Berita Kampus
Mahasiswa Mata Kuliah Desain Sistem Terintegrasi, Mikrokontroler, dan Konversi Energi Listrik Gelar Pameran IDEEE dalam Ujian Akhir Semester

Published by: Universitas Pertamina 01 February 2024
Di baca: 73 kali
Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pasar potensial ketika seluruh perangkat sudah dapat terintegrasi dengan Internet of Things (IoT). IoT sendiri merupakan kemampuan suatu objek untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa melibatkan manusia. Oleh karena itu, diperlukan adanya peningkatan kemampuan dalam mewujudkan sistem IoT di Indonesia. 

Menyadari pentingnya membangun pemahaman akan Teknologi Internet of Things (IoT), Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina menyelenggarakan Pameran Innovation and Design Exhibition of Electrical Engineering (IDEEE) yang terdiri dari kegiatan seminar dan pameran prototype. Pameran prototype dilaksanakan pada selasar Universitas Pertamina dengan tema “From Ideas to Innovations: Technological Advancements for Better Future”. Pada pameran tersebut, prototype yang dibawa bukan hanya berupa inovasi IoT, melainkan inovasi teknologi dan inovasi pembangkit listrik. 

Jumlah partisipan dalam Pameran IDEEE sebanyak 34 kelompok yang mencangkup 18 kelompok dari Mata Kuliah Desain Sistem Terintegrasi (DST), 11 kelompok dari Mata Kuliah Mikrokontroler, dan 5 kelompok dari Mata Kuliah Konversi Energi Listrik. Pameran IDEEE merupakan bentuk Ujian Akhir Semester (UAS) untuk memenuhi evaluasi pada ketiga mata kuliah tersebut. Melalui pameran ini, Mahasiswa Teknik Elektro diharapkan dapat mengimplementasikan project hasil pembelajaran di kelas yang disasar untuk masyarakat luas, khususnya Mahasiswa Universitas Pertamina. 

“Tentunya saya berharap setiap project yang diperkenalkan melalui Pameran IDEEE dapat memiliki nilai guna tinggi dan diimplementasikan di kehidupan masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat diteruskan lebih baik di tahun selanjutnya,” tutur Hamdy, Ketua Pelaksana Pameran IDEEE. 

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved