Berita Kampus
TEKNIK MESIN UPER RANCANG MESIN STIRLING SEDERHANA BERSAMA SISWA SMA

Published by: Universitas Pertamina 29 July 2023
Di baca: 77 kali
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu bentuk dari luaran Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program Studi Teknik Mesin UPER pada 26 Juli 2023 telah melaksanakan PkM yang mengusung tema “Pengembangan Alat Peraga Mesin Stirling Sederhana Berbasis Hukum Termodinamika,” dilaksanakan di SMA Islam Terpadu Tunas Harapan Ilahi, Tangerang. 

PkM ini bertujuan untuk, pertama mengenalkan mesin stirling  kepada siswa-siswi SMA IT Tunas Harapan Ilahi sebagai mesin penghasil energi alternatif dengan efisiensi tinggi dengan menerapkan hukum termodinamika. Kedua, mengenalkan prinsip, langkah, dan metode kerja dari alat peraga mesin stirling sederhana.

Kegiatan tersebut melibatkan Dr. Eng. Sri Hastuty, S.T., M.T., M.Eng., sebagai Ketua Program Studi Teknik Mesin, para dosen dan mahasiswa/i Program Studi Teknik Mesin, guru dan siswa SMA IT Tunas Harapan Ilahi.

Pada pelaksanaan PkM tersebut dosen Program Studi Teknik Mesin memaparkan materi terkait alat, prinsip kerja, manfaat, dan pengolahan data, bagian-bagian alat, dan lain sebagainya. Setelah itu, Siswa SMA Islam Terpadu Tunas Harapan Ilahi melakukan eksekusi langsung pada Alat Peraga Mesin Stirling Sederhana Berbasis Hukum Termodinamika yang dibimbing langsung oleh Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin. Interaksi yang terjadi antar siswa dan mahasiswa sangat aktif yang ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan siswa terkait perakitan alat tersebut.

"Selama menjalani kegiatan PkM di SMA IT Tunas Harapan Ilahi, saya dan tim dosen dan mahasiswa sangat senang bisa berinteraksi kepada guru dan siswa-siswi SMA di sana.  Kami melihat, siswa SMA tersebut sangat antusias dalam kegiatan yang kami berikan. Hal ini terlihat dalam antusiasme mereka dalam melakukan percobaan terkait fisika panas termodinamika. Melalui PkM ini harapan saya kedepannya, siswa akan lebih semangat dalam mempelajari ilmu science khususnya dalam Fisika panas, dikarenakan konsep belajar yang diikuti dengan alat model peraga stirling engine, sehingga mereka dapat membayangkan dan mampu melihat kebermanfaatan dalam mempelajari ilmu tersebut untuk keberlanjutan lingkungan," ungkap Dr. Fayza Yulia, S.T., M.T., Dosen Program Studi Teknik Mesin. [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved