BEASISWA UNIVERSITAS PERTAMINA

TIMELINE PENDAFTARAN DAN SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAMINA

ANGKATAN 2020

No Kegiatan Tanggal
1 Pendaftaran BEUP 2020 Ujian Masuk Periode Januari 2020 02 Desember 2019 – 19 Januari 2020
2 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Periode Januari 2020 melalui email 02 Desember 2018 – 19 Januari 2020
3 Ujian Masuk UP Periode Januari 2020 26 Januari 2020
4 Pengumuman Hasil UM periode Januari 2020 03 Februari 2020
5 Pendaftaran BEUP 2020 Ujian Masuk Periode Maret 2020 27 Januari – 28 Februari 2020
6 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Periode Maret 2020 melalui email 27 Januari – 28 Februari 2020
7 Ujian Masuk UP Periode Maret 2020 08 Maret 2020
8 Pengumuman Hasil UM periode Maret 2020 16 Maret 2020
9 Pendaftaran Ujian Masuk Periode April 2020 09 Maret – 17 April 2020
10 Ujian Masuk Periode April 2020  19 April 2020
11 Pengumuman Hasil Ujian Masuk Periode April 2020 dan Pengumuman Penerima Beasiswa Prestasi Hasil UM  27 April 2020
12 Pengumuman Hasil Seleksi I (Seleksi Berkas Pengajuan Beasiswa)* Minggu Kedua Mei 2020
13 Pengumuman Hasil Seleksi II (Seleksi Kelayakan Penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina 2020)** Pertengahan bulan Juni 2020
14 Pendaftaran Ulang dan Tanda tangan kontrak belajar Awal Agustus 2020

*Peserta yang lulus Ujian Masuk Periode Januari dan Maret 2020 namun tidak lulus seleksi berkas pengajuan beasiswa, harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya akhir bulan Juni 2020 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

**Peserta yang lulus seleksi berkas, namun dinyatakan tidak layak menerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina (BEUP), harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya Pertengahan Juli 2020 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

Pengajuan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tahun akademik 2020/2021 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018 yang mendaftar dan lulus Ujian Masuk Universitas Pertamina periode Januari 2020 atau Maret 2020 (UM Gelombang 1 dan Gelombang 2), dengan prestasi akademik sangat baik namun MEMILIKI KESULITAN EKONOMI untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina.

Beasiswa diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa studi dengan evaluasi setiap tahun.

Tipe Beasiswa Ekonomi UP 2020/2021:

  • Tipe 1: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP
  • Tipe 2: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP

 

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi:

  • Calon Mahasiswa mendaftar Ujian Masuk Universitas Pertamina (UM-UP) Periode Januari 2020 (Pendaftaran dibuka 02 Desember 2019) atau Periode Maret 2020 (Pendaftaran dibuka 27 Januari 2020).
  • Calon Mahasiswa melaksanakan pembayaran UM-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor ujian.
  • Calon Mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa dan mencetak kartu Ujian Masuk.
  • Calon Mahasiswa yang memilih program beasiswa ekonomi dipersilakan mengunduh serta melengkapi formulir yang tersedia di halaman ini untuk kemudian mengirimkannya melalui email ke alamat : beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com bersama berkas berikut:
  1. Scan (bukan foto) Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2020/2021 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000. Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP dapat diunduh di bagian paling bawah Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi;
  2. Scan (bukan foto) Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa);
  3. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK);
  4. Scan (bukan foto) KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa;
  5. Scan (bukan foto) KTP kedua orang tua;
  6. Scan (bukan foto) nilai rapor semester 1-5 yang dilegalisir (simpan dalam satu file .pdf);
  7. Scan (bukan foto) Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh KELURAHAN tempat calon mahasiswa tinggal;
  8. Scan (bukan foto) bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum Ujian Masuk (bukti bayar listrik bulan Oktober, November dan Desember 2019 untuk peserta UM periode Januari, atau bukti bayar bulan Desember 2019, Januari dan Februari 2020 untuk peserta UM periode Maret 2020);
    *Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik pra-bayar (menggunakan token), silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.**Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.
  9. Scan (bukan foto) tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2019;
    *Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
  10. Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.”;
  11. Scan (bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional); dan
  12. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa
  • Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf dengan UKURAN MAKSIMAL SETIAP POIN BERKAS adalah 750 KB (tujuh ratus lima puluh Kilobyte). Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] | contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf.

Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: [nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar.  UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte).

  • Calon mahasiswa mengirimkan seluruh berkas pengajuan beasiswa selambat-lambatnya tanggal 19 Januari 2020 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Januari 2020 atau 28 Februari 2020 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Maret 2020 ke email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com. Kegagalan atau keterlambatan calon mahasiswa mengumpulkan berkas akan menyebabkan pengajuan beasiswa tidak diproses (nama calon mahasiswa tersebut akan dicoret dari daftar pengaju Beasiswa Ekonomi UP 2020/2021) dan menjadikan calon mahasiswa tersebut sebagai calon mahasiswa program reguler.
  • Ketidakmampuan calon mahasiswa pengaju beasiswa untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh panitia akan menyebabkan tidak diterimanya berkas pengajuan beasiswa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Panitia Seleksi Beasiswa Ekonomi UP 2020/2021 akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa ekonomi periode Januari 2020 dan Maret 2020 secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2020.

Calon Mahasiswa yang dinyatakan tidak layak mendapatkan Beasiswa Ekonomi dapat mendaftar ulang sebagai mahasiswa UP program reguler (pembayaran selambat-lambatnya dilaksanaan pada tanggal 30 Juni 2020).

Universitas Pertamina menyediakan Beasiswa Prestasi berupa pembebasan 100% dan 50% Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk 100 (seratus) peraih Nilai Terbaik pada Ujian Masuk (UM) Universitas Pertamina Periode April 2020 (Gelombang 3). Seluruh peserta Ujian Masuk Periode April 2020 berkesempatan untuk menerima Beasiswa Prestasi Hasil UM.

 

Salam Semangat!

Universitas Pertamina membuka kesempatan bagi mahasiswa angkatan tahun 2017, 2018 dan 2019 untuk mengajukan BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GENAP 2019/2020.

Beasiswa Unggulan Semester adalah bentuk penghargaan Universitas Pertamina kepada mahasiswa dengan Prestasi akademik sangat baik pada Semester Genap tahun akademik 2019/2020. Beasiswa Unggulan Semester diajukan pada akhir semester untuk pembebasan 100% SPP di semester selanjutnya. Tidak ada kontrak belajar yang harus ditandatangani oleh penerima Beasiswa Unggulan Semester.

Syarat pengajuan Beasiswa Unggulan Semester adalah sebagai berikut:

  1. Lulus semua mata kuliah tanpa nilai D dan E :
    1. Untuk angkatan 2017, IP Semester VI (enam) diatas 3,25
    2. Untuk angkatan 2018, IP Semester IV (empat) diatas 3,25
    3. Untuk angkatan 2019, IP Semester II (dua) diatas 3,25
  2. Berkelakuan baik (tidak pernah melanggar Peraturan Akademik maupun Kode Etik Mahasiswa);
  3. Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler;

Prosedur pengajuan Beasiswa Unggulan Semester:

  1. Mahasiswa mengajukan Beasiswa Unggulan Semester melalui akun SIUP masing-masing;
  2. Dosen Wali dan Ketua Program Studi memberikan persetujuan atas pengajuan Beasiswa Unggulan Semester tersebut;
  3. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina akan melakukan pengecekan atas kelayakan mahasiswa tersebut menerima Beasiswa Unggulan Semester dan mengumumkan hasil seleksi 2 (dua) pekan sebelum batas pembayaran SPP.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GENAP 2019/2020

Pengajuan oleh Mahasiswa                   :  24 Juli 2020 pukul 21.00 WIB

Persetujuan Dosen Wali dan Kaprodi   : 24 – 31 Juli 2020

Pengumuman                                           : 05 Agustus 2020

Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang tidak mengajukan Beasiswa ekonomi di awal perkuliahan namun memiliki kesulitan ekonomi untuk menyelesaikan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) pada masa belajarnya. Beasiswa ini dibuka setiap akhir semester Genap dan diutamakan bagi mahasiswa yang TIDAK MAMPU secara ekonomi. Beasiswa Studi Berkelanjutan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 50% SPP untuk sisa masa belajar.

