Berita Kampus
INILAH SANG JUARA, SABET BANYAK PRESTASI

Published by: Universitas Pertamina 20 February 2024
Di baca: 92 kali
Universitas Pertamina  (UPER) memiliki beraneka ragam beasiswa. Setiap beasiswanya memiliki syarat dan manfaat yang berbeda. Salah satu beasiswa yang memiliki keunggulan, yaitu Beasiswa Generasi Juara. Beasiswa ini diperuntukan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang baik di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. 

Yakub Maulana Arifin, Mahasiswa Program Studi Komunikasi angkatan 2023 merupakan salah satu penerima beasiswa Generasi Juara tahun ajaran akademik 2023/2024. Sebagai wujud tanggung jawab Arif sebagai penerima beasiswa, dirinya berkomitmen untuk terus mengukir prestasi. 

Hal tersebut ia buktikan dengan daftar deretan prestasi yang telah ia raih, seperti peringkat 7 nasional Olimpiade Sains Merdeka (OSM) bidang Matematika, peringkat 1 nasional Olimpiade Sains Pemuda Indonesia (OSPI) bidang Matematika, peringkat 6 nasional Olimpiade Sains Pahlawan Presmanesia Nasional (OSPANESIA) bidang Matematika, peringkat 3 nasional festival Sains Nasional (FSN) bidang Matematika, peringkat 10 tingkat nasional bidang Matematika Kompetisi Saintech Siswa Indonesia (KSSI), peringkat 6 tingkat nasional bidang Matematika pada ⁠Olimpiade Nasional Sains dan Kedokteran (ONSK), peringkat 3 tingkat nasional bidang Biologi pada Indonesian Science Olympiad (ISO), dan masih banyak lagi.

“Saya merasa bangga atas pencapaian yang luar biasa setelah menghadapi tantangan dan persaingan yang sengit. Pesan saya, pentingnya ketekunan, kerja keras, dan komitmen untuk mencapai tujuan. Selain itu, pengalaman ini juga mengajarkan pentingnya rasa syukur atas pencapaian yang telah diraih. Yang terpenting jangan pernah berhenti untuk terus berkembang dan memperbaiki diri, karena perjalanan pencapaian tidak berhenti di satu titik, tetapi merupakan bagian dari sebuah proses yang berkelanjutan,” ucap Yakub Maulana Arifin.

Dalam hal ini, Arifin membagikan kiat-kiat sukses meraih juara pada ajang kompetisi, seperti berikut;
1. Gemar membaca dan mencari informasi perlombaan
Membaca merupakan salah satu hal yang penting untuk bisa mendapatkan berbagai macam informasi. “Biasanya saya mencari informasi lomba dari akun-akun media sosial perlombaan. Ketika sudah mendapatkan informasi, saya membaca dan memahami terlebih dahulu informasi yang saya dapatkan. Sehingga dalam hal ini, kita harus memiliki kemampuan literasi media digital yang baik agar tidak terpapar dengan informasi hoax”, ujar Arif.

2. Pahami struktur dan format lomba
Penting bagi setiap peserta lomba untuk mengerti apa maksud dari persyaratan perlombaan yang telah ditentukan, karena setiap formatnya memiliki bobot penilaian tersendiri.

3. Pandai mengatur waktu
Kemampuan mengatur waktu sangat penting untuk mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Arifin mengatakan, “Manajemen waktu yang saya lakukan, yaitu dengan membuat skala prioritas sehingga mempermudah saya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan,” tutup Arif. [NA].

Thumbnail Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved