BEASISWA UNIVERSITAS PERTAMINA

Pengajuan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tahun akademik 2018/2019 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2018, 2017, dan 2016 yang mendaftar dan lulus Ujian Masuk Universitas Pertamina periode Januari 2018 atau Maret 2018 (UM Gelombang 1 dan Gelombang 2), dengan prestasi akademik sangat baik namun MEMILIKI KESULITAN EKONOMI untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina.

Beasiswa diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa studi dengan evaluasi setiap tahun.

Tipe Beasiswa Ekonomi UP 2018/2019:

  • Tipe 1: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP
  • Tipe 2: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi:

  • Calon Mahasiswa mendaftar Ujian Masuk Universitas Pertamina (UM-UP) Periode Januari 2018 (Pendaftaran dibuka 18 Desember 2017) atau Periode Maret 2018 (Pendaftaran dibuka 28 Januari 2018).
  • Calon Mahasiswa melaksanakan pembayaran UM-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor ujian.
  • Calon Mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa dan mencetak kartu Ujian Masuk.
  • Calon Mahasiswa yang memilih program beasiswa ekonomi dipersilakan mengunduh serta melengkapi formulir yang tersedia di halaman ini untuk kemudian mengirimkannya melalui email ke email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc kemahasiswaan.up@gmail.com bersama berkas berikut:
  • 1. Scan (bukan foto) Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2018/2019 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000
  • 2. Scan (bukan foto) Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahantempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa)
  • 3. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK)
  • 4. Scan (bukan foto) KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa
  • 5. Scan (bukan foto) KTP kedua orang tua
  • 6. Scan (bukan foto) nilai rapor semester 1-5 yang dilegalisir (simpan dalam satu file .pdf)
  • 7. Scan (bukan foto) Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh KELURAHAN tempat calon mahasiswa tinggal
  • 8. Scan (bukan foto) bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum Ujian Masuk (bukti bayar listrik bulan Oktober, November dan Desember 2017 untuk peserta UM periode Januari, atau bukti bayar bulan Desember 2017, Januari dan Februari 2018 untuk peserta UM periode Maret 2018)
  • *Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik pra-bayar (menggunakan token), silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.
  • **Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.
  • 9. Scan(bukan foto) tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2017
  • *Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
  • 10. Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.”
  • 11. Scan(bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional)
  • 12. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa
  • Seluruh berkas disimpan dalam format .pdfdengan UKURAN MAKSIMAL SETIAP POIN BERKAS adalah 750 KB (tujuh ratus lima puluh Kilobyte). Format penamaan setiap poin berkas adalah:
  • 1. [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf.
  • 2. Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7zdan diberikan nama folder: [nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar.  UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte).
  • Calon mahasiswa membawa berkas pengajuan beasiswa nomor 1 yang ASLI (Formulir Pengajuan Beasiswa) saat pelaksanaan UM-UP periode Januari 2018 atau periode Maret 2018 dan menyerahkannya kepada petugas registrasi ulang. Kegagalan penyerahan berkas tersebut akan mengakibatkan pembatalan pengajuan beasiswa ekonomi calon mahasiswa.
  • Calon mahasiswa mengirimkan seluruh berkas pengajuan beasiswa selambat-lambatnya tanggal 26 Januari 2018 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Januari 2018 atau 9 Maret 2017 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Maret 2018 ke email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc kemahasiswaan.up@gmail.com . Kegagalan atau keterlambatan calon mahasiswa mengumpulkan berkas akan menyebabkan pengajuan beasiswatidak diproses (nama calon mahasiswa tersebut akan dicoret dari daftar pengaju Beasiswa Ekonomi UP 2018) dan menjadikan calon mahasiswa tersebut sebagai calon mahasiswa program reguler.
  • Ketidakmampuan calon mahasiswa pengaju beasiswa untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh panitia akan menyebabkan tidak diterimanya berkas pengajuan beasiswa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Panitia Seleksi Beasiswa Ekonomi UP 2018/2019 akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa ekonomi periode Januari 2018 dan Maret 2018 secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2018.

Calon Mahasiswa yang dinyatakan tidak layak mendapatkan Beasiswa Ekonomi dapat mendaftar ulang sebagai mahasiswa UP program reguler (pembayaran selambat-lambatnya dilaksanaan pada tanggal 30 Juni 2018).

Universitas Pertamina menyediakan Beasiswa Prestasi berupa pembebasan 100% dan 50% Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk 100 (seratus) peraih Nilai Terbaik pada Ujian Masuk (UM) Universitas Pertamina Periode April 2018 (Gelombang 3). Seluruh peserta Ujian Masuk Periode April 2018 berkesempatan untuk menerima Beasiswa Prestasi Hasil UM.