Mahasiswa penerima Beasiswa Studi Berkelanjutan akan menandatangani Kontrak Belajar yang mengatur tentang hak dan kewajiban mahasiswa penerima beasiswa (nilai IPS dan IPK minimum, keharusan untuk menaati peraturan-peraturan di Universitas Pertamina, dan kewajiban lainnya). Kelayakan mahasiswa atas beasiswa ini akan ditinjau setiap semester (IPS) dan setiap akhir tahun akademik. Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina berhak menghentikan beasiswa yang diterima oleh mahasiswa jika ybs dinilai tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan dalam kontrak belajar.

Berkas pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah sebagai berikut:

  1.    Formulir pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan yang dilengkapi dan ditandatangani di atas
    materai Rp 6.000 (asli), formulir dapat diunduh dari laman resmi Universitas Pertamina;
  2.    Surat Keterangan Miskin (SKM) yang asli dari kelurahan tempat tinggal mahasiswa;
  3.    Cetakan transkrip nilai dari SIUP;
  4.    Scan Kartu Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali mahasiswa
       (difotokopi dalam lembar yang sama);
  5.    Scan Kartu Keluarga (KK);
  6.    Scan slip gaji orang tua/wali, jika orang tua/wali bekerja sebagai petani/nelayan/pedagang atau pekerjaan lain yang tidak memiliki slip gaji, mahasiswa dapat melampirkan surat keterangan yang mencantumkan nominal penghasilan dari kelurahan (surat yang asli dengan cap dan tandatangan basah);
  7.    Scan bukti pembayaran tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir (jika listrik di rumah mahasiswa menggunakan token/prabayar, mahasiswa dapat mendatangi kantor PLN terdekat untuk mencetak bukti penggunaan listrik selama tiga bulan terakhir);
  8.    Scan tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat;
  9.    Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal;
  10.    Surat pernyataan tidak sedang menerima Beasiswa Ekonomi ataupun beasiswa lainnya dari UP dan tidak pernah mengalami penghentian beasiswa ekonomi karena melanggar kontrak belajar.

Prosedur Pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan:

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf. Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama mahasiswa]_[NIM], contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_102218003.pdf;
  3. Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 (satu) folder dan dicompress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: BSB_[nama mahasiswa]_[NIM] contoh: BSB_Jimmy Hendrik_102217003.rar. UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte);
  4. Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan via email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beaiswa.up@gmail.com dengan Subjek Email BSB_Jimmy Hendrik_102217003. Maksimal pengiriman berkas 24 Juli 2020 Pukul 21.00 WIB;
  5. Apabila proses serta berkas yang diajukan tidak memenuhi ketentuan atau prosedur yang telah diinformasikan, Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina berhak untuk tidak memproses berkas pengajuan yang telah diajukan oleh mahasiswa;
  6. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Pengumpulan Berkas   :  24 Juli 2020 pukul 21.00 WIB

Periode Seleksi              : 24 – 31 Juli 2020

Pengumuman hasil       : 05 Agustus 2020

Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina

Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina terbentuk pada tanggal 01 September 2018, dengan visi menjembatani antara mahasiswa dan kampus untuk kelancaran studi mahasiswa. Salah satu bentuk penerjemahan visi tersebut adalah berupa pemberian beasiswa bantuan belajar kepada mahasiswa Universitas Pertamina. Beasiswa Bantuan Belajar IOM Universitas Pertamina Semester Ganjil tahun akademik 2019/2020  adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pertamina yang kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi. Beasiswa diberikan kepada 15 mahasiswa terpilih dengan bantuan belajar sebesar Rp 2.000.000,-.

Syarat-syarat pengajuan Beasiswa Bantuan Belajar IOM Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai 6000. Formulir dapat diunduh di bagian bawah pengumuman ini.
  2. Surat Keterangan Tidak Sedang Menerima Beasiswa dari pihak lain.
  3. Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir atau surat keterangan penghasilan dari kelurahan (penghasilan kedua orangtua maksimal Rp 5.000.000,- per bulan).
  4. Fotokopi rekening listrik 3 bulan terakhir.
  5. Transkrip Nilai terbaru yang ditandatangani Ketua Program Studi dan distempel Fakultas.

