Wujudkan SDM Unggul Indonesia Maju, APERTI BUMN Jalin Sinergi dengan Kementerian BUMN dan Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri

Jakarta–Perguruan tinggi di bawah Badan Usaha Milik Negara membentuk Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) pada tahun 2017. Tujuan pendirian APERTI BUMN adalah untuk meningkatkan sinergi berbentuk sharing resources antara anggota aliansi dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi, yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Aliansi perguruan tinggi tersebut terdiri dari Universitas Pertamina (di bawah PT Pertamina (Persero)), Telkom University, ITT Surabaya (di bawah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk) , STIMLOG, Poltekpos (di bawah PT Pos Indonesia), Univesitas Internasional Semen Indonesia (di bawah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk), dan STT-PLN (di bawah PT PLN (Persero)).

APERTI BUMN kemudian mengembangkan sinerginya bersama Kementerian BUMN dan Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri dalam bentuk kesepakatan kerjasama. Agenda tersebut berlangsung pada tanggal 17 Oktober 2019 di Kantor Pusat PT Jasa Raharja, Jakarta. Cakupan kerjasama meliputi Corporate Social Responsibility (CSR), magang, penerimaan mahasiswa baru, dan  pelatihan karyawan. Agenda ini sendiri dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Rini Soemarno.

Rini Soemarno Menteri BUMN dalam sambutannya mengatakan, “Kemajuan sebuah bangsa tidak lepas dari SDM-nya. Untuk menciptakan kualitas SDM yang baik, salah satu pilarnya dengan keberadaan pendidikan. BUMN hadir dengan BUMN Universities, gabungan dari beberapa BUMN, tujuannya untuk menciptakan SDM yang unggul”, ujar Rini.

Senada dengan hal tersebut, Koeshartanto Direktur SDM PT Pertamina (Persero) menyampaikan antusiasmenya dalam sinergi ini. “Hari ini disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno penandatanganan kerja sama dapat dilakukan. Kita sudah bisa pada tahapan lebih maju lagi atas niatan BUMN hadir untuk negeri. Lebih khusus lagi kehadiran yang berujung pada upaya peningkatan kualitas SDM”.

Kerjasama ini selaras dengan visi  yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, bahwa fokus pembangunan Indonesia di masa depan adalah pembangunan di bidang SDM, agar Indonesia mempunyai SDM unggul untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Sudah 2 tahun APERTI berjalan, yaitu sejak 2017. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” ujar ketua APERTI BUMN dan juga Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka Ph.D.

Contact Appointment