Timeline Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina

Angkatan 2018

No Kegiatan Tanggal
1 Pendaftaran BEUP 2018 Ujian Masuk Periode Januari 2018 18 Desember 2017 – 26 Januari 2018
2 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Periode Januari 2018 melalui email 18 Desember 2017 – 26 Januari 2018
3 Ujian Masuk UP Periode Januari 2018 dan Penyerahan Formulir Pengajuan BEUP yang asli 28 Januari 2018
4 Pengumuman Hasil UM periode Januari 2018 Pertengahan bulan Februari 2018
5 Pendaftaran BEUP 2018 Ujian Masuk Periode Maret 2018 28 Januari – 9 Maret 2018
6 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Periode Maret 2018 melalui email 28 Januari – 9 Maret 2018
7 Ujian Masuk UP Periode Maret 2018 dan Penyerahan Formulir Pengajuan BEUP yang asli 11 Maret 2018
8 Pengumuman Hasil UM periode Maret 2018 Akhir bulan Maret 2018
9 Pendaftaran Ujian Masuk Periode April 2018 11 Maret – 20 April 2018
10 Ujian Masuk Periode April 2018 22 April 2018
11 Pengumuman Hasil Ujian Masuk Periode April 2018 dan Pengumuman Penerima Beasiswa Prestasi Hasil UM Akhir bulan April 2018
12 Pengumuman Hasil Seleksi I (Seleksi Berkas Pengajuan Beasiswa)* Akhir bulan April 2018
13 Pengumuman Hasil Seleksi II (Seleksi Kelayakan Penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina 2018)** Pertengahan bulan Juni 2018
14 Pendaftaran Ulang dan Tanda tangan kontrak belajar Awal Agustus 2018

*Peserta yang lulus Ujian Masuk Periode Januari dan Maret 2018 namun tidak lulus seleksi berkas pengajuan beasiswa, harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya akhir bulan Mei 2018 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

**Peserta yang lulus seleksi berkas, namun dinyatakan tidak layak menerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina (BEUP), harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya awal bulan Juli 2018 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

    1. BEASISWA ANGKATAN 2016 DAN 2017

Salam Semangat!

Universitas Pertamina membuka kesempatan bagi mahasiswa angkatan tahun 2016 dan angkatan tahun 2017 untuk mengajukan BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GENAP 2017/2018.

Beasiswa Unggulan Semester adalah bentuk penghargaan Universitas Pertamina kepada mahasiswa dengan Prestasi akademik sangat baik setelah mahasiswa tersebut lulus seluruh mata kuliah di Semester Genap 2017/2018. Beasiswa Unggulan Semester diajukan pada akhir semester untuk pembebasan 100% SPP di semester selanjutnya. Tidak ada kontrak belajar yang harus ditandatangani oleh penerima Beasiswa Unggulan Semester. Syarat dan kelengkapan berkas pengajuan Beasiswa Unggulan Semester adalah sebagai berikut:

  1. Berkelakuan baik (tidak pernah melanggar Peraturan Akademik maupun Kode Etik Mahasiswa);
  2. Lulus semua mata kuliah dan untuk angkatan 2016 memiliki Indeks Prestasi Semester IV  tidak kurang dari 3,25 (tiga koma dua lima) tanpa Nilai D ataupun Nilai E, sedangkan untuk angkatan 2017 memiliki Indeks Prestasi Kumulatif Semester Ganjil dan Genap 2017/2018  tidak kurang dari 3,25 (tiga koma dua lima) tanpa Nilai D ataupun Nilai E. Dibuktikan dengan screenshot (tangkapan layar) transkrip dari SIUP, yang ditandatangani oleh Ketua Program Studi dan distempel menggunakan stempel fakultas.
  3. Selama satu Tahun terakhir berprestasi dalam beragam kegiatan akademik maupun non akademik di dalam maupun di luar kampus, dibuktikan dengan scan (pindaian) sertifikat prestasi atau sertifikat kepanitiaan yang diraih selama 12 (Dua Belas) bulan terakhir;
  4. Mengisi formulir pengajuan Beasiswa Unggulan Semester yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000 (formulir dapat diunduh disini);
  5. Scan (pindaian) Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku;

Prosedur pengajuan Beasiswa Unggulan Semester:

