dan Prestasi Mahasiswa UPER Melalui UP-ASC 2022

Published by: Universitas Pertamina 08 December 2022
Di baca: 16 kali
Jakarta, 8 Desember 2022 - Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Universitas Pertamina menggelar UP-ASC 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Budi W. Soetjipto, PhD, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Adita Utami, S.T., M.T., selaku Manajer Pengembangan Bakat dan Organisasi Kemahasiswaan (PBOK) Universitas Pertamina, dan Mahasiswa Universitas dari berbagai program studi dan angkatan yang menjadi peserta UP-ASC 2022.

UP-ASC (Universitas Pertamina Annual Student Conference) 2022 merupakan konferensi capaian prestasi mahasiswa tingkat universitas yang telah dilakukan sepanjang tahunnya. Dengan artian, kegiatan ini merupakan ajang pameran karya yang diselenggarakan untuk mahasiswa/I Universitas Pertamina yang berprestasi di bidangnya. Tahun ini, UP-ASC 2022 dilaksanakan secara tatap muka setelah 2 tahun belakangan dilakukan secara daring.

Budi W. Soetjipto, PhD selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina membuka perhelatan tahunan tingkat universitas ini. Dalam sambutannya, ia menyampaikan , “Walaupun Universitas Pertamina baru berusia 7 tahun, tapi pencapaian dan prestasi kita tidak kalah dengan prestasi Perguruan Tinggi lainnya. Kegiatan ini harus dioptimalkan agar prestasi mahasiswa dapat (meningkat) naik dari tahun ke tahun,” jelasnya.

Setelah sambutan dan pembukaan dari Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, kegiatan selanjutnya adalah sharing session yang dipresentasikan oleh beberapa mahasiswa. Diantaranya:
1. Moch. Naufal Septifiandi, mahasiswa Teknik Perminyakan, pemenang kompetisi Halliburton AI/ML Innovation Challenge 2022. Membahas tentang ide dalam penentuan area prospek geothermal menggunakan machine learning;
2. Tim “WeCare-UP” yang terdiri dari Alya Aprimavista, Muhammad Harish, Pande Kadek Tresna Juliana, mahasiswa Teknik Elektro, membahas tentang personal assistance untuk tunanetra menggunakan aplikasi telepon pintar.
3. Pendanaan Innovilage yang dipresentasikan oleh I Wayan Darma Yasa, mahasiswa Teknik Sipil dan I Putu Krisna Adi Putra, mahasiswa Teknik Lingkungan. Keduanya membahas pengelolaan limbah upakara menjadi arang briket.

Adapun mahasiswa yang menjadi peserta UP-ASC 2022 adalah mahasiswa bidang Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan (IB), Program Kreativitas Masyarakat (PKM) Nasional, UPPC (Universitas Pertamina PKM Competition), Paper Based Project dan LIGHT UP (Program Pengabdian Kemasyarakatan Universitas Pertamina). Setelah pembukaan, tepat pukul 13.00 keempat bidang tersebut melakukan presentasi paralel dan saling beradu karya dan prestasi di tempat yang telah disediakan panitia. 

“Dari kegiatan ini kami jadi tahu bagaimana cara mendapatkan ide dengan brainstorming untuk kompetisi nasional maupun internasional. Dalam pengabdian masyarakat, kami jadi tahu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan di masyarakat,” Ujar Gigis Aris Sandi dan Olivia Gloria Setiawan, Mahasiswa Komunikasi 2020 yang merupakan tim LIGHT UP (Program Pengabdian Kemasyarakatan Universitas Pertamina) di UP-ASC 2022. [RF]
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved