BEASISWA UNIVERSITAS PERTAMINA

TIMELINE PENDAFTARAN DAN SELEKSI BEASISWA EKONOMI UNIVERSITAS PERTAMINA

ANGKATAN 2021

No Kegiatan Tanggal
1 Pendaftaran BEUP 2021 Jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Periode I November 2020
2 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Jalur SNR Periode I melalui email 23 November 2020 – 25 Desember 2020
3 Pengumuman Hasil SNR Periode I 11 Januari 2021
4 Pendaftaran BEUP 2021 Jalur SNR Periode II  Januari 2021
5 Pengiriman Berkas Pengajuan BEUP Jalur SNR Periode II melalui email 8 Januari – 6 Februari 2021
6 Pengumuman Hasil SNR Periode II 22 Februari 2021
7 Pendaftaran SNR-UP Periode III Maret 2021
8 Pengumuman Hasil SNR Periode II April 2021
9 Pengumuman Hasil Seleksi I (Seleksi Berkas Pengajuan Beasiswa)* Minggu Kedua Mei 2021
10 Pengumuman Hasil Seleksi II (Seleksi Kelayakan Penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina 2021)** Pertengahan bulan Juni 2021
11 Pendaftaran Ulang dan Tanda tangan kontrak belajar Awal Agustus 2021

*Peserta yang lulus Jalur SNR Periode I dan II namun tidak lulus seleksi berkas pengajuan beasiswa, harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya akhir bulan Juni 2021 dengan besaran biaya SPI dan SPP sesuai periode seleksi yang diikuti.

**Peserta yang lulus seleksi berkas, namun dinyatakan tidak layak menerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina (BEUP), harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya akhir bulan Juli 2021 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode seleksi yang diikuti.

Beasiswa Milenial Juara (sebelumnya Beasiswa Pengembangan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Universitas Pertamina) merupakan beasiswa bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki prestasi tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional maupun tingkat internasional dalam bidang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama maupun kompetisi mandiri lainnya yang dipertimbangkan oleh Universitas Pertamina. Pengajuan Beasiswa Milenial Juara tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang mendaftar dan lulus Jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5 (lima). Beasiswa yang diberikan berupa:

  1. Pembebasan 100% Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI);
  2. Pembebasan 100% Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) selama maksimal 8 (delapan) semester, kecuali ybs mengikuti program pertukaran pelajar atau program magang yang disetujui oleh Universitas Pertamina yang menyebabkan masa studi bertambah;
  3. Uang Saku senilai Rp 1.200.000,- (satu juta dua ratus ribu Rupiah) per bulan selama maksimal 8 (delapan) semester reguler;
  4. Penggantian 1 (satu) kali biaya perjalanan dari kampung halaman ke Jakarta;
  5. Pembebasan biaya POP UP, pembebasan biaya jahit almamater dan pembebasan biaya premi asuransi kecelakaan selama maksimal 8 (delapan) semester.

Prosedur Pengajuan Beasiswa Milenial Juara:

  1. Mendaftar sebagai calon mahasiswa baru Universitas Pertamina melalui Seleksi Nilai Rapor 5 (SNR 5) yang diselenggarakan oleh fungsi Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) Universitas Pertamina dengan memilih atau mencentang kolom beasiswa;
  2. Melengkapi berkas pengajuan Beasiswa Milenial Juara yang terdiri atas:
    a. Formulir pengajuan yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai;
    b. Pindaian (scan) Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon mahasiswa dan KTP orang tua/wali;
    c. Pindaian (scan) maksimal 5 (lima) lembar sertifikat prestasi terbaik;
    d. Pindaian (scan) surat rekomendasi dari sekolah asal.

Seluruh berkas digabungkan menjadi 1 (satu) file dan disimpan dalam format .pdf dengan ukuran maksimal 10 MB (sepuluh Megabyte) untuk kemudian diunggah ke dalam sistem pendaftaran Seleksi Nilai Rapor 5 (SNR 5).

Timeline Pengajuan Beasiswa Milenial Juara: Sesuai Jadwal Pelaksanaan Seleksi Nilai Rapor 5

Daftar prestasi tingkat kab/kota, tingkat provinsi, tingkat nasional maupun tingkat internasional yang dipertimbangkan adalah prestasi dalam kompetisi berikut:

  1. Seluruh Bidang Lomba dalam Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang meliputi:
  • Kompetisi Sains tingkat SMA (KSN-SMA);
  • Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI);
  • Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI);
  • Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI);
  • Lomba Debat Bahasa Inggris (National Schools Debating Championship);
  • Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia (LJSI);
  • Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA;
  • Kompetisi Olahraga Siswa Indonesia (KOSNI) jenjang SMA;
  • Festival Literasi Siswa Indonesia (FELSI).
  1. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Aliyah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan meliputi bidang lomba Geografi Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi.
  2. Kompetisi mandiri yang meliputi:
  • Pemilihan Siswa Teladan atau Siswa Berprestasi Tingkat SMA;
  • Lomba Penghafal Qur’an (Musabaqah Tilawatil Qur’an);
  1. Kompetisi lainnya yang diterima untuk dipertimbangkan oleh Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina.

