BEASISWA UNIVERSITAS PERTAMINA

Pengajuan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tahun akademik 2019/2020 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2019, 2018, dan 2017 yang mendaftar dan lulus Ujian Masuk Universitas Pertamina periode Januari 2019 atau Maret 2019 (UM Gelombang 1 dan Gelombang 2), dengan prestasi akademik sangat baik namun MEMILIKI KESULITAN EKONOMI untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina.

Beasiswa diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa studi dengan evaluasi setiap tahun.

Tipe Beasiswa Ekonomi UP 2019/2020:

  • Tipe 1: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP
  • Tipe 2: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP

 

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi:

  • Calon Mahasiswa mendaftar Ujian Masuk Universitas Pertamina (UM-UP) Periode Januari 2019 (Pendaftaran dibuka 10 Desember 2018) atau Periode Maret 2019 (Pendaftaran dibuka 21 Januari 2019).
  • Calon Mahasiswa melaksanakan pembayaran UM-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor ujian.
  • Calon Mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa dan mencetak kartu Ujian Masuk.
  • Calon Mahasiswa yang memilih program beasiswa ekonomi dipersilakan mengunduh serta melengkapi formulir yang tersedia di halaman ini untuk kemudian mengirimkannya melalui email ke alamat : beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc kemahasiswaan.up@gmail.com bersama berkas berikut:
  1. Scan (bukan foto) Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2019/2020 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000. Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP dapat diunduh di bagian paling bawah Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi;
  2. Scan (bukan foto) Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa);
  3. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK);
  4. Scan (bukan foto) KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa;
  5. Scan (bukan foto) KTP kedua orang tua;
  6. Scan (bukan foto) nilai rapor semester 1-5 yang dilegalisir (simpan dalam satu file .pdf);
  7. Scan (bukan foto) Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh KELURAHAN tempat calon mahasiswa tinggal;
  8. Scan (bukan foto) bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum Ujian Masuk (bukti bayar listrik bulan Oktober, November dan Desember 2018 untuk peserta UM periode Januari, atau bukti bayar bulan Desember 2018, Januari dan Februari 2019 untuk peserta UM periode Maret 2019);
    *Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik pra-bayar (menggunakan token), silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.**Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.
  9. Scan (bukan foto) tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2018;
    *Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
  10. Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.”;
  11. Scan (bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional); dan
  12. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa
  • Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf dengan UKURAN MAKSIMAL SETIAP POIN BERKAS adalah 750 KB (tujuh ratus lima puluh Kilobyte). Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] | contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf.

Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: [nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar.  UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte).

  • Calon mahasiswa mengirimkan seluruh berkas pengajuan beasiswa selambat-lambatnya tanggal 19 Januari 2019 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Januari 2019 atau 23 Maret 2019 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Maret 2019 ke email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc kemahasiswaan.up@gmail.com. Kegagalan atau keterlambatan calon mahasiswa mengumpulkan berkas akan menyebabkan pengajuan beasiswa tidak diproses (nama calon mahasiswa tersebut akan dicoret dari daftar pengaju Beasiswa Ekonomi UP 2019/2020) dan menjadikan calon mahasiswa tersebut sebagai calon mahasiswa program reguler.
  • Ketidakmampuan calon mahasiswa pengaju beasiswa untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh panitia akan menyebabkan tidak diterimanya berkas pengajuan beasiswa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Panitia Seleksi Beasiswa Ekonomi UP 2019/2020 akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa ekonomi periode Januari 2019 dan Maret 2019 secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2019.

Calon Mahasiswa yang dinyatakan tidak layak mendapatkan Beasiswa Ekonomi dapat mendaftar ulang sebagai mahasiswa UP program reguler (pembayaran selambat-lambatnya dilaksanaan pada tanggal 30 Juni 2019).

Universitas Pertamina menyediakan Beasiswa Prestasi berupa pembebasan 100% dan 50% Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk 100 (seratus) peraih Nilai Terbaik pada Ujian Masuk (UM) Universitas Pertamina Periode Mei 2019 (Gelombang 3). Seluruh peserta Ujian Masuk Periode Mei 2019 berkesempatan untuk menerima Beasiswa Prestasi Hasil UM.