IPK Minimum 2,80 untuk mahasiswa di program studi Saintek.

IPK Minimum 3,00 untuk mahasiswa di program studi Soshum.

Prosedur Pengajuan Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina:

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan (hardcopy) ke Fungsi Pelayanan Mahasiswa kepada Bapak Ferriyansyah di ruang Direktorat Kemahasiswaan Gd. Rektorat Lantai 1. Berkas yang dikumpulkan diluar batas waktu yang telah ditentukan TIDAK AKAN DIPROSES.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA BANTUAN BELAJAR IOM UNIVERSITAS PERTAMINA

Pengumpulan Berkas : 16 Desember 2019 – 31 Januari 2020

Periode Seleksi : 03 Februari 2020 – 05 Februari 2020

Pengumuman Hasil : 07 Februari 2020

BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI 2020

PF Prestasi adalah salah satu bentuk komitmen PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreatifitas, inovasi, dan teknologi. Salah satu bentuk dukungan untuk kemajuan di bidang pedidikan diberikan beasiswa S1 untuk putra-putri terbaik di seluruh Indonesia.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 merupakan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan mengikuti pendidikan di kampus mitra Pertamina Foundation. Pertimbangan khusus diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan khusus pada tahun 2020 dengan kondisi wabah pandemik covid-19 diberikan prioritas bagi mahasiswa yang terdampak virus corona.

Bantuan beasiswa diberikan mulai bulan Januari s/d Desember tahun 2020. Komponen beasiswa meliputi bantuan biaya pendidikan SPP per-Semester dengan besaran Rp4.000.000 dan bantuan biaya hidup Rp500.000 per-bulan. Penerima beasiswa berkewajiban untuk mengikuti kegiatan capacity building dan Aksi Sobat Bumi yang bertujuan untuk meningkatkan softskill dan kegiatan pelestarian lingkungan yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation. Menyikapi kondisi saat ini dan apabila sampai dengan Bulan September 2020 masih terdampak dengan Covid-19, maka kegiatan CB akan diganti dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas secara online dengan materi mengenai Leadership, Keterampilan Social Preneur, dan melibatkan narasumber maestro (ahli), praktisi, dan disiapkan modul-modul secara online beserta penugasannya.

Universitas Pertamina merupakan salah satu kampus mitra Pertamina Foundation untuk program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020. Berikut adalah informasi lengkap terkait program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020.

A. Syarat Calon Penerima Beasiswa

  1. Mahasiswa Aktif Universitas Pertamina yang sedang menempuh Semester IV
  2. IPK sampai semester III adalah > 3,0 dalam skala 4
  3. Aktif berpartisipasi dalam organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  5. Membuat karya tulis, dengan tema: “Aksi Kreatif Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Covid-19”. Ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5.
  6. Tidak pernah melanggar Peraturan Akademik ataupun Kode Etik Universitas Pertamina.

B. Tahapan Seleksi Peserta Beasiswa

1. Pendaftaran Beasiswa secara online

  1. Mahasiswa melakukan pendaftaran secara langsung pada aplikasi berbasis web di laman beasiswa.pertaminafoundation.org dengan tahapan sebagai berikut:
  • Registrasi akun;
  • Mengisi form di aplikasi berbasis web;
  • Submit dokumen dan karya tulis dengan tema “Aksi Kreatif Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Covid-19”
  1. Pemberitahuan lolos/tidak lolos dan jadwal tahapan seleksi wawancara (video conference/ teleconference) melalui website PF, akun dan email pendaftar beasiswa.

TIMELINE BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI

  1. Pendaftaran secara online:18 April – 2 Mei 2020 melalui aplikasi berbasis web online;
  2. Seleksi wawancara: 11 – 19 Mei 2020.
  3. Pengumuman: Juni 2020

 2. Seleksi Administrasi

PF melakukan seleksi administrasi bagi pendaftar beasiswa dengan aplikasi berbasis web. Hasil seleksi administrasi akan diberitahukan langsung secara online pada akun pendaftar beasiswa, dan surat pemberitahuan kepada mitra perguruan tinggi terkait.

3. Seleksi Wawancara

Wawancara akan dilaksanakan secara video conference (menggunakan aplikasi zoom meeting atau videocall whatsapp). Dalam hal video conference terkendala, maka akan dilakukan secara teleconference (group telephone). Tim Wawancara, terdiri dari:

1) Pertamina Foundation;

2) Perwakilan Universitas Pertamina, dan

3) Perwakilan PT. Pertamina (Persero),

– Materi penilaian, meliputi antara lain: Visi; Inovasi; Karya; Kepemimpinan; Komitmen; Organisasi; Prestasi; Validasi data; dan Pengetahuan Umum;

– Durasi waktu: masing-masing peserta wawancara dialokasikan waktu maksimal 20 menit;

– Akan diberikan subsidi/bantuan pembelian paket pulsa kepada peserta wawancara sejumlah Rp50.000,00. Subsidi diberikan setelah proses wawancara melalui transfer tunai atau pulsa sesuai dengan kebijakan PF.

4. Daftar Ulang/Registrasi Penerima Beasiswa

Setelah pengumuman penerima beasiswa melalui media publikasi resmi, penerima beasiswa diwajibkan untuk registrasi yaitu dengan mengunggah:

  1. Dokumen-dokumen kemahasiswaan;
  2. Dokumen untuk keperluan pembayaran;
  3. Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Beasiswa dengan motede submit approved virtual SPK.

Bagi penerima beasiswa yang tidak melakukan daftar ulang sampai tenggang waktu yang telah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri dari penerima beasiswa. Dalam kondisi tersebut, maka penerima beasiswa akan digantikan oleh urutan rangking berikutnya (cadangan calon penerima beasiswa yang telah lolos seleksi wawancara).

Beasiswa Keringanan SPP Terdampak Pandemi COVID-19 adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mengalami hambatan dalam pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) semester karena kondisi ekonomi keluarganya terdampak COVID-19. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 25% SPP.

Berkas pengajuan Beasiswa karena terdampak Pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pengajuan Beasiswa Keringanan SPP Terdapak Pandemi Covid 19 yang dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000 (asli), formulir dapat diunduh dari laman resmi Universitas Pertamina;
  2. Melampirkan scan slip gaji orangtua/wali bulan Mei 2020 atau Juni 2020. Jika kedua orangtua mahasiswa bekerja, maka lampirkan slip gaji keduanya atau Slip gaji bulan terakhir orangtua/wali yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau Surat Keterangan Penghasilan yang mencantumkan nominal penghasilan dari kelurahan setempat (surat yang asli dengan cap dan tandatangan basah);
  3. Scan Surat Keterangan Pensiun/Purna Karya (bagi orangtua mahasiswa yang telah pensiun) atau Surat Pemutusan Hubungan Kerja (bagi orangtua mahasiswa yang mengalami PHK);
  4. Scan Kartu Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali mahasiswa;
  5. Scan Kartu Keluarga (KK);
  6. Scan bukti pembayaran tagihan listrik bulan terakhir (jika listrik di rumah mahasiswa menggunakan token/prabayar, silahkan melampirkan bukti pembelian selama 1 bulan terakhir. Jika mahasiswa tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, lampirkan fotokopi rekening listrik pemilik rumah serta mencantumkan nomor IDPEL PLN rumah tsb.

Prosedur Pengajuan Beasiswa

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf. Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama mahasiswa]_[NIM], contoh: [02]_Slip Gaji_Jimmy Hendrik_102218003.pdf;
  3. Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 (satu) folder dan dicompress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: COVID19_[nama mahasiswa]_[NIM] contoh: COVID19_Jimmy Hendrik_102217003.rar. UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte);
  4. Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan via email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com dengan Subjek Email COVID19_Jimmy Hendrik_102217003. Maksimal pengiriman berkas 31 Juli 2020 Pukul 21.00 WIB;
  5. Apabila proses serta berkas yang diajukan tidak memenuhi ketentuan atau prosedur yang telah diinformasikan, Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina berhak untuk tidak memproses berkas pengajuan yang telah diajukan oleh mahasiswa;
  6. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa.