Beasiswa Ujung Negeri (sebelumnya Beasiswa Pemerataan Pendidikan Tinggi) merupakan komitmen Universitas Pertamina untuk menyediakan pendidikan tinggi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal (berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2020). Pengajuan Beasiswa Ujung Negeri tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang mendaftar dan lulus Jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5 (lima). Beasiswa yang diberikan berupa:

  1. Pembebasan 100% Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI);
  2. Pembebasan 100% Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) selama maksimal 8 (delapan) semester, kecuali ybs mengikuti program pertukaran pelajar atau program magang yang disetujui oleh Universitas Pertamina yang menyebabkan masa studi bertambah;
  3. Uang Saku senilai Rp 700.000,- (tujuh ratus ribu Rupiah) per bulan selama maksimal 8 (delapan) semester reguler;
  4. Penggantian 1 (satu) kali biaya perjalanan dari kampung halaman ke Jakarta;
  5. Pembebasan biaya POP UP, pembebasan biaya jahit almamater dan pembebasan biaya premi asuransi kecelakaan selama maksimal 8 (delapan) semester.

Prosedur Pengajuan Beasiswa Ujung Negeri:

  1. Mendaftar sebagai calon mahasiswa baru Universitas Pertamina melalui Seleksi Nilai Rapor 5 (SNR 5) yang diselenggarakan oleh fungsi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Pertamina dengan memilih atau mencentang kolom beasiswa;
  2. Melengkapi berkas pengajuan Beasiswa Ujung Negeri yang terdiri atas:
    a. Formulir pengajuan yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai;
    b. Pindaian (scan) Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon mahasiswa dan KTP orang tua/wali;
    c. Pindaian (scan) Kartu Keluarga (KK);
    d. Pindaian (scan) 3 (tiga) lembar sertifikat prestasi terbaik (opsional);
    e. Pindaian (scan) surat rekomendasi dari sekolah asal;
    f. Karya tulis 4 (empat) paragraph dengan tema “Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina.”

Seluruh berkas digabungkan menjadi 1 (satu) file dan disimpan dalam format .pdf dengan ukuran maksimal 10 MB (sepuluh Megabyte) untuk kemudian diunggah ke dalam sistem pendaftaran Seleksi Nilai Rapor 5 (SNR 5).

Timeline Pengajuan Beasiswa Ujung Negeri: Sesuai Jadwal Pelaksanaan Seleksi Nilai Rapor 5

Daftar Daerah Tertinggal Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2020

No PROVINSI No KABUPATEN DAERAH TERTINGGAL
1 SUMATERA UTARA 1 NIAS
2 NIAS SELATAN
3 NIAS UTARA
4 NIAS BARAT
2 SUMATERA BARAT 1 KEPULAUAN MENTAWAI
3 SUMATERA SELATAN 1 MUSI RAWAS UTARA
4 LAMPUNG 1 PESISIR BARAT
5 NUSA TENGGARA BARAT 1 LOMBOK UTARA
6 NUSA TENGGARA TIMUR 1 SUMBA BARAT
2 SUMBA TIMUR
3 KUPANG
4 TIMOR TENGAH SELATAN
5 BELU
6 ALOR
7 LEMBATA
8 ROTE NDAO
9 SUMBA TENGAH
10 SUMBA BARAT DAYA
11 MANGGARAI TIMUR
12 SABU RAIJUA
13 MALAKA
7 SULAWESI TENGAH 1 DONGGALA
2 TOJO UNA-UNA
3 SIGI
8 MALUKU 1 MALUKU TENGGARA BARAT
2 KEPULAUAN ARU
3 SERAM BAGIAN BARAT
4 SERAM BAGIAN TIMUR
5 MALUKU BARAT DAYA
6 BURU SELATAN
9 MALUKU UTARA 1 KEPULAUAN SULA
2 PULAU TALIABU
10 PAPUA BARAT 1 TELUK WONDAMA
2 TELUK BINTUNI
3 SORONG SELATAN
4 SORONG
5 TAMBRAUW
6 MAYBRAT
7 MANOKWARI SELATAN
8 PEGUNUNGAN ARFAK
11 PAPUA 1 JAYAWIJAYA
2 NABIRE
3 PANIAI
4 PUNCAK JAYA
5 BOVEN DIGOEL
6 MAPPI
7 ASMAT
8 YAHUKIMO
9 PEGUNUNGAN BINTANG
10 TOLIKARA
11 KEEROM
12 WAROPEN
13 SUPIORI
14 MAMBERAMO RAYA
15 NDUGA
16 LANNY JAYA
17 MAMBERAMO TENGAH
18 YALIMO
19 PUNCAK
20 DOGIYAI
21 INTAN JAYA
22 DEIYAI

 

Pengajuan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang mendaftar dan lulus Jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina Periode I dan Periode II, dengan prestasi akademik sangat baik namun MEMILIKI KESULITAN EKONOMI untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina.

Beasiswa diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa studi dengan evaluasi setiap tahun.

Tipe Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022:

Tipe B: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP

Tipe D: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP

 

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi:

  • Calon Mahasiswa mendaftar Jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina Periode I (Pendaftaran dibuka 15 November 2020) atau SNR Periode Periode II (Pendaftaran dibuka pada pertengahan Januari 2021).
  • Calon Mahasiswa melaksanakan pembayaran biaya pendaftaran SNR-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor peserta.
  • Calon Mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa dan mencetak kartu peserta seleksi.
  • Calon Mahasiswa yang memilih program beasiswa ekonomi dipersilakan mengunduh serta melengkapi formulir yang tersedia di halaman ini untuk kemudian mengirimkannya melalui email ke alamat : beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com bersama berkas berikut:
  1. Scan (bukan foto) Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000. Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP dapat diunduh di bagian paling bawah Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi;
  2. Scan (bukan foto) Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa);
  3. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK);
  4. Scan (bukan foto) KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa;
  5. Scan (bukan foto) KTP kedua orang tua;
  6. Scan (bukan foto) Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji yang menerangkan nominal rata-rata penghasilan (untuk orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh KELURAHAN tempat calon mahasiswa tinggal;
  7. Scan (bukan foto) bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum periode seleksi (bukti bayar listrik bulan Agustus, September dan Oktober 2020 untuk peserta SNR Periode I, atau bukti bayar bulan November, Desember 2020, dan Januari 2021 untuk peserta SNR Periode II Tahun 2021);

*Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik pra-bayar (menggunakan token), silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.

**Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.

***Jika tagihan listrik adalah 0 sebagai kompensasi dari Pemerintah di masa pandemi, silahkan membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh Lurah atau RT/RW setempat.

  1. Scan (bukan foto) tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2020;

*Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.

  1. Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.”;
  2. Scan (bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional); dan
  3. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa

Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf dengan UKURAN MAKSIMAL SETIAP POIN BERKAS adalah 750 KB (tujuh ratus lima puluh Kilobyte). Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] | contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf.

Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: [nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar.  UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte).

  • Calon mahasiswa mengirimkan seluruh berkas pengajuan beasiswa selambat-lambatnya tanggal 25 Desember 2020 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta SNR Periode I atau 6 Februari 2021 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta SNR Periode II ke email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com. Kegagalan atau keterlambatan calon mahasiswa mengumpulkan berkas akan menyebabkan pengajuan beasiswa tidak diproses (nama calon mahasiswa tersebut akan dicoret dari daftar pengaju Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022) dan menjadikan calon mahasiswa tersebut sebagai calon mahasiswa program reguler.
  • Ketidakmampuan calon mahasiswa pengaju beasiswa untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh panitia akan menyebabkan tidak diterimanya berkas pengajuan beasiswa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Panitia Seleksi Beasiswa Ekonomi UP 2021/2022 akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa ekonomi SNR Periode I dan SNR Periode II secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2021.

Calon Mahasiswa yang dinyatakan tidak layak mendapatkan Beasiswa Ekonomi dapat mendaftar ulang sebagai mahasiswa UP program reguler (pembayaran selambat-lambatnya dilakukan sebelum 31 Juli 2021).

Universitas Pertamina menyediakan Beasiswa Prestasi berupa pembebasan 100% dan 50% Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk 100 (seratus) peraih Nilai Terbaik pada Ujian Masuk (UM) Universitas Pertamina Periode April 2020 (Gelombang 3). Seluruh peserta Ujian Masuk Periode April 2020 berkesempatan untuk menerima Beasiswa Prestasi Hasil UM.

Salam Semangat!

Universitas Pertamina membuka kesempatan bagi mahasiswa angkatan tahun 2018, 2019 dan 2020 untuk mengajukan BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GENAP 2020/2021.

Beasiswa Unggulan Semester adalah bentuk penghargaan Universitas Pertamina kepada mahasiswa dengan Prestasi akademik sangat baik pada Semester Genap tahun akademik 2020/2021. Beasiswa Unggulan Semester diajukan pada akhir semester untuk pembebasan 100% SPP di semester selanjutnya. Tidak ada kontrak belajar yang harus ditandatangani oleh penerima Beasiswa Unggulan Semester.

Syarat pengajuan Beasiswa Unggulan Semester adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa angkatan 2018, 2019 dan 2020 yang telah lulus semua matakuliah hingga semester terakhir dengan IP Semester Genap 2020/2021 >3,25 tanpa nilai D/E serta memiliki IPK tidak kurang dari 3,25.
  1. Berkelakuan baik (tidak pernah melanggar Peraturan Akademik maupun Kode Etik Mahasiswa);
  2. Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan mengunggah bukti keaktifan organisasi/prestasi melalui menu PEM pada SIUP masing-masing;

 

Prosedur pengajuan Beasiswa Unggulan Semester:

  1. Mahasiswa mengajukan Beasiswa Unggulan Semester melalui akun SIUP masing-masing;
  2. Dosen Wali dan Ketua Program Studi memberikan persetujuan atas pengajuan Beasiswa Unggulan Semester tersebut;
  3. Pengumuman hasil seleksi pada Juli 2021

 

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA UNGGULAN SEMESTER GENAP 2020/2021

Pengajuan oleh Mahasiswa                   : 15 Juli 2021

Persetujuan Dosen Wali dan Kaprodi   : 17 – 23 Juli 2021

Pengumuman                                           : Juli 2021

Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang tidak mengajukan Beasiswa ekonomi di awal perkuliahan namun memiliki kesulitan ekonomi untuk menyelesaikan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) pada masa belajarnya. Beasiswa ini dibuka setiap akhir semester Genap dan diutamakan bagi mahasiswa yang TIDAK MAMPU secara ekonomi. Beasiswa Studi Berkelanjutan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 50% SPP untuk sisa masa belajar.

Mahasiswa penerima Beasiswa Studi Berkelanjutan akan menandatangani Kontrak Belajar yang mengatur tentang hak dan kewajiban mahasiswa penerima beasiswa (nilai IPS dan IPK minimum, keharusan untuk menaati peraturan-peraturan di Universitas Pertamina, dan kewajiban lainnya). Kelayakan mahasiswa atas beasiswa ini akan ditinjau setiap semester (IPS) dan setiap akhir tahun akademik. Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina berhak menghentikan beasiswa yang diterima oleh mahasiswa jika ybs dinilai tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan dalam kontrak belajar.