Timeline Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina

Angkatan 2019

No Kegiatan Tanggal
1 Pendaftaran BEUP 2019 Ujian Masuk Periode Januari 2019 10 Desember 2018 – 18 Januari 2019
2 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Periode Januari 2019 melalui email 10 Desember 2018 – 19 Januari 2019
3 Ujian Masuk UP Periode Januari 2019 20 Januari 2019
4 Pengumuman Hasil UM periode Januari 2019 28 Januari 2019
5 Pendaftaran BEUP 2019 Ujian Masuk Periode Maret 2019 21 Januari – 22 Maret 2019
6 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Periode Maret 2019 melalui email 21 Januari – 23 Maret 2019
7 Ujian Masuk UP Periode Maret 2019 24 Maret 2019
8 Pengumuman Hasil UM periode Maret 2019 1 April 2019
9 Pendaftaran Ujian Masuk Periode Mei 2019 25 Maret – Mei 2019
10 Ujian Masuk Periode Mei 2019  5 Mei 2019
11 Pengumuman Hasil Ujian Masuk Periode Mei 2019 dan Pengumuman Penerima Beasiswa Prestasi Hasil UM Minggu Kedua Mei 2019
12 Pengumuman Hasil Seleksi I (Seleksi Berkas Pengajuan Beasiswa)* Minggu Kedua Mei 2019
13 Pengumuman Hasil Seleksi II (Seleksi Kelayakan Penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina 2019)** Pertengahan bulan Juni 2019
14 Pendaftaran Ulang dan Tanda tangan kontrak belajar Awal Agustus 2019

*Peserta yang lulus Ujian Masuk Periode Januari dan Maret 2019 namun tidak lulus seleksi berkas pengajuan beasiswa, harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya akhir bulan Juni 2019 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

**Peserta yang lulus seleksi berkas, namun dinyatakan tidak layak menerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina (BEUP), harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya Pertengahan Juli 2019 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

    1. BEASISWA ANGKATAN 2016, 2017, DAN 2018

Salam Semangat!

Universitas Pertamina membuka kesempatan bagi mahasiswa angkatan tahun 2016, 2017 dan 2018 untuk mengajukan BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GENAP 2018/2019.

Beasiswa Unggulan Semester adalah bentuk penghargaan Universitas Pertamina kepada mahasiswa dengan Prestasi akademik sangat baik pada tahun akademik 2018/2019. Beasiswa Unggulan Semester diajukan pada akhir semester untuk pembebasan 100% SPP di semester selanjutnya. Tidak ada kontrak belajar yang harus ditandatangani oleh penerima Beasiswa Unggulan Semester.

Syarat pengajuan Beasiswa Unggulan Semester adalah sebagai berikut:

  1. Lulus semua mata kuliah tanpa nilai D dan E :
    • Untuk angkatan 2016, IP Semester VI (enam) diatas 3,25
    • Untuk angkatan 2017, IP Semester IV (empat) diatas 3,25
    • Untuk angkatan 2018, IPK tahun akademik 2018/2019 diatas 3,25
  2. Berkelakuan baik (tidak pernah melanggar Peraturan Akademik maupun Kode Etik Mahasiswa);
  3. Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler;

Prosedur pengajuan Beasiswa Unggulan Semester:

  1. Mahasiswa mengajukan Beasiswa Unggulan Semester melalui akun SIUP masing-masing;
  2. Dosen Wali dan Ketua Program Studi memberikan persetujuan atas pengajuan Beasiswa Unggulan Semester tersebut;
  3. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina akan melakukan pengecekan atas kelayakan mahasiswa tersebut menerima Beasiswa Unggulan Semester dan mengumumkan hasil seleksi 2 pekan sebelum batas pembayaran SPP (Batas akhir pembayaran SPP Semester Ganjil 2019/2020 adalah 31 Juli 2019).

 

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GENAP 2018/2019

Pengajuan oleh Mahasiswa                     : 10 Juni 2019 – 21 Juni 2019 pukul 17.00 WIB

Persetujuan Dosen Wali dan Kaprodi     : 10 Juni 2019 – 30 Juni 2019

Pengumuman                                             : 15 Juli 2019

  1. BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN UNTUK ANGKATAN 2016, 2017, DAN 2018

Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang tidak mengajukan Beasiswa ekonomi di awal perkuliahan namun memiliki kesulitan ekonomi untuk menyelesaikan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) pada masa belajarnya. Beasiswa ini dibuka setiap akhir semester Genap dan diutamakan bagi mahasiswa yang TIDAK MAMPU secara ekonomi. Beasiswa Studi Berkelanjutan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 50% SPP untuk sisa masa belajar.

Mahasiswa penerima Beasiswa Studi Berkelanjutan akan menandatangani Kontrak Belajar yang mengatur tentang hak dan kewajiban mahasiswa penerima beasiswa (nilai IPS dan IPK minimum, keharusan untuk menaati peraturan-peraturan di Universitas Pertamina, dan kewajiban lainnya). Kelayakan mahasiswa atas beasiswa ini akan ditinjau setiap semester (IPS) dan setiap akhir tahun akademik. Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina berhak menghentikan beasiswa yang diterima oleh mahasiswa jika ybs dinilai tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan dalam kontrak belajar.