TIMELINE Beasiswa Keringanan Spp Terdampak Pandemi COVID-19

Pengumpulan Berkas   : 8 – 31 Juli 2020 pukul 21.00 WIB

Periode Seleksi              :  1 – 4 Agustus 2020

Pengumuman hasil       : 5 Agustus 2020

FAQ Pengajuan Beasiswa Unggulan Semester (BUS), Beasiswa Studi Berkelanjutan (BSB) dan Beasiswa Keringanan SPP karena Pandemi COVID-19 (BCOV)

 

Q: Kapankah periode pengajuan BUS Genap 2019/2020, BSB 2019/2020 dan BCOV berlangsung?

A: Pengajuan BUS melalui akun SIUP masing-masing mahasiswa dapat dilakukan hingga tanggal 24 Juli 2020, sementara persetujuan Dosen Wali dan Kaprodi dapat diberikan hingga tanggal 31 Juli 2020. Begitupun pengajuan BSB dan BCOV, pengiriman dokumen melalui email dapat dilaksanakan hingga tanggal 31 Juli 2020 pukul 20.59 WIB.

 

Q: Apa saja faktor yang dinilai dalam Seleksi BUS?

A: Yang menjadi pertimbangan utama untuk menerima BUS adalah Indeks Prestasi Semester (IPS), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Penilaian Ekstrakurikuler Mahasiswa (PEM) serta rekam jejak di Online Disciplinary System (ODS).

 

Q: Saya terkendala untuk unggah bukti kepesertaan lomba/kegiatan dan keaktifan organisasi di SIUP untuk mengurus PEM, apa yang harus saya lakukan?

A: Sistem konversi nilai PEM di SIUP masih dalam tahap penyempurnaan. Jika masih terkendala, silakan cek Panduan PEM yang dibagikan oleh Fungsi PBOK melalui Ketua HMPS masing-masing atau dapat diunduh disini.

 

Q: Mengapa saya gagal mendaftar BUS di SIUP dan tertulis “Masa Pendaftaran Beasiswa Telah Berakhir?”

A: Hal tersebut disebabkan oleh ketidaksesuaian term akademik aktif di program studi. Silakan mengirimkan email ke akademik@universitaspertamina.ac.id atau kontak admin fakultas masing-masing.

 

Q: Saya belum menerima Beasiswa apapun dari UP, apakah saya diizinkan untuk secara simultan mengajukan BUS, BSB dan BCOV?

A: Silakan saja, kami akan prioritaskan beasiswa untuk mereka yang memang sangat membutuhkan. Masing-masing beasiswa juga memiliki faktor penilaian yang berbeda.

 

Q: Apa perbedaan antara BSB dan BCOV?

A: BSB dan BCOV diberikan kepada mahasiswa yang terkendala secara ekonomi untuk melanjutkan perkuliahan. BSB memberikan potongan SPP 50% dan mahasiswa yang diutamakan adalah mereka yang memiliki kendala ekonomi (dibuktikan dengan SKTM) dengan prestasi akademik cukup bagus (IPK di atas 2.5 tanpa nilai D/E). Penerima BSB akan menandatangani kontrak belajar yang berisi hak dan kewajiban hingga masa studi berakhir (semester 7 atau 8). Kelayakan penerima BSB dievaluasi setiap akhir tahun akademik. Sementara BCOV memberikan beasiswa potongan SPP 25% untuk maksimal 1 (satu) tahun akademik saja (2020/2021). Penerima BCOV tidak perlu menandatangani kontrak belajar.

 

Q: Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) saya tertinggal di kos, padahal KTM adalah salah satu syarat pengajuan beasiswa, apa yang harus saya lakukan?

A: Ajukan pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa (SKM). Silakan ikuti petunjuk pembuatan SKM yang ada di IG resmi Direktorat Kemahasiswaan UP. SKM dalam bentuk pdf akan dikirimkan melalui email dalam 3-5 hari kerja.

 

Q: Orangtua/wali saya bekerja di sektor non-formal (petani/pekebun) yang tidak memiliki slip gaji dan tidak juga membayar pajak penghasilan, sehingga saya tidak bisa melengkapi syarat pengajuan beasiswa. Bagaimanakah solusinya?

A: Silakan membuat surat keterangan penghasilan (pengganti slip gaji) di kelurahan setempat yang menyatakan besaran rata-rata penghasilan ortu/wali.

 

Q: Apabila saya lolos menerima BSB atau BCOV apakah saya boleh mencicil pembayarannya?