Syarat Pengajuan:

  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) > 2,50  tanpa nilai D ataupun nilai E

Berkas pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan yang dilengkapi dan ditandatangani di atas materai Rp 10.000 (asli);
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), wajib bagi pengaju BSB, tidak wajib bagi pengaju BCov dan BMP.
  3. Scan Slip gaji/surat keterangan penghasilan dari Kelurahan setempat
  4. Transkrip akademik resmi dan transkrip PEM dari SIUP
  5. Scan Foto KTM dan KTP kedua orangtua
  6. Scan Kartu Keluarga
  7. Scan Bukti bayar tagihan listrik/pembelian token listrik
  8. Scan Tagihan PBB/surat keterangan pengganti tagihan PPB dari kelurahan
  9. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal
  10. Surat Keterangan tidak sedang menerima Beasiswa dari Universitas Pertamina (dapat diajukan melalui tautan https://bit.ly/SKTSMBeasiswa

Prosedur Pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan:

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf. Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama mahasiswa]_[NIM], contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_102218003.pdf;
  3. Mahasiswa mengisi formulir dan mengunggah berkas pada tautan https://bit.ly/DaftarBeasiswa20212022
  4. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Pengumpulan Berkas   : 6  15 Juli 2021 pukul 20.00 WIB

Periode Seleksi              : 16 – 23 Juli 2021

Pengumuman hasil       : Juli 2021

Beasiswa Mitra Peduli (BMP) UP (memberikan manfaat uang saku Rp 1.200.000 hingga Rp 6.000.000 per semester atau potongan 50% SPP). BMP hanya berlaku untuk 1 semester (hanya semester Ganjil 2021/2022).

Berkas pengajuan Beasiswa Mitra Peduli adalah sebagai berikut:

  1. Formulir Pengajuan BMP
  2. Scan Slip gaji/surat keterangan penghasilan dari Kelurahan setempat
  3. Transkrip akademik resmi dan transkrip PEM dari SIUP
  4. Scan Foto KTM dan KTP kedua orangtua
  5. Scan Kartu Keluarga
  6. Scan Bukti bayar tagihan listrik/pembelian token listrik
  7. Scan Tagihan PBB/surat keterangan pengganti tagihan PPB dari kelurahan
  8. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal
  9. Surat Keterangan tidak sedang menerima Beasiswa dari Universitas Pertamina (dapat diajukan melalui tautan https://bit.ly/SKTSMBeasiswa

Prosedur Pengajuan BMP:

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf. Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama mahasiswa]_[NIM], contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_102218003.pdf;
  3. Mahasiswa mengisi formulir dan mengunggah berkas pada tautan https://bit.ly/DaftarBeasiswa20212022
  4. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA MITRA PEDULI

Pengumpulan Berkas   : 6  15 Juli 2021 pukul 20.00 WIB

Periode Seleksi              : 16 – 23 Juli 2021

Pengumuman hasil       : Juli 2021

Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina

Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina terbentuk pada tanggal 01 September 2018, dengan visi menjembatani antara mahasiswa dan kampus untuk kelancaran studi mahasiswa. Salah satu bentuk penerjemahan visi tersebut adalah berupa pemberian beasiswa bantuan belajar kepada mahasiswa Universitas Pertamina. Beasiswa Bantuan Belajar IOM Universitas Pertamina Semester Ganjil tahun akademik 2019/2020  adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pertamina yang kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi. Beasiswa diberikan kepada 15 mahasiswa terpilih dengan bantuan belajar sebesar Rp 2.000.000,-.

Syarat-syarat pengajuan Beasiswa Bantuan Belajar IOM Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai 6000. Formulir dapat diunduh di bagian bawah pengumuman ini.
  2. Surat Keterangan Tidak Sedang Menerima Beasiswa dari pihak lain.
  3. Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir atau surat keterangan penghasilan dari kelurahan (penghasilan kedua orangtua maksimal Rp 5.000.000,- per bulan).
  4. Fotokopi rekening listrik 3 bulan terakhir.
  5. Transkrip Nilai terbaru yang ditandatangani Ketua Program Studi dan distempel Fakultas.

IPK Minimum 2,80 untuk mahasiswa di program studi Saintek.

IPK Minimum 3,00 untuk mahasiswa di program studi Soshum.

Prosedur Pengajuan Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina:

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan (hardcopy) ke Fungsi Pelayanan Mahasiswa kepada Bapak Ferriyansyah di ruang Direktorat Kemahasiswaan Gd. Rektorat Lantai 1. Berkas yang dikumpulkan diluar batas waktu yang telah ditentukan TIDAK AKAN DIPROSES.

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA BANTUAN BELAJAR IOM UNIVERSITAS PERTAMINA

Pengumpulan Berkas : 16 Desember 2019 – 31 Januari 2020

Periode Seleksi : 03 Februari 2020 – 05 Februari 2020

Pengumuman Hasil : 07 Februari 2020

Beasiswa BAZMA adalah Program Kerja Sama antara Yayasan Baituzzakah Pertamina dengan Universitas Pertamina. Beasiswa ini diselenggarakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya, terutama mahasiswa Universitas Pertamina. Beasiswa diberikan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan secara finansial, baik itu kuliah maupun untuk kehidupan sehari-hari. Beasiswa BAZMA diberikan selama 2 (dua) semester pada tahun akademik 2020/2021. Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pertamina terdiri dari 3 (tiga) kategori, yaitu:

  1. Kategori satu: Menerima Keringanan SPP sebesar Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah) dan Uang Saku senilai Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah) setiap semester;
  2. Kategori Dua: Menerima Keringanan SPP sebesar Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah);
  3. Kategori Tiga: Menerima Uang Saku senilai Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah) setiap semester.

Syarat Peserta Beasiswa

Syarat peserta program Beasiswa BAZMA Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  1. Muslim;
  2. Maksimal semester 7 (tujuh);
  3. Dari keluarga kurang mampu (dhuafa);
  4. Tidak sedang mendapatkan beasiswa penuh dari Universitas Pertamina atau pihak lain;
  5. Mahasiswa berprestasi dan aktif mengikuti kegiatan khususnya kegiatan keislaman di kampus dan di luar kampus;
  6. Bersedia mengikuti program pendampingan yang dilaksanakan oleh BAZMA.

Prosedur Pendaftaran Beasiswa BAZMA Universitas Pertamina

  • Mahasiswa dipersilakan mengunduh serta melengkapi formulir pengajuan Beasiswa BAZMA Universitas Pertamina yang tersedia di halaman ini dan mengirimkan berkas-berkas berikut:
  1. Scan (bukan foto) Formulir Pengajuan BAZMA Universitas Pertamina 2020/2021 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000.
  2. Scan (bukan foto) Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang asli dari kelurahan tempat tinggal mahasiswa;
  3. Cetakan transkrip nilai dari SIUP;
  4. Scan (bukan foto) Kartu Mahasiswa (KTM) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) Mahasiswa dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali mahasiswa (dipindai dalam lembar yang sama);
  5. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK);
  6. Scan (bukan foto) slip gaji orang tua/wali, jika orang tua/wali bekerja sebagai petani/nelayan/pedagang atau pekerjaan lain yang tidak memiliki slip gaji, mahasiswa dapat melampirkan surat keterangan yang mencantumkan nominal penghasilan dari kelurahan (surat yang asli dengan cap dan tandatangan basah);
  7. Scan bukti pembayaran tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir (jika listrik di rumah mahasiswa menggunakan token/prabayar, mahasiswa dapat mendatangi kantor PLN terdekat untuk mencetak bukti penggunaan listrik selama tiga bulan terakhir);
  8. Scan tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat;
  9. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal;
  10. Surat pernyataan tidak sedang menerima Beasiswa penuh dari Universitas Pertamina.
  11. Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa BAZMA Universitas Pertamina.”;
  12. Scan (bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional)
  • Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf dengan. Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama mahasiswa]_[NIM]|contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf.
  • Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7z dan diberikan nama folder: [nama mahasiswa]_[NIM] contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar. UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte).
  • Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan via email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc beasiswa.up@gmail.com dengan Subjek Email BAZMA_Jimmy Hendrik_123456789. Maksimal pengiriman berkas 15 November 2020 Pukul 21.00 WIB

Tahapan Seleksi

  • Seleksi Kelengkapan Berkas
  • Tes Baca Qur’an
  • Wawancara

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA BAZMA UNIVERSITAS PERTAMINA

Pengumpulan Berkas  : 2 – 15 November 2020 pukul 21.00 WIB

Periode Seleksi            : 16 – 20 November 2020

Pengumuman hasil      : 26 November 2020

BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI AFIRMASI 2021

PF Prestasi merupakan bagian dari pelaksanaan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan pencapaian SDGs dari PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui program Beasiswa Pertamina serta pembangunan Sumber Dayaa Manudiaa (SDM) Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreatifitas, inovasi, dan teknologi.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Afirmasi 2021 merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa S1 khusus pada wilayah/daerah operasi PT Pertamina (Persero) yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan mengikuti pendidikan di kampus mitra Pertamina Foundation. Pertimbangan khusus diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan khusus pada tahun 2021 dengan kondisi wabah pandemik covid-19 diberikan prioritas bagi mahasiswa yang terdampak virus corona.

Bantuan beasiswa diberikan mulai bulan Januari s/d Desember tahun 2021. Komponen beasiswa meliputi bantuan biaya pendidikan SPP per-Semester dengan besaran Rp4.000.000 dan bantuan biaya hidup Rp500.000 per-bulan. Penerima beasiswa berkewajiban untuk mengikuti kegiatan capacity building dan Aksi Sobat Bumi yang bertujuan untuk meningkatkan softskill dan kegiatan pelestarian lingkungan yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation. Menyikapi kondisi saat ini dan apabila sampai dengan Bulan September 2020 masih terdampak dengan Covid-19, maka kegiatan CB akan diganti dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas secara online dengan materi mengenai Leadership, Keterampilan Social Preneur, dan melibatkan narasumber maestro (ahli), praktisi, dan disiapkan modul-modul secara online beserta penugasannya.

Universitas Pertamina merupakan salah satu kampus mitra Pertamina Foundation untuk program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Afirmasi 2021. Berikut adalah informasi lengkap terkait program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Afirmasi 2021.

A. Syarat Calon Penerima Beasiswa

  1. Mahasiswa Aktif Universitas Pertamina yang sedang menempuh Semester II, maksimal semester VI
  2. IP atau IPK sampai semester II adalah > 3,0 dalam skala 4
  3. Aktif berpartisipasi dalam organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  5. Membuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalaman Aksi Solidaritas Covid-19 dan Rencana Aksi Recovery”. Ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5.
  6. Tidak pernah melanggar Peraturan Akademik ataupun Kode Etik Universitas Pertamina.

B. Tahapan Seleksi Peserta Beasiswa

1. Pendaftaran Beasiswa secara online

  1. Mahasiswa melakukan pendaftaran secara langsung pada aplikasi berbasis web di laman beasiswa.pertaminafoundation.org dengan tahapan sebagai berikut:
  • Registrasi akun;
  • Mengisi form di aplikasi berbasis web;
  • Submit dokumen dan karya tulis dengan tema “Berbagi Pengalaman Aksi Solidaritas Covid-19 dan Rencana Aksi Recovery”
  1. Pemberitahuan lolos/tidak lolos dan jadwal tahapan seleksi wawancara (video conference/ teleconference) melalui website PF, akun dan email pendaftar beasiswa.