Berkas pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah sebagai berikut:

 

  1.    Formulir pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan yang dilengkapi dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 (asli), formulir dapat diunduh dari laman resmi Universitas Pertamina;
  2.    Surat Keterangan Miskin (SKM) yang asli dari kelurahan tempat tinggal mahasiswa;
  3.    Cetakan transkrip per semester langsung dari SIUP atau transkrip resmi yang dicetak oleh Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan dan ditandatangani oleh Manajer Administrasi Pendidikan;
  4.    Fotokopi Kartu Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali mahasiswa (difotokopi dalam lembar yang sama);
  5.    Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  6.    Fotokopi slip gaji orang tua/wali, jika orang tua/wali bekerja sebagai petani/nelayan/pedagang atau pekerjaan lain yang tidak memiliki slip gaji, mahasiswa dapat melampirkan surat keterangan yang mencantumkan nominal penghasilan dari kelurahan (surat yang asli dengan cap dan tandatangan basah);
  7.    Fotokopi bukti pembayaran tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir (jika listrik di rumah mahasiswa menggunakan token/prabayar, mahasiswa dapat mendatangi kantor PLN terdekat untuk mencetak bukti penggunaan listrik selama tiga bulan terakhir);
  8.    Fotokopi tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat;
  9.    Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal;
  10.  Surat pernyataan tidak sedang menerima Beasiswa Ekonomi ataupun beasiswa lainnya dari UP dan tidak pernah mengalami penghentian beasiswa ekonomi karena melanggar kontrak belajar.

 

Prosedur Pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan:

  1.    Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2.    Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan (hardcopy, disusun sesuai urutan) via pos/ekspedisi lainnya atau menyerahkan langsung kepada Fungsi Pelayanan Mahasiswa di Gedung Rektorat lt.4 Universitas Pertamina. Berkas yang dikumpulkan di luar dari batas waktu yang ditentukan TIDAK AKAN DIPROSES;
  3.    Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa. Hasil seleksi akan diumumkan selambat-lambatnya 3 (tiga) minggu sebelum masa perkuliahan semester Ganjil dimulai.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Pengumpulan Berkas       : 21 Mei 2019 – 17 Juni 2019 pukul 16.30 WIB

Periode Seleksi              : 24 Juni 2019 – 15 Juli 2019

Pengumuman hasil       : 22 Juli 2019

Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina terbentuk pada tanggal 01 September 2018, dengan visi menjembatani antara mahasiswa dan kampus untuk kelancaran studi mahasiswa. Salah satu bentuk penerjemahan visi tersebut adalah berupa pemberian beasiswa bantuan belajar kepada mahasiswa Universitas Pertamina. Beasiswa Bantuan Belajar IOM Universitas Pertamina Semester Genap tahun akademik 2018/2019  adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Angkatan 2016, 2017 & 2018 Universitas Pertamina yang kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi. Beasiswa diberikan kepada 15 mahasiswa terpilih dengan bantuan belajar sebesar Rp 2.000.000,-.

 

Syarat-syarat pengajuan Beasiswa IOM Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran yang telah dilengkapi dan ditandatangani diatas materai 6000. Formulir dapat diunduh di bagian bawah pengumuman ini.
  2. Surat Keterangan Tidak Sedang Menerima Beasiswa dari pihak lain.
  3. Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir atau surat keterangan penghasilan dari kelurahan (pendapatan orangtua kurang dari Rp 5.000.000,- per bulan).
  4. Fotokopi rekening listrik 3 bulan terakhir.
  5. Transkrip Nilai terbaru yang ditandatangani Ketua Program Studi dan distempel Fakultas.

   IPK Minimum 2,80 untuk mahasiswa di program studi Ilmu Eksakta dan Teknik.

   IPK Minimum 3,00 untuk mahasiswa di program studi Ilmu Sosial.

Prosedur Pengajuan Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina:

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan (hardcopy) kepada Fungsi Pelayanan Mahasiswa di Gedung Rektorat Lantai 4 Universitas Pertamina. Berkas yang dikumpulkan diluar batas waktu yang telah ditentukan TIDAK AKAN DIPROSES.

 

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA BANTUAN BELAJAR IOM UNIVERSITAS PERTAMINA

Pengumpulan Berkas     : 1 April 2019 – 11 April 2019

Periode Seleksi                : 12 April 2019 – 25 April 2019

Pengumuman Hasil        : 26 April 2019