A: Diperbolehkan jika kamu juga mengajukan dan mengirimkan cicilan sesuai dengan prosedur yang telah diinformasikan melalui Ketua HMPS, dosen wali, atau admin prodi masing-masing.

Beasiswa CIMBNIAGA 2020

Program Beasiswa CIMB Niaga mendukung mimpi para generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Khususnya di kondisi Pandemi Covid-19 yang membawa banyak dampak perubahan bagi kehidupan bermasyarakat, tanpa terkecuali di sektor ekonomi dan pendidikan. Kedua hal ini harus menjadi kebutuhan yang diperjuangkan, karena kondisi perekonomian yang sulit seharusnya tidak memadamkan semangat dan mimpi para generasi muda untuk melanjutkan studinya.

Apa saja syarat & ketentuan untuk mengikuti Program Beasiswa CIMB Niaga 2020?

  1. Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 diselenggarakan oleh PT Bank CIMB Niaga
  2. Periode pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dibuka mulai 27 Juli – 20 Agustus 2020)
  3. Program ini terbuka untuk mahasiswa Indonesia aktif yang sedang menjalani studi di semester 5, tanpa eksklusifitas
  4. Peserta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 (semester 1-4).
  5. Peserta memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  6. Peserta mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  7. Peserta tidak sedang menerima beasiswa lain baik dari Pemerintah, perusahaan swasta, perusahaan milik Pemerintah, BUMN, maupun instansi lain yang dinyatakan dalam surat pernyataan resmi yang ditandatangani oleh mahasiswa dan pihak
  8. Pendaftaran program ini hanya dilakukan secara online melalui kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020.
  9. Peserta wajib mengisi seluruh informasi pendaftaran dengan benar dan valid.
  10. Peserta wajib melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dengan benar dan valid.
  11. Peserta wajib mengikuti seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 yang terdiri dari pendaftaran, tes aptitude, learning group discussion, wawancara hingga
  12. Beasiswa yang akan diberikan oleh mahasiswa penerima beasiswa mencakup:
    1. Biaya kuliah dan/atau operasional pendidikan selama 4 semester
    2. Biaya pengembangan diri atau fasilitas penunjang pendidikan minimal 1x dalam 1 tahun
    3. Biaya penyusunan skripsi atau penelitian
  13. Beasiswa ini tidak dapat berpindahtangan oleh pihak penerima beasiswa.
  14. Informasi penerima beasiswa hanya diumumkan pada website resmi kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020 serta pada akun resmi media sosial CIMB Niaga dan Kejar Mimpi.
  15. Dengan menerima Syarat dan Ketentuan serta berpartisipasi dalam program ini, peserta menyatakan informasi beserta dokumen yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. Peserta menanggung semua risiko rusak, hilang, terlambat, tidak lengkap, tidak sah, benar atau salah dalam melakukan seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020.
  16. CIMB Niaga berhak untuk mendiskualifikasi peserta yang dianggap melanggar aturan program atau ketentuan hukum negara Republik Indonesia.
  17. Keputusan CIMB Niaga dengan semua hal yang berkaitan dengan kompetisi ini, termasuk beasiswa yang diberikan dan penentuan pemenang bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu
  18. Info lebih lanjut silahkan hubungi Phone Banking CIMB Niaga 14041 atau email ke: relations@cimbniaga.co.id.

Proses Seleksi Beasiswa CIMB NIAGA 2020

Ada enam tahap proses seleksi :

  1. Tahap Registrasi Online (27 Juli – 20 Agustus 2020)
    Peserta wajib mendaftar serta mengirimkan data dan dokumen melalui website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  2. Tahap Pre Screening Dokumen (26 Agustus – 31 Agustus 2020)
    Peserta yang lolos screening dokumen akan maju ke tahap tes aptitude, learning group discussion dan wawancara
  3. Tahap Tes Aptitude (9 September – 15 September 2020
  4. Learning Group Discussion dan Wawancara (24 September – 9 Oktober 2020
  5. Pengumuman Penerima Beasiswa (15 Oktober 2020)
    Pengumuman penerima Beasiswa CIMB Niaga akan dipublikasikan pada website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  6. Penganugerahan Penerima Beasiswa (28 Oktober 2020)
    Acara penganugerahan akan disesuaikan dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi diindonesia

Informasi selengkapnya dapat diunduh disini

Beasiswa CIMBNIAGA 2020

Program Beasiswa CIMB Niaga mendukung mimpi para generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Khususnya di kondisi Pandemi Covid-19 yang membawa banyak dampak perubahan bagi kehidupan bermasyarakat, tanpa terkecuali di sektor ekonomi dan pendidikan. Kedua hal ini harus menjadi kebutuhan yang diperjuangkan, karena kondisi perekonomian yang sulit seharusnya tidak memadamkan semangat dan mimpi para generasi muda untuk melanjutkan studinya.