TIMELINE BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI AFIRMASI 2021

  1. Pendaftaran secara online: 29 Maret – 18 April 2021 melalui aplikasi berbasis web online;
  2. Seleksi Administrasi : 19 April – 24 April 2021
  3. Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi : 25 – 27 April 2021
  4. Seleksi wawancara: 28 April – 11 Mei 2021
  5. Pengumuman: 25 Mei 2021

 2. Seleksi Administrasi

PF melakukan seleksi administrasi bagi pendaftar beasiswa dengan aplikasi berbasis web. Hasil seleksi administrasi akan diberitahukan langsung secara online pada akun pendaftar beasiswa, dan surat pemberitahuan kepada mitra perguruan tinggi terkait.

3. Seleksi Wawancara

Wawancara akan dilaksanakan secara video conference (menggunakan aplikasi zoom meeting atau videocall whatsapp). Dalam hal video conference terkendala, maka akan dilakukan secara teleconference (group telephone). Tim Wawancara, terdiri dari:

1) Pertamina Foundation;

2) Perwakilan Universitas Pertamina,

3) Perwakilan PT. Pertamina (Persero),

4) Tokoh, stakeholder.

– Materi penilaian, meliputi antara lain: Visi; Inovasi; Karya; Kepemimpinan; Komitmen; Organisasi; Prestasi; Validasi data; dan Pengetahuan Umum;

– Durasi waktu: masing-masing peserta wawancara dialokasikan waktu maksimal 30 menit;

– Akan diberikan subsidi/bantuan pembelian paket pulsa kepada peserta wawancara sejumlah Rp50.000,00. Subsidi diberikan setelah proses wawancara melalui transfer tunai atau pulsa sesuai dengan kebijakan PF.

4. Daftar Ulang/Registrasi Penerima Beasiswa

Setelah pengumuman penerima beasiswa melalui media publikasi resmi, penerima beasiswa diwajibkan untuk registrasi yaitu dengan mengunggah:

  1. Dokumen-dokumen kemahasiswaan;
  2. Dokumen untuk keperluan pembayaran;
  3. Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Beasiswa dengan motede submit approved virtual SPK.

Bagi penerima beasiswa yang tidak melakukan daftar ulang sampai tenggang waktu yang telah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri dari penerima beasiswa. Dalam kondisi tersebut, maka penerima beasiswa akan digantikan oleh urutan rangking berikutnya (cadangan calon penerima beasiswa yang telah lolos seleksi wawancara).

Beasiswa Keringanan SPP Terdampak Pandemi COVID-19 adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mengalami hambatan dalam pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) semester karena kondisi ekonomi keluarganya terdampak COVID-19. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 25% SPP selama 1 (tahun) akademik.

Berkas pengajuan Beasiswa karena terdampak Pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pengajuan Beasiswa Keringanan SPP Terdampak Pandemi Covid 19 yang dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 10.000 (asli), formulir dapat diunduh dari laman resmi Universitas Pertamina;
  2. Scan Slip gaji/surat keterangan penghasilan dari Kelurahan setempat
  3. Transkrip akademik resmi dan transkrip PEM dari SIUP
  4. Scan Foto KTM dan KTP kedua orangtua
  5. Scan Kartu Keluarga
  6. Scan Bukti bayar tagihan listrik/pembelian token listrik
  7. Scan Tagihan PBB/surat keterangan pengganti tagihan PPB dari kelurahan
  8. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal
  9. Surat Keterangan tidak sedang menerima Beasiswa dari Universitas Pertamina (dapat diajukan melalui tautan https://bit.ly/SKTSMBeasiswa

Prosedur Pengajuan Beasiswa

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Seluruh berkas disimpan dalam format .pdf. Format penamaan setiap poin berkas adalah: [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama mahasiswa]_[NIM], contoh: [02]_Slip Gaji_Jimmy Hendrik_102218003.pdf;
  3. Mahasiswa mengisi formulir dan mengunggah berkas pada tautan https://bit.ly/DaftarBeasiswa20212022
  4. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa.

TIMELINE Beasiswa Keringanan Spp Terdampak Pandemi COVID-19

Pengumpulan Berkas   : 6 – 15 Juli 2021 pukul 21.00 WIB

Periode Seleksi              :  16 – 23 Juli 2021

Pengumuman hasil       : Juli 2021

FAQ Pengajuan Beasiswa Unggulan Semester (BUS), Beasiswa Studi Berkelanjutan (BSB) dan Beasiswa Keringanan SPP karena Pandemi COVID-19 (BCOV)

 

Q: Kapankah periode pengajuan BUS Genap 2019/2020, BSB 2019/2020 dan BCOV berlangsung?

A: Pengajuan BUS melalui akun SIUP masing-masing mahasiswa dapat dilakukan hingga tanggal 24 Juli 2020, sementara persetujuan Dosen Wali dan Kaprodi dapat diberikan hingga tanggal 31 Juli 2020. Begitupun pengajuan BSB dan BCOV, pengiriman dokumen melalui email dapat dilaksanakan hingga tanggal 31 Juli 2020 pukul 20.59 WIB.

 

Q: Apa saja faktor yang dinilai dalam Seleksi BUS?

A: Yang menjadi pertimbangan utama untuk menerima BUS adalah Indeks Prestasi Semester (IPS), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Penilaian Ekstrakurikuler Mahasiswa (PEM) serta rekam jejak di Online Disciplinary System (ODS).

 

Q: Saya terkendala untuk unggah bukti kepesertaan lomba/kegiatan dan keaktifan organisasi di SIUP untuk mengurus PEM, apa yang harus saya lakukan?

A: Sistem konversi nilai PEM di SIUP masih dalam tahap penyempurnaan. Jika masih terkendala, silakan cek Panduan PEM yang dibagikan oleh Fungsi PBOK melalui Ketua HMPS masing-masing atau dapat diunduh disini.