  1. Mahasiswa memindai seluruh kelengkapan berkas pengajuan beasiswa dalam format .pdf, menyimpan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: BUS GENAP 17/18_[Nama]_[NIM].
  2. Mahasiswa mengirimkan seluruh berkas pengajuan beasiswa ke email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc kemahasiswaan.up@gmail.com dengan subyek email BUS GENAP 17/18_[Nama]_[NIM] selambat-lambatnya hari Jum’at, tanggal 8 Juni 2018 pukul 20.00 WIB. Ukuran maksimal lampiran berkas adalah 3 MB (tiga Megabyte) dan berkas yang dikirimkan setelah batas waktu pengumpulan tidak akan diproses;
  3. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina akan melakukan pengecekan atas kelayakan mahasiswa tersebut menerima Beasiswa Unggulan Semester dan mengumumkan hasil seleksi selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum batas akhir pembayaran SPP Semester Ganjil 2018/2019.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GANJIL 2017/2018

Pengumpulan Berkas : 21 Mei 2018 – 08 Juni 2018 pukul 20.00 WIB

Periode Seleksi              : 21 – 30 Juni 2018

Pengumuman hasil       : 07 Juli 2018

  1. BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN UNTUK ANGKATAN 2016 DAN 2017

Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang tidak mengajukan Beasiswa ekonomi di awal perkuliahan namun memiliki kesulitan ekonomi untuk menyelesaikan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) pada masa belajarnya. Beasiswa ini dibuka setiap akhir semester Genap dan diutamakan bagi mahasiswa yang TIDAK MAMPU secara ekonomi. Beasiswa Studi Berkelanjutan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 50% SPP untuk sisa masa belajar.

Mahasiswa penerima Beasiswa Studi Berkelanjutan akan menandatangani Kontrak Belajar yang mengatur tentang hak dan kewajiban mahasiswa penerima beasiswa (nilai IPS dan IPK minimum, keharusan untuk menaati peraturan-peraturan di Universitas Pertamina, dan kewajiban lainnya). Kelayakan mahasiswa atas beasiswa ini akan ditinjau setiap semester (IPS) dan setiap akhir tahun akademik. Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina berhak menghentikan beasiswa yang diterima oleh mahasiswa jika ybs dinilai tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan dalam kontrak belajar.

Berkas pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah sebagai berikut:

 

  1.    Formulir pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan yang dilengkapi dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 (asli), formulir dapat diunduh dari laman resmi Universitas Pertamina;
  2.    Surat Keterangan Miskin (SKM) yang asli dari kelurahan tempat tinggal mahasiswa;
  3.    Cetakan transkrip per semester langsung dari SIUP atau transkrip resmi yang dicetak oleh Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan dan ditandatangani oleh Manajer Administrasi Pendidikan;
  4.    Fotokopi Kartu Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali mahasiswa (difotokopi dalam lembar yang sama);
  5.    Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  6.    Fotokopi slip gaji orang tua/wali, jika orang tua/wali bekerja sebagai petani/nelayan/pedagang atau pekerjaan lain yang tidak memiliki slip gaji, mahasiswa dapat melampirkan surat keterangan yang mencantumkan nominal penghasilan dari kelurahan (surat yang asli dengan cap dan tandatangan basah);
  7.    Fotokopi bukti pembayaran tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir (jika listrik di rumah mahasiswa menggunakan token/prabayar, mahasiswa dapat mendatangi kantor PLN terdekat untuk mencetak bukti penggunaan listrik selama tiga bulan terakhir);
  8.    Fotokopi tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat;
  9.    Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal;
  10.  Surat pernyataan tidak sedang menerima Beasiswa Ekonomi ataupun beasiswa lainnya dari UP dan tidak pernah mengalami penghentian beasiswa ekonomi karena melanggar kontrak belajar.

 

Prosedur Pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan:

  1.    Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2.    Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan (hardcopy, disusun sesuai urutan) via pos/ekspedisi lainnya atau menyerahkan langsung kepada Fungsi Pelayanan Mahasiswa di Gedung Rektorat lt.4 Universitas Pertamina. Berkas yang dikumpulkan di luar dari batas waktu yang ditentukan TIDAK AKAN DIPROSES;
  3.    Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa. Hasil seleksi akan diumumkan selambat-lambatnya 3 (tiga) minggu sebelum masa perkuliahan semester Ganjil dimulai.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Pengumpulan Berkas       : 21 Mei 2018 – 08 Juni 2018 pukul 20.00 WIB

Periode Seleksi              : 21 Juni 2018 – 16 Juli 2018

Pengumuman hasil       : 23 Juli 2018