Apa saja syarat & ketentuan untuk mengikuti Program Beasiswa CIMB Niaga 2020?

  1. Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 diselenggarakan oleh PT Bank CIMB Niaga
  2. Periode pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dibuka mulai 27 Juli – 20 Agustus 2020)
  3. Program ini terbuka untuk mahasiswa Indonesia aktif yang sedang menjalani studi di semester 5, tanpa eksklusifitas
  4. Peserta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 (semester 1-4).
  5. Peserta memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  6. Peserta mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  7. Peserta tidak sedang menerima beasiswa lain baik dari Pemerintah, perusahaan swasta, perusahaan milik Pemerintah, BUMN, maupun instansi lain yang dinyatakan dalam surat pernyataan resmi yang ditandatangani oleh mahasiswa dan pihak
  8. Pendaftaran program ini hanya dilakukan secara online melalui kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020.
  9. Peserta wajib mengisi seluruh informasi pendaftaran dengan benar dan valid.
  10. Peserta wajib melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dengan benar dan valid.
  11. Peserta wajib mengikuti seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 yang terdiri dari pendaftaran, tes aptitude, learning group discussion, wawancara hingga
  12. Beasiswa yang akan diberikan oleh mahasiswa penerima beasiswa mencakup:
    1. Biaya kuliah dan/atau operasional pendidikan selama 4 semester
    2. Biaya pengembangan diri atau fasilitas penunjang pendidikan minimal 1x dalam 1 tahun
    3. Biaya penyusunan skripsi atau penelitian
  13. Beasiswa ini tidak dapat berpindahtangan oleh pihak penerima beasiswa.
  14. Informasi penerima beasiswa hanya diumumkan pada website resmi kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020 serta pada akun resmi media sosial CIMB Niaga dan Kejar Mimpi.
  15. Dengan menerima Syarat dan Ketentuan serta berpartisipasi dalam program ini, peserta menyatakan informasi beserta dokumen yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. Peserta menanggung semua risiko rusak, hilang, terlambat, tidak lengkap, tidak sah, benar atau salah dalam melakukan seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020.
  16. CIMB Niaga berhak untuk mendiskualifikasi peserta yang dianggap melanggar aturan program atau ketentuan hukum negara Republik Indonesia.
  17. Keputusan CIMB Niaga dengan semua hal yang berkaitan dengan kompetisi ini, termasuk beasiswa yang diberikan dan penentuan pemenang bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu
  18. Info lebih lanjut silahkan hubungi Phone Banking CIMB Niaga 14041 atau email ke: relations@cimbniaga.co.id.

Proses Seleksi Beasiswa CIMB NIAGA 2020

Ada enam tahap proses seleksi :

  1. Tahap Registrasi Online (27 Juli – 20 Agustus 2020)
    Peserta wajib mendaftar serta mengirimkan data dan dokumen melalui website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  2. Tahap Pre Screening Dokumen (26 Agustus – 31 Agustus 2020)
    Peserta yang lolos screening dokumen akan maju ke tahap tes aptitude, learning group discussion dan wawancara
  3. Tahap Tes Aptitude (9 September – 15 September 2020
  4. Learning Group Discussion dan Wawancara (24 September – 9 Oktober 2020
  5. Pengumuman Penerima Beasiswa (15 Oktober 2020)
    Pengumuman penerima Beasiswa CIMB Niaga akan dipublikasikan pada website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  6. Penganugerahan Penerima Beasiswa (28 Oktober 2020)
    Acara penganugerahan akan disesuaikan dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi diindonesia

Informasi selengkapnya dapat diunduh disini

Contact Appointment