 

Q: Mengapa saya gagal mendaftar BUS di SIUP dan tertulis “Masa Pendaftaran Beasiswa Telah Berakhir?”

A: Hal tersebut disebabkan oleh ketidaksesuaian term akademik aktif di program studi. Silakan mengirimkan email ke akademik@universitaspertamina.ac.id atau kontak admin fakultas masing-masing.

 

Q: Saya belum menerima Beasiswa apapun dari UP, apakah saya diizinkan untuk secara simultan mengajukan BUS, BSB dan BCOV?

A: Silakan saja, kami akan prioritaskan beasiswa untuk mereka yang memang sangat membutuhkan. Masing-masing beasiswa juga memiliki faktor penilaian yang berbeda.

 

Q: Apa perbedaan antara BSB dan BCOV?

A: BSB dan BCOV diberikan kepada mahasiswa yang terkendala secara ekonomi untuk melanjutkan perkuliahan. BSB memberikan potongan SPP 50% dan mahasiswa yang diutamakan adalah mereka yang memiliki kendala ekonomi (dibuktikan dengan SKTM) dengan prestasi akademik cukup bagus (IPK di atas 2.5 tanpa nilai D/E). Penerima BSB akan menandatangani kontrak belajar yang berisi hak dan kewajiban hingga masa studi berakhir (semester 7 atau 8). Kelayakan penerima BSB dievaluasi setiap akhir tahun akademik. Sementara BCOV memberikan beasiswa potongan SPP 25% untuk maksimal 1 (satu) tahun akademik saja (2020/2021). Penerima BCOV tidak perlu menandatangani kontrak belajar.

 

Q: Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) saya tertinggal di kos, padahal KTM adalah salah satu syarat pengajuan beasiswa, apa yang harus saya lakukan?

A: Ajukan pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa (SKM). Silakan ikuti petunjuk pembuatan SKM yang ada di IG resmi Direktorat Kemahasiswaan UP. SKM dalam bentuk pdf akan dikirimkan melalui email dalam 3-5 hari kerja.

 

Q: Orangtua/wali saya bekerja di sektor non-formal (petani/pekebun) yang tidak memiliki slip gaji dan tidak juga membayar pajak penghasilan, sehingga saya tidak bisa melengkapi syarat pengajuan beasiswa. Bagaimanakah solusinya?

A: Silakan membuat surat keterangan penghasilan (pengganti slip gaji) di kelurahan setempat yang menyatakan besaran rata-rata penghasilan ortu/wali.

 

Q: Apabila saya lolos menerima BSB atau BCOV apakah saya boleh mencicil pembayarannya?

A: Diperbolehkan jika kamu juga mengajukan dan mengirimkan cicilan sesuai dengan prosedur yang telah diinformasikan melalui Ketua HMPS, dosen wali, atau admin prodi masing-masing.

Beasiswa CIMBNIAGA 2020

Program Beasiswa CIMB Niaga mendukung mimpi para generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Khususnya di kondisi Pandemi Covid-19 yang membawa banyak dampak perubahan bagi kehidupan bermasyarakat, tanpa terkecuali di sektor ekonomi dan pendidikan. Kedua hal ini harus menjadi kebutuhan yang diperjuangkan, karena kondisi perekonomian yang sulit seharusnya tidak memadamkan semangat dan mimpi para generasi muda untuk melanjutkan studinya.

Apa saja syarat & ketentuan untuk mengikuti Program Beasiswa CIMB Niaga 2020?

  1. Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 diselenggarakan oleh PT Bank CIMB Niaga
  2. Periode pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dibuka mulai 27 Juli – 20 Agustus 2020)
  3. Program ini terbuka untuk mahasiswa Indonesia aktif yang sedang menjalani studi di semester 5, tanpa eksklusifitas
  4. Peserta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 (semester 1-4).
  5. Peserta memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  6. Peserta mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  7. Peserta tidak sedang menerima beasiswa lain baik dari Pemerintah, perusahaan swasta, perusahaan milik Pemerintah, BUMN, maupun instansi lain yang dinyatakan dalam surat pernyataan resmi yang ditandatangani oleh mahasiswa dan pihak
  8. Pendaftaran program ini hanya dilakukan secara online melalui kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020.
  9. Peserta wajib mengisi seluruh informasi pendaftaran dengan benar dan valid.
  10. Peserta wajib melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dengan benar dan valid.
  11. Peserta wajib mengikuti seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 yang terdiri dari pendaftaran, tes aptitude, learning group discussion, wawancara hingga
  12. Beasiswa yang akan diberikan oleh mahasiswa penerima beasiswa mencakup:
    1. Biaya kuliah dan/atau operasional pendidikan selama 4 semester
    2. Biaya pengembangan diri atau fasilitas penunjang pendidikan minimal 1x dalam 1 tahun
    3. Biaya penyusunan skripsi atau penelitian
  13. Beasiswa ini tidak dapat berpindahtangan oleh pihak penerima beasiswa.
  14. Informasi penerima beasiswa hanya diumumkan pada website resmi kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020 serta pada akun resmi media sosial CIMB Niaga dan Kejar Mimpi.
  15. Dengan menerima Syarat dan Ketentuan serta berpartisipasi dalam program ini, peserta menyatakan informasi beserta dokumen yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. Peserta menanggung semua risiko rusak, hilang, terlambat, tidak lengkap, tidak sah, benar atau salah dalam melakukan seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020.
  16. CIMB Niaga berhak untuk mendiskualifikasi peserta yang dianggap melanggar aturan program atau ketentuan hukum negara Republik Indonesia.
  17. Keputusan CIMB Niaga dengan semua hal yang berkaitan dengan kompetisi ini, termasuk beasiswa yang diberikan dan penentuan pemenang bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu
  18. Info lebih lanjut silahkan hubungi Phone Banking CIMB Niaga 14041 atau email ke: relations@cimbniaga.co.id.

Proses Seleksi Beasiswa CIMB NIAGA 2020

Ada enam tahap proses seleksi :

  1. Tahap Registrasi Online (27 Juli – 20 Agustus 2020)
    Peserta wajib mendaftar serta mengirimkan data dan dokumen melalui website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  2. Tahap Pre Screening Dokumen (26 Agustus – 31 Agustus 2020)
    Peserta yang lolos screening dokumen akan maju ke tahap tes aptitude, learning group discussion dan wawancara
  3. Tahap Tes Aptitude (9 September – 15 September 2020
  4. Learning Group Discussion dan Wawancara (24 September – 9 Oktober 2020
  5. Pengumuman Penerima Beasiswa (15 Oktober 2020)
    Pengumuman penerima Beasiswa CIMB Niaga akan dipublikasikan pada website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  6. Penganugerahan Penerima Beasiswa (28 Oktober 2020)
    Acara penganugerahan akan disesuaikan dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi diindonesia

Informasi selengkapnya dapat diunduh disini

Beasiswa CIMBNIAGA 2020

Program Beasiswa CIMB Niaga mendukung mimpi para generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Khususnya di kondisi Pandemi Covid-19 yang membawa banyak dampak perubahan bagi kehidupan bermasyarakat, tanpa terkecuali di sektor ekonomi dan pendidikan. Kedua hal ini harus menjadi kebutuhan yang diperjuangkan, karena kondisi perekonomian yang sulit seharusnya tidak memadamkan semangat dan mimpi para generasi muda untuk melanjutkan studinya.

Apa saja syarat & ketentuan untuk mengikuti Program Beasiswa CIMB Niaga 2020?

  1. Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 diselenggarakan oleh PT Bank CIMB Niaga
  2. Periode pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dibuka mulai 27 Juli – 20 Agustus 2020)
  3. Program ini terbuka untuk mahasiswa Indonesia aktif yang sedang menjalani studi di semester 5, tanpa eksklusifitas
  4. Peserta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 (semester 1-4).
  5. Peserta memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  6. Peserta mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan yang dibuktikan dan/atau didukung dengan dokumen sertifikat
  7. Peserta tidak sedang menerima beasiswa lain baik dari Pemerintah, perusahaan swasta, perusahaan milik Pemerintah, BUMN, maupun instansi lain yang dinyatakan dalam surat pernyataan resmi yang ditandatangani oleh mahasiswa dan pihak
  8. Pendaftaran program ini hanya dilakukan secara online melalui kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020.
  9. Peserta wajib mengisi seluruh informasi pendaftaran dengan benar dan valid.
  10. Peserta wajib melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 dengan benar dan valid.
  11. Peserta wajib mengikuti seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 yang terdiri dari pendaftaran, tes aptitude, learning group discussion, wawancara hingga
  12. Beasiswa yang akan diberikan oleh mahasiswa penerima beasiswa mencakup:
    1. Biaya kuliah dan/atau operasional pendidikan selama 4 semester
    2. Biaya pengembangan diri atau fasilitas penunjang pendidikan minimal 1x dalam 1 tahun
    3. Biaya penyusunan skripsi atau penelitian
  13. Beasiswa ini tidak dapat berpindahtangan oleh pihak penerima beasiswa.
  14. Informasi penerima beasiswa hanya diumumkan pada website resmi kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020 serta pada akun resmi media sosial CIMB Niaga dan Kejar Mimpi.
  15. Dengan menerima Syarat dan Ketentuan serta berpartisipasi dalam program ini, peserta menyatakan informasi beserta dokumen yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. Peserta menanggung semua risiko rusak, hilang, terlambat, tidak lengkap, tidak sah, benar atau salah dalam melakukan seluruh proses seleksi Program Beasiswa CIMB Niaga 2020.
  16. CIMB Niaga berhak untuk mendiskualifikasi peserta yang dianggap melanggar aturan program atau ketentuan hukum negara Republik Indonesia.
  17. Keputusan CIMB Niaga dengan semua hal yang berkaitan dengan kompetisi ini, termasuk beasiswa yang diberikan dan penentuan pemenang bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu
  18. Info lebih lanjut silahkan hubungi Phone Banking CIMB Niaga 14041 atau email ke: relations@cimbniaga.co.id.

Proses Seleksi Beasiswa CIMB NIAGA 2020

Ada enam tahap proses seleksi :

  1. Tahap Registrasi Online (27 Juli – 20 Agustus 2020)
    Peserta wajib mendaftar serta mengirimkan data dan dokumen melalui website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  2. Tahap Pre Screening Dokumen (26 Agustus – 31 Agustus 2020)
    Peserta yang lolos screening dokumen akan maju ke tahap tes aptitude, learning group discussion dan wawancara
  3. Tahap Tes Aptitude (9 September – 15 September 2020
  4. Learning Group Discussion dan Wawancara (24 September – 9 Oktober 2020
  5. Pengumuman Penerima Beasiswa (15 Oktober 2020)
    Pengumuman penerima Beasiswa CIMB Niaga akan dipublikasikan pada website www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020
  6. Penganugerahan Penerima Beasiswa (28 Oktober 2020)
    Acara penganugerahan akan disesuaikan dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi diindonesia

Informasi selengkapnya dapat diunduh disini

Contact Appointment